7 Gejala Awal Parkinson yang Patut Diwaspadai

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 17/02/2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Penyakit Parkinson adalah gangguan sistem saraf otak yang membuat penderitanya tidak bisa menggerakkan sejumlah bagian tubuhnya. Hingga saat ini dilaporkan ada sekitar 50 ribu lebih orang di dunia terdiagnosis Parkinson. Penyakit ini biasanya terjadi pada lansia. Parkinson tidak bisa disembuhkan, maka penting bagi Anda untuk mengenali dan mewaspadai gejalanya sedini mungkin. Berikut gejala parkinson yang biasanya muncul di awal perkembangan penyakitnya.

Berbagai gejala Parkinson yang sebaiknya Anda kenali sejak dini

Gejala parkinson sulit dikenali. Terlebih, tidak ada bentuk tes medis yang tersedia khusus untuk mengidentifikasi Parkinson, maka dari itu diagnosisnya kadang tidak terduga. Akan tetapi, ada beberapa tanda khas yang biasanya berkembang di awal.

1. Tremor

Gejala parkinson umumnya dimulai dengan tremor ringan di bagian tangan (tangan gemetaran), tapi juga bisa dialami di jari-jari, bagian kaki, bibir, hingga lidah. Tremor biasanya muncul ketika Anda sedang beristirahat atau berdiam diri. Gejala ini pun suka hilang timbul.

Tremor adalah salah satu gejala awal Parkinson yang paling umum, hanya 1 dari 5 orang penderita Parkinson yang tidak mengalami gejala ini.

2. Gaya tulisan berubah

Gangguan saraf Parkinson membuat otot terasa kaku yang semakin parah dari waktu ke waktu. Parkinson juga memengaruhi koordinasi otak dengan alat gerak. Hal ini dapat menyebabkan gaya tulisan tangan Anda berubah jadi lebih kaku daripada sebelumnya.

3. Tiba-tiba hilang kemampuan mencium

Biasanya flu atau pilek bikin indera penciuman menurun karena hidung mampet. Namun jika Anda sedang tidak mengalami keduanya, kemampuan hidung untuk membaui yang kurang tajam bisa jadi pertanda gejala awal Parkinson. Pasalnya selain menyerang fungsi motorik, Parkinson juga memengaruhi fungsi kognitif otak yang membuat kemampuan indera lainnya menurun. Salah satunya adalah indera penciuman.  

susah tidur menjelang haid

4. Mengalami gangguan tidur

Gangguan tidur juga dialami oleh orang dengan Parkinson. Malah, kondisi ini bisa jadi pendeteksi dari penyakit saraf tersebut. Gangguan yang terjadi biasanya berupa timbulnya gerakan-gerakan ekstrim ketika tidur, misalnya saja menendang, meninju, hingga jatuh dari tempat tidur.

5. Sering alami ketegangan otot

Beberapa orang yang mengalami Parkinson sering malporkan mengalami otot kaku, terutama di bagian pergelangan tangan, lengan, panggul, hingga lutut. Ketegangan otot yang dirasakan akan membuat orang dengan Parkinson tidak dapat menggerakkan tubuhnya.

6. Sulit buang air besar

Konstipasi atau sembelit adalah gangguan kesehatan yang sangat amat umum. Akan tetapi, kondisi ini bisa saja menjadi pertanda gejala parkinson. Pasalnya, gangguan sistem saraf bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan, sehingga menyebabkan sembelit.

7. Lemas tidak bisa berdiri

Jika Anda tiba-tiba merasa lemas dan tidak bisa berdiri, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Hal ini bisa jadi tanda awal Parkinson. Penyakit ini juga dapat menyebabkan seseorang mengalami tekanan darah rendah yang akan membuat tubuh jadi lemas dan sulit untuk melakukan aktivitas.

Meski Anda masih muda, namun mengalami beberapa gejala yang telah disebutkan di atas, maka lebih baik lakukan pemeriksaan lengkap ke dokter. Pasalnya, penyakit Parkinson juga bisa menyerang orang dewasa muda. 

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Mimpi buruk bisa datang kapan saja di setiap malam Anda. Ini bisa sangat mengganggu Anda jika sering terjadi. Temukan cara mengatasi mimpi buruk di sini.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 02/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Banyak mitos membuat infeksi cacing menjadi hal sepele. Cek fakta seputar cacingan yang berbahaya jika dibiarkan, seperti menghambat pertumbuhan anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit