8 Tips Agar Tenang Setelah Memergoki Pasangan Selingkuh

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Siapa sih yang tidak marah, kesal, dan kecewa saat mengetahui pasangan selingkuh? Anda mungkin adalah salah satu orang yang akan merasakan hal tersebut jika suatu hari Anda tidak sengaja mengetahui pasangan Anda ternyata memiliki hubungan dengan orang lain. Akan tetapi, bukan berarti kondisi tersebut harus dihadapi dengan penuh amarah. Justru, Anda akan merasa lebih baik jika Anda bisa berusaha untuk tetap tenang. Namun, bagaimana cara tetap tenang saat memergoki pasangan selingkuh?

8 cara agar tetap tenang saat memergoki pasangan selingkuh

Mungkin menghadapi pasangan yang selingkuh dengan tenang terlihat mustahil. Namun, sebenarnya ada, lho, beberapa cara yang bisa Anda praktikkan agar tetap tenang meski Anda memergoki pasangan selingkuh.

1. Hubungi orang terdekat

Jika Anda tidak sengaja memergoki pasangan selingkuh, hal yang harus Anda hindari adalah bepergian sendiri.  Segera hubungi orang terdekat yang akan memberikan Anda dukungan dan bersedia menemani Anda. Pasalnya, terkadang pikiran tiba-tiba menjadi buntu dan kalut hingga mungkin saja muncul gagasan yang negatif.

Setidaknya, saat ada orang lain yang menemani Anda, ada yang akan membantu Anda untuk berpikir lebih jernih sekaligus membantu menenangkan Anda. Dengan begitu, Anda bisa menentukan langkah yang harus diambil selanjutnya.

2. Beri diri sendiri ruang dan waktu untuk berpikir

Jika rasa kesal dan emosi telah mereda, cobalah untuk menjauh sejenak dari pasangan Anda. Tidak perlu marah-marah meski telah memergoki pasangan selingkuh dan tetaplah bersikap tenang. Justru, gunakan waktu sebanyak yang Anda butuhkan untuk menjauh sejenak dari pasangan.

Bila Anda tinggal satu rumah dengannya, cobalah untuk tidak berada di dalam satu ruangan dengan pasangan. Pasangan Anda berkewajiban untuk memberi Anda ruang dan waktu untuk menenangkan diri.

Di sisi lain, Anda juga berhak untuk tidak memikirkan pasangan Anda dalam kurun waktu tertentu, hingga Anda benar-benar mampu mengambil keputusan terbaik mengenai hubungan Anda dengan pasangan Anda. Waktu ini juga bisa dimanfaatkan pasangan untuk introspeksi diri mengenai kesalahan yang telah dilakukannya.

3. Pikirkan kembali penyebab perselingkuhan

Setelah Anda merasa lebih tenang, cobalah untuk berpikir apa masalah yang mungkin menjadi penyebab terjadinya perselingkuhan dalam hubungan Anda. Jika Anda sedang menjalani hubungan yang masih berjalan beberapa bulan dan pasangan Anda telah berselingkuh, akan lebih mudah bagi Anda untuk meninggalkan pasangan Anda.

Namun, jika Anda telah bersama dengan pasangan selama bertahun-tahun, atau Anda telah menikah dan memiliki anak. Lalu, saat Anda memergoki pasangan Anda selingkuh, maka Anda harus berusaha untuk tetap tenang dan mencari tahu akar penyebab dari kejadian yang tidak menyenangkan ini.

Bisa saja, sebenarnya dalam hubungan Anda berdua telah ada masalah yang membuat pasangan Anda merasa tidak dihargai, diperlakukan dengan tidak baik, ditinggalkan, dan masih banyak lagi. Meski alasan-alasan tersebut tidak bisa dibenarkan sebagai alasan untuk selingkuh, setidaknya Anda mengetahui apa yang menjadi penyebabnya.

4. Bicarakan dengan pasangan

Saat Anda mengetahui hal tersebut, yang harus Anda lakukan adalah segera sampaikan kepada pasangan apa yang sebenar-benarnya Anda ketahui. Tidak perlu memancing pasangan dengan berbagai kode yang belum tentu ia mengerti. Sampaikan dengan lugas namun tetap tenang.

Di samping itu, saat Anda memergoki pasangan Anda selingkuh, tetap tenang dan tidak perlu terburu-buru memberi tahu semua orang, baik teman maupun keluarga. Tunggu sampai Anda dan pasangan memiliki keputusan final mengenai kelanjutan hubungan.

Pasalnya, jika Anda dan pasangan memutuskan untuk memaafkannya dan  tetap bersama setelah kejadian ini, terburu-buru memberi tahu keluarga dan teman bahwa pasangan Anda selingkuh akan merugikan Anda. Bisa saja, hubungan Anda dengan pasangan yang sudah damai menjadi terganggu karena teman dan keluarga kehilangan respek terhadap pasangan.

5. Jangan balas dendam

Jika Anda memergoki pasangan Anda selingkuh, cobalah untuk tetap tenang. Jika tidak, emosi yang memuncak dapat menyebabkan Anda tidak dapat berpikir panjang. Saat itu, Anda mungkin ingin memberi tahu semua orang keburukan dari pasangan Anda, atau bahkan Anda berniat untuk berselingkuh juga.

Padahal, membalas dendam tidak akan memberikan dampak positif baik untuk Anda maupun hubungan Anda. Justru, kondisi hubungan akan semakin runyam. Oleh karenanya, beri diri Anda waktu agar bisa menentukan langkah terbaik yang bisa Anda ambil untuk diri Anda dan pasangan.

Jika Anda memutuskan untuk memaafkannya, lakukan dengan tulus ikhlas. Namun, jika Anda memutuskan untuk berpisah dengannya, segera sembuhkan luka dan move on dengan hidup Anda agar lebih bahagia.

6. Hindari menyalahkan pasangan

Mungkin pasangan Anda memang telah melakukan kesalahan besar dengan berselingkuh. Namun, bukan berarti Anda harus terus menyalahkannya. Hindari pula bertindak seolah Anda adalah satu-satunya korban.

Sebelum Anda benar-benar mengetahui apa yang membuat pasangan Anda ingin bersama dengan orang lain, Anda tidak sebaiknya merasa bahwa semua ini salah pasangan Anda. Pasalnya, bisa saja memang ada yang salah dengan hubungan yang sedang Anda jalani.

Cobalah untuk tidak mengasihani diri sendiri, karena hal tersebut hanya akan membuat Anda menjadi lebih sedih lagi. Akan lebih baik jika Anda berusaha tetap netral dan tenang meski telah memergoki pasangan selingkuh.

7. Jangan libatkan pihak lain

Anda harus ingat bahwa hubungan dan masalah yang terjadi hanya antara Anda dengan pasangan. Meski Anda telah memergoki pasangan berselingkuh, tetaplah tenang dan jangan melibatkan orang lain. Misalnya, jika Anda telah menikah dengan pasangan dan dikaruniai anak.

Hindari menjadikan anak senjata atau bahkan tameng untuk Anda dan pasangan. Jika perlu, tidak usah memberi tahu anak Anda apa yang telah terjadi. Pasangan Anda mungkin telah menyakiti Anda, namun tidak berarti ia bukan orangtua yang baik bagi anak Anda.

8. Dapatkan bantuan psikolog

Salah satu jalan yang bisa Anda tempuh adalah meminta bantuan psikolog untuk membantu Anda agar lebih tenang setelah memergoki pasangan selingkuh. Anda bisa meminta saran darinya agar bisa lebih netral dalam menghadapi permasalahan ini.

Di samping itu, psikolog mungkin memberikan sudut pandang baru untuk Anda sehingga Anda bisa lebih memahami apa yang mungkin terjadi hingga menyebabkan pasangan memilih untuk berselingkuh. Bahkan, Anda juga bisa meminta pasangan untuk ikut dengan Anda dan mengikuti konseling untuk pasangan.

Orang yang telah ahli dalam menghadapi masalah sejenis dapat memudahkan Anda berkomunikasi dengan pasangan. Jadi, meski Anda nantinya hendak mengakhiri hubungan Anda dengan pasangan, Anda tahu bahwa sebelumnya Anda telah mengusahakan yang terbaik untuk mempertahankan hubungan tersebut.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 13, 2020 | Terakhir Diedit: Desember 30, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca