Telinga Tersumbat Bikin Tidak Nyaman Beraktivitas? Sontek 5 Cara Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 05/09/2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan telinga tersumbat. Misalnya, kemasukan air saat berenang, terkena infeksi pernapasan (flu, pilek, sinusitis, atau alergi), jarang membersihkan kotoran telinga, atau sedang dalam penerbangan. Kondisi ini membuat telinga terasa penuh dan jadi sulit mendengar ketika mengobrol dengan orang lain. Lantas, bagaimana cara mengatasi telinga tersumbat?

Beragam cara untuk mengatasi telinga tersumbat

Sebelum coba berbagai macam cara untuk mengatasi telinga yang tersumbat, sebaiknya Anda perlu tahu dulu apa penyebabnya. Kondisi ini memang mudah untuk diobati sendiri di rumah, tapi beberapa penyebabnya hanya bisa diatasi dengan obat-obatan jika terkait dengan masalah medis tertentu.

Berikut beberapa pilihan cara untuk mengatasi telinga tersumbat, antara lain:

1. Kompres telinga dengan air hangat

mengatasi telinga tersumbat

Lendir yang diproduksi oleh hidung saat ingus, pilek, atau flu bisa menyumbat bagian dalam telinga. Untuk melegakannya, cobalah untuk menempelkan kompresan hangat pada telinga Anda.

Suhu hangat dapat mengencerkan lendir yang menumpuk dalam telinga sekaligus memperlebar pembuluh darah. Alhasil, aliran darah dan suplai oksigen bisa lebih mudah mencapai bagian tubuh yang sakit. Hal ini membantu otot rileks dan mengurangi nyeri.

Caranya cukup rendam waslap bersih dalam air hangat suam kuku (40-50 derajat celcius), peras hingga lembap dan tempelkan di telinga selama 5-10 menit. Kompres hangat tidak boleh digunakan lebih dari 20 menit untuk satu kali kompres, dan jangan ditempelkan pada telinga jika terlihat bengkak.

2. Minum obat dekongestan

obat metronidazole adalah

Selain mengompres air panas, telinga tersumbat akibat flu atau pilek juga bisa diringankan gejalanya dengan obat dekongestan. Obat ini mampu mengurangi mengecilkan pembuluh darah di hidung sekaligus mengurangi pembengkakan selaput lendir dan tekanan pada telinga.

Selain karena sakit, obat ini bisa diminum untuk mencegah tersumbatnya telinga saat penerbangan panjang. Sebaiknya minum obat ini satu jam sebelum penerbangan dan setelah penerbangan.

3. Teteskan baby oil  atau minyak esensial ke dalam telinga

menumbuhkan rambut
sumber: healthline.com

Kotoran telinga yang mengering dan menumpuk bisa menyumbat telinga dan menimbulkan rasa gatal. Jika ini terjadi, Anda bisa mengatasi telinga tersumbat dengan meneteskan baby oil, minyak zaitun, atau gliserin pada telinga Anda.

Caranya mudah, panaskan minyak pada sendok. Setelah cukup hangat, pindahkan minyak ke pipet. Miringkan kepala Anda dan teteskan minyak dari pipet ke telinga Anda. Tahan posisi tubuh selama 10 hingga 15 detik. Lakukan ini beberapa kali selama lima hari, sampai telinga yang tersumbat terasa lebih lega.

4. Miringkan kepala atau menggunakan hair dryer

kurang tidur tekanan darah naik

Setelah berenang, telinga Anda sering kali kemasukan air. Kondisi ini membuat telinga jadi basah dan kadang tersumbat. Telinga yang basah bisa menjadi sarang yang paling baik bagi bakteri. Agar tidak terjadi infeksi, Anda sebaiknya cepat-cepat mengeringkan telinga Anda.

Anda bisa memiringkan kepala beberapa lama. Perubahan arah kepala Anda bisa membawa air yang tersumbat, keluar dari telinga. Jika tidak berhasil, posisikan tubuh berbaring. Kemudian, letakkan telinga Anda di atas handuk (posisi tidur menyamping). Lakukan hal ini beberapa saat sampai air keluar dari telinga Anda.

Jika Anda tidak punya waktu untuk berbaring, Anda bisa menggunakan hair dryer. Udara dan panas dari hair dryer bisa mengeringkan air sehingga telinga tidak basah maupun tersumbat lagi. Untuk mencegahnya, gunakan topi renang supaya air tidak bisa memasuki telinga Anda.

5. Lakukan manuver valsava atau teknik pasif

latihan pernapasan

Cara mengatasi telinga tersumbat lainnya adalah dengan manuver valsava. Pertama, tarik napas dalam-dalam sambil jepit lubang hidung Anda dengan jari. Hembuskan udara dari mulut Anda secara perlahan.

Selain itu, Anda juga dapat mempraktikan teknik pasif yaitu, dengan cara mengunyah permen karet atau minum air putih. Teknik pasif bisa membantu tabung eustachius yang tersumbat untuk membuka sehingga mengurangi tekanan pada telinga yang tersumbat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Headset vs. Headphone, Mana yang Lebih Baik untuk Digunakan?

Walaupun sama-sama untuk mendengarkan musik, ternyata ada perbedaan agar tahu mana yang lebih baik diantara headphone atau headset.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Fakta Unik 06/06/2019 . Waktu baca 3 menit

6 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Kebersihan dan Kesehatan Telinga

Merawat kebersihan dan kesehatan telinga ternyata tidak bisa sembarangan, lho! Perhatikan beberapa hal berikut ini supaya Anda tidak salah langkah.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/11/2018 . Waktu baca 5 menit

Kotoran Telinga Kok Berubah Jadi Hitam, Apa Sebabnya?

Warna kotoran telinga bisa berubah setiap waktu; kuning atau cokelat. Namun dapat juga berubah jadi hitam. Apa saja penyebab kotoran telinga berwarna hitam?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat 08/11/2018 . Waktu baca 4 menit

Dari Kuning Sampai Hitam, Ketahui Arti 6 Warna Kotoran Telinga Anda

Kotoran telinga punya warna yang bervariasi dan bisa berubah-ubah setiap kali Anda membersihkannya. Ketahui apa arti warna kotoran telinga Anda di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik 29/10/2018 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Makan Makanan Sehat Dapat Membantu Menjaga Fungsi Pendengaran, Lho!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 25/05/2020 . Waktu baca 5 menit
suara pesawat tekanan darah

Benarkah Sering Mendengar Suara Pesawat Bikin Tekanan Darah Naik?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 15/10/2019 . Waktu baca 4 menit
merawat telinga memakai headset

4 Tips Merawat Telinga untuk Anda yang Sering Memakai Headset

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 01/09/2019 . Waktu baca 4 menit
tidur pakai sumbatan telinga

Menggunakan Penutup Telinga untuk Tidur, Aman Tidak, Ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 17/06/2019 . Waktu baca 3 menit