8 Cara Mengencangkan Payudara KendurIni adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh

Payudara sering kali dianggap sebagai salah satu aset perempuan. Walaupun payudara sering kali menjadi bagian yang tertutup, tidak jarang para perempuan mencari cara untuk mengencangkan payudara kendur dan menjaganya tetap menarik.

Banyak hal yang membuat payudara menjadi kendur atau tidak pas bentuknya. Contohnya, saat hamil, payudara pun membengkak karena pengaruh hormon dan bertambahnya berat badan, lalu setelah melahirkan pun berat kembali turun, tak jarang membuat payudara kendur. Penuaan dapat melemahkan ligamen dinding dada dan mengurangi kekencangan payudara. Sehingga kita merasa bahwa bentuk payudara menjadi kendur dan tidak cantik.

Tapi tahukah Anda bahwa perubahan gaya hidup dapat membantu Anda untuk mengencangkan payudara? Berikut ini beberapa cara untuk mengencangkan payudara.

Apa saja cara untuk mengencangkan payudara kendur?

Anda bisa memilih cara mana yang paling efektif agar bentuk payudara Anda menjadi indah, berikut pilihannya:

1. Turunkan berat badan secara pelan-pelan untuk mengencangkan payudara kendur

berat badan ideal

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, payudara kendur bisa disebabkan oleh kehilangan lemak tubuh, ini artinya berat badan Anda menurun. Tapi tahukah Anda bahwa payudara juga bisa turun akibat Anda kehilangan terlalu banyak lemak dalam waktu cepat?

Ya, ternyata bisa, terkadang payudara yang turun membuat Anda tidak percaya diri. Jika Anda mengalami hal ini, caranya adalah mencoba menurunkan berat badan secara perlahan, sekitar 0,4 kg hingga 0,9 kg per minggu. Penurunan berat badan yang perlahan ini dapat membantu Anda mengurangi ukuran payudara ke bentuk semula, mencegah kendur akibat penurunan berat badan.

2. Lakukan push-up untuk mengencangkan payudara kendur

Gerakan push up wanita
Woman doing press up on white set.

Ternyata ada beberapa contoh push-up yang bisa dilakukan untuk membentuk otot yang menopang payudara Anda. Lakukan dalam gerakan plank – dengan posisi tubuh berbaring telungkup tapi tidak menyentuh lantai, posisikan siku menekuk, kedua tangan dan kedua kaki menopang tubuh Anda, lalu bergeraklah turun naik. Anda bisa melakukannya dengan pelan-pelan. Lakukan sekitar lima hitungan dengan gerakan naik-turun pelan, lalu coba 10 kali hitungan dengan gerakan naik-turun cepat.

Olahraga menguatkan otot ini dapat membantu jaringan untuk mendorong jaringan payudara maju, sehingga payudara akan terlihat penuh ke depan. Berdasarkan American College of Sports Medicine, ynag dikutip oleh Livestrong, setidaknya coba latihan ini paling sedikit sekitar dua kali seminggu untuk membuat payudara lebih kencang.

3. Minum air putih untuk mengencangkan payudara kendur

Wah mudah sekali ya? Bagaimana ceritanya minum air putih bisa mengencangkan payudara Anda? Jadi begini, minum air putih sebanyak sekitar 1,8 liter per hari dapat membantu menjaga kekencangan kulit secara alami. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terlihat kencang, sehat, dan elastis.

4. Gunakan bra yang tepat

bra untuk payudara besar

Sebenarnya tidak hanya ketika Anda olahraga saja, setiap hari Anda harus menggunakan bra yang tepat, tidak terlalu sesak dan tidak terlalu longgar. Penggunaan bra yang tepat dapat mencegah Anda dari kerusakan ligamen, sehingga payudara Anda akan terlihat kendur. Apalagi saat Anda berolahraga, sebaiknya gunakan sport bra yang tepat.

5. Lakukan pijatan untuk mengencangkan payudara kendur

cara pijat payudara

Lakukan pijatan dengan cara melakukan gerakan ke atas sekitar 15 menit sehari. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi pada payudara Anda sehingga dapat menguatkan otot dan jaringan di sekitar payudara Anda agar lebih kencang. Selain membuat buah dada tampak kencang, pijatan juga membantu Anda mengetahui jika ada benjolan di payudara.

Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun, minyak almond, atau gel lidah buaya untuk dioleskan saat memijat. Saat mengaplikasikannya, gosok searah jarum jam, kemudian berlawan dengan arah jarum jam.

6. Oleskan masker untuk mengencangkan payudara kendur

makanan pengganti telur

Tidak hanya muka saja yang harus dioleskan masker, payudara juga harus dioleskan masker. Anda bisa membuat sendiri masker dengan bahan-bahan alami untuk mengencangkan payudara kendur. Anda bisa siapkan telur, minyak vitamin E, dan timun. Ingin tahu cara membuatnya, simak tips berikut ini:

Masker vitamin E dan telur

Gunakan satu sendok makan salah satu bahan-bahan tersebut dengan satu butir telur. Campurkan telur dan vitamin E. Lalu, oleskan pada payudara dan diamkan selama setengah jam. Pastikan Anda membilasnya dengan air dingin.

Telur mengandung protein yang dapat meningkatkan elastisitas kulit. Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat menghambat radikal bebas dan mencegah penuaan kulit.

Masker telur dan timun

Haluskan timun. Anda bisa menambahkan mentega dan krim alami. Campurkan timun halus, mentega, krim alami, dan kuning telur bersamaan. Diamkan sekitar ½ jam dan bilas dengan air dingin.

Timun mengandung antioksidan, dan dapat meredakan iritasi kulit serta mengurangi bengkak pada kulit.

7. Tidur telentang untuk mengencangkan payudara kendur

mitos kebiasaan tidur

Ternyata tidur miring ke kanan maupun ke kiri dapat menyebabkan payudara menjadi mudah kendur. Cara yang terbaik adalah tidur telentang. Cara ini dapat meregangkan payudara kendur, sehingga hasilnya akan terlihat lebih kencang untuk jangka waktu yang lama. Memang hasilnya tidak akan Anda dapatkan dalam satu atau dua malam, atau bahkan dalam sebulan. Biarpun perlahan, hasilnya pun akan lebih lama.

8. Pembesar payudara

implan payudara silikon vs saline

Saat ini pembesar payudara dengan cara operasi payudara sudah umum dilakukan oleh perempuan jaman sekarang, meskipun masih mengundang pro dan kontra. Terkadang beberapa perempuan berusaha mengencangkan payudara kendur, namun tidak bisa dibantu hanya dengan olahraga.

Jika Anda tertarik untuk melakukan proses tersebut, Anda bisa kunjungi dokter Anda. Ingat sebaiknya dilakukan oleh ahlinya, sebab ini menyangkut aset Anda. Tempat operasi yang tidak terpercaya tentu akan memberi dampak negatif jangka panjang.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Desember 24, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 9, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca