Mirip Seperti di Kulit, Kenali Gejala Psoriasis Lidah Di Sini

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Psoriasis dapat memengaruhi area kulit manapun, termasuk mulut dan lidah. Kondisi ini dapat menimbulkan bercak-bercak putih di lidah. Psoriasis lidah juga dapat dikaitkan dengan kondisi peradangan yang memengaruhi sisi dan bagian atas lidah, yang disebut dengan lidah geografis. Selain itu, psoriasis lidah juga dapat menyebabkan adanya bercak merah dengan tepi kuning atau putih. Lantas, seperti apa gejala psoriasis lidah?

Apa saja gejala psoriasis lidah?

Sebenarnya, psoriasis adalah penyakit autoimun yang terjadi ketika sistem imun merusak sel-sel normal tubuh. Biasanya, terjadi pada kulit tapi kali ini juga bisa muncul di bagian lidah.

Psoriasis lidah bisa menyebabkan perubahan pada warna, tekstur, dan kemampuan pengecapan organ ini. Jadi, dalam kasus ini sel-sel kulit lidah tumbuh berlebihan dan tidak teratur, hingga menimbulkan bercak halus.

Sulit untuk mengetahui apakah Anda memiliki psoriasis lidah atau tidak. karena kerap kali gejala yang timbul cukup ringan bahkan tidak terdeteksi. Dalam beberapa kasus, psoriasis lidah akan hilang dan timbul dengan sendirinya.

Berikut adalah gejala psoriasis lidah yang paling umum:

  • adanya bercak merah dengan tepi kuning atau putih
  • bercak halus di lidah maupun bagian dalam pipi
  • adanya lepuhan dengan nanah (pustula)
  • bengkak dan kemerahan di lidah
  • adanya celah atau retakan di permukaan lidah
  • rasa sakit atau sensasi terbakar, terutama saat makan pedas
  • Perubahan dalam hal rasa

Bagi sebagian orang, gejala psoriasis di lidah dapat menyebabkan rasa sakit atau bengkak yang sangat parah sehingga kesulitan untuk makan dan minum.

Psoriasis di lidah dapat juga dikaitkan dengan kondisi lain seperti:

  • ada celah pada lidah, atau bercak di lidah yang beralur
  • lidah geografis, bercak merah di lidah yang terlihat seperti pulau-pulau pada peta
  • gusi bengkak atau terinfeksi

Diperkirakan 10 persen orang dengan psoriasis mengalami lidah geografis. Namun, tidak semua orang dengan lidah geografis mengalami psoriasis, tapi kedua kondisi ini kemungkinan terkait.

Selain itu, orang dengan psoriasis lidah cenderung memiliki gejala pada kulit juga, seperti adanya bercak yang tebal pada kulit dan bersisik. Gejala-gejala di mulut Anda mungkin akan menjadi lebih baik atau lebih buruk bersama dengan gejala-gejala di kulit Anda.

Apakah perawatan untuk psoriasis lidah?

Penyakit ini tidak dapat disembuhkan secara total, karena termasuk penyakit autoimun yang akan hilang dan timbul dengan sendirinya. Namun, pengobatan tetap dilakukan untuk mengurangi gejala psoriasis jenis ini.

Dokter mungkin meresepkan antiradang atau anestesi topikal untuk orang dengan psoriasis di lidah. Obat-obatan ini dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit, membuat Anda lebih mudah untuk makan dan minum.

Psoriasis di lidah bisa membaik dengan mengobati psoriasis Anda secara umum. Obat sistemik adalah obat yang bekerja di seluruh tubuh Anda. Obat-obatan ini termasuk:

  • acitretin (Soriatane)
  • cyclosporine (Neoral, Restasis, Sandimmune, Gengraf)
  • methotrexate (Trexall)

Obat-obatan ini sangat berguna ketika obat topikal tidak membantu.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca