Berbagai Ciri-Ciri Asam Urat yang Harus Anda Tahu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23/01/2020 . 11 menit baca
Bagikan sekarang

Asam urat adalah bentuk dari penyakit osteoarthritis yang menyebabkan sendi tiba-tiba berwarna kemerahan, membengkak, dan terasa sakit. Penyakit ini dapat menyerang seluruh persendian. Akan tetapi sendi lutut, pergelangan kaki, telapak kaki, dan juga jempol adalah yang paling sering terkena serangan asam urat. Asam urat cukup banyak diderita masyarakat Indonesia. Apa saja gejala dan ciri-ciri asam urat?

Gejala umum dari kadar asam urat tinggi

Asam urat sering dianggap sebagai penyakitnya orang tua alias yang sudah berumur lanjut. Namun, penyakit ini dapat memengaruhi semua orang tanpa memandang usia. Pria dan wanita juga sama-sama berisiko mengalami penyakit ini, meski memang cenderung lebih banyak terjadi pada pria.

Asam urat sebenarnya merupakan senyawa alami yang diproduksi tubuh dalam kadar sewajarnya. Tubuh Anda juga menghasilkan asam urat ketika memecah zat purin dari makanan yang Anda makan. Selama kadar asam urat dalam tubuh normal, Anda tidak akan mengalami penyakit ini. Penyakit baru akan ketika kadar asam urat melonjak naik.

Ketika kadar asam urat tinggi dalam darah, kelebihannya dapat menumpuk dan mengkristal di area persendian. Hal inilah yang membuat persendian terasa nyeri dan sakit, dan kadang juga memerah dan bengkak.

Pada awalnya, penyakit ini mungkin tidak menunjukkan gejala yang begitu berarti. Gejala biasanya baru mulai muncul ketika penderita mengalami serangan asam urat akut atau sudah mengalami kondisi yang kronis.

Ciri-ciri asam urat yang paling umum adalah:

1. Nyeri sendi parah

Nyeri sendi adalah salah satu gejala yang umum muncul ketika kadar asam urat dalam darah tinggi.

Gejala ini terjadi akibat ginjal tidak mampu mengolah asam urat yang sudah terlalu banyak. Asam urat yang tidak terolah kemudian dapat menumpuk di persendian dan mengeras hingga menjadi kristal. Pengkristalan inilah yang menyebabkan sendi mengalami peradangan dan nyeri hebat. 

Bagian sendi yang paling sering mengalami nyeri akibat asam urat adalah jempol kaki, lutut, pergelangan kaki, siku, dan ibu jari.

Nyeri sendi dapat terjadi tiba-tiba. Nyeri sendi sebagai ciri-ciri asam urat lebih sering terjadi pada malam hari saat tidur.

2. Sendi bengkak dan lunak

Ciri-ciri nyeri sendi akibat asam urat juga bisa dilihat dari penampilan persendian yang bermasalah. Sendi yang bermasalah karena gejala asam urat tinggi akan terlihat bengkak dan terasa lunak ketika ditekan.

Pembengkakan lunak ini terjadi karena dua alasan. Pertama karena jaringan pelapis sendi yang bernama sinovium membengkak, dan yang kedua adalah karena cairan sinovial (pelumas sendi) jumlahnya meningkat.

Kedua kondisi ini menandakan sedang terjadi proses peradangan aktif di mana sel-sel darah putih masuk banyak ke dalam sendi. 

3. Kulit di persendian yang sakit berwarna kemerahan

Jika persendian yang bermasalah tidak hanya bengkak dan nyeri tapi kulitnya juga berwarna merah terang, ini bisa jadi ciri-ciri asam urat.

Pada jumlah normal, asam urat akan dibuang lewat air kencing. Namun saat tubuh terlalu banyak menghasilkan asam urat, ginjal akan kesulitan memprosesnya. Kelebihannya dapat menumpuk, kemudian membentuk kristal di persendian. Ini menyebabkan peradangan.

Saat ada peradangan di sendi, aliran darah akan meningkat berjalan menuju ke bagian sendi yang terkena, ini disebut vasodilatasi. Pada akhirnya kulit di bagian sendi tersebut akan berwarna kemerahan. 

4. Rasa panas di sekitar sendi

Gejala asam urat juga dapat menyebabkan persendian yang bengkak dan memerah terasa panas. Sensasi panas yang muncul di persendian ini adalah efek dari proses peradangan. 

Proses peradangan alias inflamasi akan memicu sistem imun tubuh untuk melepaskan protein kecil (peptida) ke jaringan lunak di sekitar sendi. Zat penyebab peradangan juga menyebabkan cairan di sekitar sendi berkumpul.

Hal tersebut membuat aliran darah jadi meningkat sehingga sendi membengkak dan terasa hangat.

Ciri-ciri asam urat yang kurang umum

Asam urat memiliki banyak ciri-ciri umum. Akan tetapi, gejala biasanya akan muncul berdasarkan keparahan dan komplikasi yang terjadi.

Berikut adalah beberapa gejala yang kurang umum namun bisa menyerang Anda kapan saja akibat kadar asam urat tinggi:

1. Gejala mirip flu

Peradangan yang dialami saat asam urat biasanya bisa menjadi cukup parah apabila tidak diobati. Uniknya, gejala peradangan akibat asam urat tinggi bisa timbul mirip seperti flu. Selain nyeri sendi, kadang serangan asam urat juga bisa dibarengi dengan demam tinggi, nyeri otot, dan kelelahan.

Gejala mirip flu ini disebabkan karena sistem imun tubuh melepaskan sel darah putih dan antibodi khusus untuk melawan peradangan tersebut. Respon ini sebetulnya tidak harus ada pada penderita asam urat karena penyakit ini bukan disebabkan virus atau bakteri. Namun kadang, sistem kekebalan tubuh memang memicu respons peradangan ketika tidak ada yang bisa dilawan.

Setelah itu, kekebalan tubuh Anda merusak jaringannya sendiri karena seolah-olah ada zat asing yang perlu dilawan. Hasilnya, akan mirip seperti gejala demam atau flu yang disebabkan karena peradangan virus dan bakteri. 

2. Mengalami batu ginjal

Gejala asam urat tinggi yang sudah parah antara lain adalah pembentukan batu ginjal. Ini karena asam urat yang tinggi akan menumpuk di dalam darah dan membentuk kristal di dalam ginjal. Kristal bisa menjadi batu besar dan terasa sangat menyakitkan. Batu ginjal yang terbentuk sebagai gejala asam urat dapat menyebabkan kerusakan atau gagal ginjal.

3. Tophi

Ciri-ciri asam urat yang parah lainnya adalah pengendapan kristal asam urat di bawah kulit.

Pengendapan ini akan terlihat seperti benjolan (nodul) berwarna putih atau kuning kecil di bawah kulit persendian, termasuk jari kaki, lutut, dan siku. Akan tetapi, nodul juga dapat muncul di mana saja di tubuh Anda, termasuk kanal tulang belakang. Benjolan ciri-ciri asam urat ini disebut tophi.

Tophi yang menandakan gejala asam urat biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun dalam beberapa kasus, benjolan bisa meradang dan mengeluarkan cairan. Nodul tophi yang bentuknya besar dan menyakitkan mungkin perlu diangkat lewat prosedut pembedahan.

4. Nyeri sendi sacroiliac di bagian panggul

Ciri-ciri nyeri asam urat umumnya terasa di bagian kaki ata spesifiknya di jempol kaki. 

Namun, ada juga gejala asam urat yang muncul di persendian lain bernama sacroiliac. Sendi ini terletak di kedua sisi panggul antara sakrum dan ilium.

Gejala asam urat tinggi yang menyerang persendian sacroiliac dapat menyebabkan sakit pinggang (punggung bawah) atau sakit pinggul.

5. Nyeri pergelangan tangan

Nyeri sendi pergelangan tangan juga dapat menjadi ciri-ciri asam urat. Kondisi ini disebut sebagai gout polyarticulari, yang artinya penyakit Anda sudah memengaruhi lebih dari satu sendi. 

Diagnosis gout polyarticular akibat penyakit asam urat biasanya sulit dipastikan. maka dokter butuh pemeriksaan laboratorium dengan mengambil sampel sendi Anda terlebih dahulu. 

Gejala asam urat berdasarkan tahapannya

Gejala atau ciri-ciri asam urat biasanya muncul tiba-tiba, tidak dapat diprediksi, dan sering terjadi di tengah malam. Sebagian besar gejala atau ciri-ciri asam urat hanya terjadi dalam beberapa jam selama 1-2 hari.

Namun pada kasus yang parah, nyeri pada sendi bisa saja terjadi dalam waktu berminggu-minggu. Jika Anda mengalami gejala ini, maka penyakit yang Anda miliki cukup parah. Ada pula yang merasakan ciri-ciri-ciri asam urat hingga 6-12 bulan dalam intensitas yang berbeda tiap harinya. 

Ada tiga tahapan asam urat berdasarkan tingkat keparahannya, yaitu:

1. Tahap pertama

Ciri-ciri asam urat sudah bisa mulai terlihat dari kadar asam urat yang sudah tinggi di dalam darah.

Akan tetapi belum ada gejala asam urat yang muncul. Bisa saja Anda tidak akan pernah merasakan gejala asam urat.

Biasanya, orang yang memiliki penyakit ini baru akan merasakan gejala asam urat pertama kali setelah ia terserang penyakit batu ginjal.

2. Tahap kedua

Memasuki tahap kedua, kadar asam urat yang terlalu tinggi telah membentuk kristal-kristal pada jari kaki.

Ciri-ciri asam urat yang bisa Anda rasakan pada tahap ini adalah nyeri, bengkak, dan sakit kemerahan pada sendi, tetapi tidak akan berlangsung lama. 

Selang beberapa waktu kemudian, Anda baru akan mengalami gejala asam urat tinggi lainnya dengan intensitas dan frekuensi yang semakin sering.

3. Tahap ketiga

Di tahap ketiga, gejala asam urat tak kunjung hilang dan kristal-kristal asam urat yang terbentuk tidak hanya menumpuk di satu sendi saja. Pada tahap ini akan muncul gumpalan-gumpalan yang sudah mengkristal di bawah kulit. Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri yang lebih parah dan dapat merusak tulang-tulang rawan.

Sebagian besar orang yang menderita penyakit ini hanya mengalami tahap satu atau dua saja. Cukup jarang orang yang menderita asam urat ditemukan telah mencapai tahapan ketiga. Pasalnya, sebagian besar penderita gejala asam urat sudah dapat ditangani dengan baik pada tahap kedua.

Kapan harus ke dokter?

Apabila Anda mengalami gejala asam urat yang masih umum, segera ke dokter. Dokter akan mencoba mendiagnosis kondisi Anda dengan melakukan tes asam urat darah dan urine. Ini berguna untuk mengetahui apakah nyeri sendi yang Anda alami disebabkan asam urat atau bukan. 

Segera hubungi dokter jika Anda mengalami asam urat namun dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Ini adalah serangan sakit sendi karena asam urat pertama Anda. Anda mengalami sendi yang kaku dan nyeri parah. Segera periksa ke dokter untuk diagnosis awal.
  • Anda mengalami demam tinggi dan merasa kedinginan. Gejala serangan asam urat ini bisa menjadi tanda adanya peradangan yang menyerang persendian. 
  • Anda harus ke dokter apabila gejala Anda tidak membaik setelah 2 hari paling cepat atau 1 minggu paling lama setelah minum obat pereda nyeri. Karena sebagian besar ciri-ciri serangan asam urat akan hilang dengan sendirinya dalam tujuh hingga 10 hari bahkan tanpa minum obat

Jika dokter mendiagnosis bahwa gejala asam urat Anda parah, Anda akan diberikan obat untuk meredakan rasa sakit sekaligus untuk mencegah asam urat kambuh kembali. Minum obat sesuai petunjuk dan dosis resep yang diberikan dokter.  Dalam kebanyakan kasus, ciri-ciri asam urat tinggi akan kambuh lagi setelah gejala pertama muncul. 

Dokter Anda mungkin meresepkan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti celecoxib, indometasin, meloxicam, atau sulindac. Dokter juga bisa meresepkan Anda mengonsumsi NSAID yang dijual bebas, seperti naproxen atau ibuprofenKemungkinan dokter Anda akan meresepkan atau obat-obatan lain untuk mengurangi peradangan, seperti colchicine

Anda juga akan disarankan minum banyak air mineral agar jangan sampai dehidrasi. Ketika tubuh Anda dehidrasi, kadar asam urat Anda dapat meningkat lebih tinggi lagi. Sebaiknya tetap jaga asupan cairan tubuh untuk membantu menjaga kadar asam urat tetap normal.

Selain itu, perhatikan asupan makanan dan minuman Anda sehari-hari. Makanan yang tinggi purin, seperti makanan laut, daging, jeroan, dan makanan berlemak, berisiko tinggi meningkatkan asam urat dalam darah Anda. Selain mengonsumsi minuman beralkohol dan juga minuman dengan pemanis buatan dapat membuat gejala asam urat tinggi Anda kambuh.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 4 menit baca

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

4 Penyebab Kanker Kembali Lagi Setelah Sembuh

Setelah melakukan pengobatan yang cukup panjang dan kanker dinyatakan sembuh, rasanya sangat melegakan. Namun, bagaimana kalau kanker kembali muncul?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Hidup Sehat, Tips Sehat 21/06/2020 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
mengatasi mimpi buruk

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 5 menit baca
mitos fakta cacingan

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 5 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca