Benarkah Duduk Terlalu Lama Bisa Menyebabkan Ambeien?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Wasir atau ambeien sebenarnya bukan merupakan penyakit yang serius. Namun, kebanyakan orang malu untuk memeriksakan dirinya jika mempunyai wasir, sehingga lama-kelamaan wasir bisa semakin parah. Selain itu, wasir juga menimbulkan ketidaknyamanan, orang yang memiliki wasir biasanya tidak suka duduk terlalu lama. Bahkan, ada juga yang bilang bahwa duduk terlalu lama menyebabkan ambeien. Apa ini benar? 

Apa saja yang bisa jadi penyebab ambeien?

Ambeien adalah pembesaran atau pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar bagian luar anus atau rektum. Banyak hal yang dapat menyebabkan ambeien. Namun, pada umumnya wasir disebabkan karena kesulitan buang air besar.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan wasir adalah:

  • Sembelit atau diare kronis. Masalah buang air besar ini membuat Anda harus berusaha membuat lebih banyak gerakan usus selama buang air besar. Sehingga, pembuluh darah di sekitar anus dan rektum harus bekerja lebih keras.
  • Mengejan terlalu keras saat buang air besar. Hal ini menempatkan terlalu banyak tekanan pada rektum, sehingga pembuluh darah di sekitar rektum membesar dan bengkak.
  • Terlalu lama buang air besar. Hal ini membuat pembuluh darah di sekitar anus lebih banyak terisi darah, sehingga dapat menempatkan tekanan pada pembuluh darah vena.

Selain itu, ada juga faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda mengalami wasir, yaitu:

  • Kurang asupan serat, sehingga pencernaan Anda kurang lancar dan mengalami kesulitan saat buang air besar
  • Kegemukan
  • Penuaan, semakin tua usia Anda, jaringan ikat di sekitar rektum dan anus menjadi lemah
  • Kehamilan, janin yang ada dalam rahim dapat menempatkan tekanan pada perut, sehingga pembuluh darah di rektum dan anus bisa membesar

Apakah benar duduk terlalu lama menyebabkan ambeien?

Duduk terlalu lama menyebabkan ambeien, apa iya? Menghabiskan waktu dengan duduk terlalu lama di depan TV atau komputer dapat menandakan bahwa Anda mempunyai gaya hidup yang sedenter. Anda kurang gerak. Hal ini bisa menyebabkan Anda mengalami kenaikan berat badan dan akhirnya kegemukan. Nah, kegemukan ini merupakan salah satu faktor risiko dari wasir. Jika Anda sudah mempunyai wasir, kegemukan juga dapat membuat wasir Anda semakin parah.

Kebanyakan duduk dalam sehari atau mempunyai gaya hidup sedenter juga dapat menyebabkan Anda mengalami sembelit atau kesulitan buang air besar. Hal ini membuat Anda lebih lama menghabiskan waktu di toilet. Sembelit juga membuat Anda harus mengejan dengan keras saat buang air besar. Hal-hal tersebut dapat membuat Anda menempatkan lebih banyak tekanan pada pembuluh darah vena di sekitar anus. Sehingga, akhirnya Anda dapat mengalami wasir.

Jadi, duduk terlalu lama dapat menjadi salah satu faktor yang meningkatkan risiko wasir secara tidak langsung, terutama saat Anda duduk lama di toilet. Jika Anda memang sedang menderita ambeien, duduk terlalu lama juga dapat membuat ambeien Anda bertambah buruk.

Bagaimana cara mencegah wasir?

Jika Anda tidak ingin mengalami wasir, sebaiknya hindari duduk terlalu lama di satu tempat, lakukan banyak gerakan, dan olahraga setiap harinya. Jadikan hari Anda lebih aktif!

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mencegah wasir adalah:

  • Makan banyak serat dalam sehari
  • Minum banyak air
  • Jangan pernah menahan atau mengulur waktu saat ingin buang air besar
  • Jangan tegang atau menahan napas (mengejan) saat buang air besar

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca