4 Posisi Seks Saat Hamil yang Aman, Nyaman, dan Menggairahkan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Banyak orang mengira bahwa berhubungan seks saat hamil dapat membahayakan kandungan. Namun faktanya tidak demikian. Seks saat hamil umumnya aman dan Anda boleh saja bercinta dengan pasangan kapan pun Anda mau, asal dokter sudah memberikan lampu hijau. Nah, rekomendasi variasi posisi seks saat hamil ini mungkin membantu membuat malam Anda berdua semakin intim dan bergairah.

Posisi seks yang aman saat hamil

Berikut sejumlah posisi seks yang aman di sepanjang kehamilan, namun tetap menggairahkan untuk dinikmati berdua dengan pasangan.

1. Misionaris

Bercinta sambil telentang (misionaris) paling aman buat ibu hamil di trimester satu sebab perut belum begitu membesar.

Namun seiring waktu, posisi seks ini tidak lagi dianjurkan dicoba saat hamil trimester dua sampai seterusnya. Ketika berbaring telentang, rahim yang membesar akan menekan pembuluh darah utama di tubuh dan mengurangi aliran darah ke bayi.

Selain berbahaya buat janin, posisi seks ini bisa membuat ibu pusing dan kehabisan napas karena menahan berat tubuhnya.

2. Posisi duduk mendekap

Posisi seks yang umumnya aman dilakukan ibu saat hamil usia berapa pun adalah woman on top. Caranya Anda duduk berpangku pada pasangan pria sambil bertatapan, bisa di kursi, sofa, atau kepala tempat tidur.

Dengan posisi ini, Anda bisa lebih leluasa mengatur kedalaman dan kecepatan penetrasi pasangan. Selain itu, posisi ini juga bisa menambah keintiman dengan Anda berdua saling memandangi wajah lebih dekat satu sama lain.

Agar Anda tidak jatuh atau hilang kendali tubuh, peluklah si pria atau berpegangan erat pada bahunya.

3. Doggy style

Tak melulu harus saling bertatapan. Anda dan pasangan juga tetap merasa intim ketika memunggungi pasangan dengan posisi merangkak, alias doggy style. Posisi seks ini nyatanya juga aman dilakukan saat ibu hamil.

Posisikan tubuh Anda seperti merangkak dengan bertumpu pada kedua lutut dan siku, sementara prianya melakukan penetrasi dari belakang. Posisi ini akan memungkinkan pria melakukan penetrasi yang lebih dalam. Supaya ibu hamil tetap aman, pria harus mengatur ritme penetrasi agar serileks mungkin

4. Spooning

Ketika berhubungan seks saat hamil, pastikan Anda memilih posisi yang tidak memberikan tekanan berlebih pada perut. Nah, posisi spooning adalah pilihan terbaik.

Posisi ini dilakukan oleh wanita yang berbaring menyamping memunggungi pasangan di belakangnya. Posisi ini selain aman dan nyaman, juga jitu untuk menambah keintiman karena Anda dan pasangan bisa terus saling berpelukan.

Jadi, jangan jadikan perut hamil Anda sebagai kendala untuk bermesraan dengan pasangan, ya! Asalkan pintar memilih posisi bercinta, Anda bisa menikmati seks saat hamil dengan aman dan nyaman.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca