Mengenal Fordyce Spot, Bintik Kecil yang Sering Muncul di Mulut dan Area Genital

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Menurut laporan sebuah penelitian terbitan jurnal Clinical Case Reports and Reviews, sebanyak 70-80 persen orang dewasa memiliki bintik-bintik kecil mirip kutil di kelamin mereka. Mungkin Anda juga pernah menemukannya saat bercukur atau mandi yang sebelumnya tidak pernah ada. Kebanyakan kasus kutil kelamin terkait dengan gejala penyakit menular seksual. Namun, Anda belum pernah berhubungan seks. Apa artinya ini, dan bahayakah?

Kutil di kelamin padahal belum pernah berhubungan seks, mungkin Fordyce spot

Jika Anda belum pernah berhubungan seks, satu-dua benjolan putih kekuningan yang tampak di permukaan kulit alat kelamin mungkin menandakan Fordyce spots. Kondisi kulit ini normal, tidak menyakitkan, dan tidak berbahaya — sering ditemukan pada mayoritas orang dewasa. Kondisi ini juga tidak terkait dengan penyakit, infeksi, atau kondisi medis tertentu.

Sampai saat ini tidak diketahui apa penyebab munculnya bintil Fordyce. Namun, beberapa penelitian menduga bahwa perkembangan bintik ini terkait dengan perubahan hormon tubuh.

Bahkan sebenarnya bintik Fordyce ini sudah muncul di kulit kelamin sejak Anda lahir. Hanya saja, baru akan terlihat jelas saat masuk masa pubertas, ketika perubahan hormon mulai memperbesar ukuran kutil di kelamin tersebut.

Bintil Fordyce cenderung berdiameter kecil, sekitar 1 sampai 3 milimeter, yang tersebar di beberapa titik. Namun kadang bintil Fordyce juga bisa berkerumun di satu titik saja.

Fordyce spot lebih sering ditemukan pada pria

Menurut laporan penelitian dalam jurnal Clinical Case Reports and Reviews, pria dua kali lebih mungkin mengembangkan Fordyce spot dibanding wanita. Selain itu, kemunculan bintik-bintik ini juga lebih sering terjadi pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak.

Dalam beberapa kasus, bintik-bintik Fordyce bisa muncul di sekitar mulut sebagai tanda hiperlipidemia, yaitu peningkatan kadar lemak dalam darah yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. 

Fordyce spot sering salah dikira bisul tanda penyakit kelamin

Meski terbilang kondisi yang normal dan tidak berbahaya, namun ada beberapa masalah kulit yang dapat muncul serupa dengan Fordyce spot. Di antaranya:

  • Kista milia, benjolan-benjolan kecil putih yang muncul sebagai gerombolan pada kulit. Biasanya berkembang di area wajah.
  • Kista epidermoid. Sama dengan kista milium, namun benjolan muncul di bawah kulit Anda.
  • Sebaceous hyperplasia, suatu kondisi yang dapat menyebabkan benjolan kecil yang lunak.
  • Karsinoma sel basal, sejenis kanker kulit yang bisa muncul sebagai benjolan, ruam merah, atau pertumbuhan jaringan kulit lainnya.
  • Kutil kelamin gejala penyakit menular seksual lainnya. Fordyce spot yang muncul di area genital kelamin sering serupa bentuknya dengan gejala kutil kelamin tanda penyakit menular seksual.

Cara menangani kutil di kelamin tanda Fordyce spot

Meski tidak berbahaya, sayangnya ada beberapa orang justru merasa terganggu dengan kemunculan kutil di kelamin tanda Forydce. Terutama apabila muncul di bagian wajah, karena bisa mengganggu penampilan. Nah, jika hal tersebut masalahnya, Anda bisa berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa perawatan yang biasanya direkomendasikan dokter untuk menghilangkan atau mengurangi bintik-bintik Fordyce adalah:

  • Operasi mikro punch
  • Electrodisccation
  • Perawatan laser
  • Perawatan topikal

Yang pasti, jangan coba untuk memencetnya jika Anda tak mau berurusan dengan infeksi kulit yang bisa merepotkan dan meninggalkan bekas luka. Anda dapat membersihkan kulit yang bermasalah dengan air hangat dan sabun lembut, tapi jangan menggosoknya terlalu keras. Kulit di area genital dan wajah sangat sensitif, sehingga gosokan yang terlalu kencang dapat menyebabkan masalah seperti ruam atau iritasi.

Perlukah ke dokter jika mengembangkan kondisi ini?

Bintik Fordyce adalah normal. Bintik ini bukan disebabkan oleh penyakit apapun. Dalam banyak kasus, mereka bahkan tidak terlihat. Namun jika Anda merasa ada yang aneh dari kemunculan kutil di kelamin atau di sekitar wajah Anda, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk memastikan hal tersebut tidak berbahaya. Terlebih jika ada gejala lain yang menyertainya, seperti benjolannya memiliki kerak, terasa menyakitkan, gatal, dan/atau terasa panas saat disentuh.

Baca Juga:

Sumber