home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Suami Tiba-tiba Mengaku Gay, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Suami Tiba-tiba Mengaku Gay, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Orientasi seksual seseorang tidak bisa dipaksakan. Namun terkadang. demi tuntutan kehidupan sosial, seseorang yang punya orientasi seks seperti homoseksual dan biseksual harus menyembunyikan, bahkan menutupinya dengan cara menikahi lawan jenis secara terpaksa.

Pada beberapa kasus rumah tangga, ada istri yang mencurigai bahwa suaminya gay atau punya orientasi seksual yang berbeda. Ini biasanya terjadi ketika mulai ada tanda-tanda penolakan dan menurunnya intensitas hubungan seks berdua.

Bahkan dalam beberapa contoh kasus, istri menemukan bahwa suami gemar menonton film porno gay.

Pada akhirnya, kecurigaan yang sudah tumbuh di awal ini menjadi benar kenyataan. Suami Anda mengakui ketertarikan seksual sesama jenis kelamin. Apa yang dapat Anda lakukan saat suami mengakui bahwa dirinya adalah gay?

Apa yang harus dilakukan ketika suami mengaku gay?

1. Coba untuk menerima kenyataan

Setelah suami mengakui bahwa ia gay, Anda boleh dulu berusaha untuk menenangkan pikiran.

Tidak dipungkiri bahwa rasa dikhianati, hancur, kecewa dan juga marah bercampur jadi satu. Hal yang bisa Anda lakukan pertama kali adalah menerima kenyataan, bahwa memang orientasi seksual tidak bisa diubah atau dipaksakan.

Tidak hanya Anda yang merasa sakit, suami Anda pun selama ini menyiksa diri dengan harus menutupi identitas gay yang sebenarnya. Selama berusaha menenangkan diri sambil menerima kenyataan, Anda juga bisa memutuskan mau dibawa ke mana hubungan pernikahan ini ke depannya.

2. Putuskan kelanjutan pernikahan ke depannya

Setelah dapat menerima kenyataan yang cukup pahit, Anda bisa dan berhak mengambil keputusan pernikahan ke depannya. Apakah Anda mau bercerai atau menerima suami meskipun orientasi seksualnya gay?

Keputusan yang Anda ambil nantinya tidak ada yang benar atau salah. Karena setiap keputusan yang Anda ambil, akan terasa benar atau salah tergantung respons Anda saat menjalaninya.

Untuk mengambil keputusan, Anda boleh berkonsultasi ke konselor pernikahan untuk mendapatkan saran atau opini yang lebih bijak mengenai masalah pernikahan ini. Jangan lupa katakan pada suami mengenai keputusan yang Anda ambil.

3. Cek atau tes penyakit kelamin

Setelah memutuskan langkah apa yang Anda ambil setelah mengetahui bahwa suami gay, Anda bisa memeriksa kondisi kesehatan kelamin Anda. Pasalnya, saat pasangan selingkuh, Anda berisiko tertular penyakit kelamin. Terlebih lagi seks antara lelaki berisiko tinggi akan penyakit menular seksual, terutama saat dilakukan tanpa pengaman.

Dengan pemeriksaan dan pencegahan dini, Anda dapat mengetahui apakah Anda tertular penyakit seksual atau tidak dan dapat menanganinya sebelum terjadi komplikasi yang tidak diinginkan.

4. Mencoba berdiskusi bersama untuk memberitahu ke anak

Setelah bisa menyelesaikan kegalauan akan status pernikahan dan berkonsultasi dengan konselor pernikahan, kini Anda bisa Anda bisa mencoba memberitahukan ke anak-anak. Cepat atau lambat mereka harus tahu apa yang terjadi di antara kedua orangtua. Suami Anda sebisa mungkin harus bisa mengatakan yang sejujurnya.

Karena bagaimanapun juga, keputusan yang Anda berdua ambil akan berdampak pada anak-anak Anda. Mereka perlu tahu apa yang sedang terjadi di keluarga.

 

 

 

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Is your man gay straight or bisexual? https://www.psychologytoday.com/us/blog/love-and-sex-in-the-digital-age/201412/is-your-man-gay-straight-or-bisexual diakses pada 12 Desember 2019.

How I found out my partner gay? https://www.bbc.com/news/magazine-33382824 diakses pada 12 Desember 2019.

How to cope when your spouse is gay? https://www.verywellmind.com/if-your-spouse-is-gay-2300962 diakses pada 12 Desember 2019.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 04/06/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri