Sakit telinga bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti infeksi, alergi, dan respon terhadap bagian tubuh lain yang mengalami peradangan. Meskipun tidak selalu menandakan kondisi serius, sakit telinga sangat mengganggu bahkan tak jarang membuat Anda sulit untuk beraktivitas dan beristirahat dengan nyaman. Sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter, Anda bisa mengatasinya dengan berbagai cara alami. Berikut berbagai obat sakit telinga alami yang bisa ditemukan di rumah.

Berbagai obat sakit telinga alami

Berikut ini berbagai pilihan pengobatan alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit telinga, di antaranya:

1. Kompres panas atau dingin

kompres es dingin
Sumber: Health Ambition

Meletakkan handuk yang telah dibasahi air panas dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit di telinga. Anda bisa menaruh handuk yang telah dicelupkan dalam air panas pada telinga selama kurang lebih 20 menit.

Selain terapi panas, Anda juga bisa mencoba kompres dingin untuk mengatasi sakit telinga. Mencelupkan handuk ke dalam air dingin dan kemudian meletakkannya di telinga bisa menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk meredakan sakit. Anda juga bisa membungkus es batu dengan menggunakan handuk dan menempelkannya di darah sekitar bawa telinga selama kurang lebih 20 menit.

2. Pemijatan

telinga bindeng

Jika rasa sakit muncul dari sekitar rahang gigi atau sebagai akibat dari sakit kepala karena tegang, maka Anda bisa memijat otot-otot di sekitar area yang terasa sakit. Misalnya, jika Anda merasakan sakit telinga bagian belakang cobalah untuk memijat otot rahang dan juga leher. Pemijatan juga dapat membantu mengatasi rasa sakit akibat infeksi telinga.

Mulailah memijat dari belakang telinga hingga bawah leher, dengan gerakan dari atas ke bawah. Setelah itu, cobalah untuk memijat ke bagian depan telinga. Hal ini dilakukan untuk mengalirkan cairan berlebih dari telinga yang menyebabkan rasa sakit yang semakin menjadi-jadi.

3. Meregangkan leher

punuk leher

Beberapa sakit telinga disebabkan karena adanya tekanan di lubang atau saluran telinga. Melakukan berbagai peregangan pada leher dapat digunakan untuk meredakan tekanan ini. Anda bisa melakukannya dengan cara:

  • Duduk tegak dengan kedua kaki menyentuh tanah.
  • Putar leher perlahan dari kanan ke kiri dan sebaliknya.
  • Angkat bahu tinggi-tinggi seakan Anda mencoba menutup telinga dengan bahu.
  • Lakukan setiap bangun tidur dan saat telinga terasa sakit.

4. Buat ramuan bawang putih

makan bawang putih

Brandon Hopkins, MD, seorang ahli dari The Cleveland Clinic mengatakan meskipun belum ada bukti ilmiah tentang keampuhan bawang putih untuk mengatasi sakit telinga, tetapi cara ini bisa Anda coba.

Pasalnya, bawang putih telah digunakan sebagai obat tradisional untuk menghilangkan rasa sakit sejak berabad-abad yang lalu. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih memiliki sifat antibiotik dan antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi.

Anda bisa mengolah bawang putih sebagai obat tetes telinga. Caranya dengan merendam bawang putih yang telah dihancurkan ke dalam minyak zaitun atau minyak wijen hangat. Setelah disaring, ambil minyak dan oleskan ke dalam lubang atau saluran telinga.

5. Menggunakan minyak tea tree dan zaitun

tea tree oil

Minyak tea tree mengandung serangkaian senyawa antijamur, antiseptik, antiradang, dan antibakteri yang baik digunakan sebagai obat sakit telinga alami. Sehingga minyak yang satu ini bisa Anda gunakan sebagai obat tetes untuk mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman pada telinga Anda.

Untuk menghindari risiko alergi, Anda bisa mencampurkan minyak tea tree dengan minyak zaitun hangat sebelum diteteskan pada telinga. Menurut American Academy of Pediatrics, meskipun belum ada bukti ilmiah tetapi minyak zaitun bisa digunakan cukup efektif untuk mengatasi sakit telinga.

Lalu, kapan saya perlu pergi ke dokter?

Tidak semua perawatan rumahan dan obat telinga alami mampu meredakan sakit telinga. Anda perlu segera periksa ke dokter jika:

  • Telinga mengeluarkan cairan nanah atau bahkan darah.
  • Mengalami demam tinggi, sakit kepala, atau pusing.
  • Merasa ada yang mengganjal di telinga.
  • Adanya pembengkakan di belakang telinga, terutama jika salah satu sisi wajah Anda terasa lemah dan sulit digerakkan otot-otonya.
  • Sakit telinga semakin memburuk bahkan hingga kehilangan pendengaran sementara.
  • Gejala tidak membaik dan semakin memburuk lebih dari dua hari.

Berbagai perawatan rumahan ini bisa Anda jadikan alternatif tambahan selain pengobatan dari dokter. Namun, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca