Kenapa Penis Sering Ereksi Padahal Tidak Sedang Terangsang?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bagi para laki-laki, penis yang ereksi tiba-tiba di tempat umum adalah hal yang sangat memalukan dan bisa bikin panik. Sebagian orang juga pernah mengalami ereksi di saat yang tidak tepat, misalnya saat presentasi di hadapan rekan kerja atau ketika bertemu dengan orangtua kekasih. Padahal, mungkin saat itu tidak ada rangsangan atau pikiran seksual sama sekali. Ereksi penis tersebut muncul begitu saja tak terduga. Kira-kira wajar tidak, ya? Cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Mengapa penis bisa ereksi?

Ereksi terjadi ketika darah mengalir menuju penis. Penis Anda pun akan terisi oleh darah sehingga jadi tampak lebih besar, panjang, dan terasa keras. Kondisi penis ini juga sering disebut “tegang” atau “berdiri”. Biasanya kondisi ini akan bertahan selama beberapa menit dan akan melemas sendiri, baik dengan sendirinya maupun dengan bantuan stimulasi manual.

Apakah penis hanya akan ereksi kalau terangsang?

Karena penis adalah salah satu organ seksual, maka aktivitas pada penis sering dikaitkan sebagai dengan segala hal yang berbau seks. Pada kenyataannya, sama seperti organ lain dalam tubuh yaitu mata atau jantung, penis tak hanya bereaksi terhadap rangsangan seksual saja.

Aliran darah diatur secara otomatis oleh sistem tubuh Anda. Layaknya bernapas, mengedipkan mata, atau mencerna makanan, penis juga bisa ereksi tanpa Anda kendalikan. Maka, meskipun Anda bisa mengendalikan munculnya ereksi lewat gairah seksual, penis Anda juga mungkin “berdiri” bahkan ketika tidak ada penyebab yang jelas seperti nafsu seks.

Kenapa ereksi spontan bisa terjadi tanpa ada rangsangan?

Kondisi penis ereksi tanpa adanya rangsangan atau gairah seksual disebut ereksi spontan. Ereksi spontan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, terutama pada remaja laki-laki yang sedang mengalami pubertas. Pada kebanyakan kasus, penyebabnya adalah perubahan kadar hormon yang dibaca oleh otak sebagai sinyal untuk mengalirkan darah ke area panggul laki-laki.

Ereksi spontan kerap terjadi bahkan ketika seseorang sedang terlelap dan memasuki tahap tidur yang dalam atau REM (rapid eye movement). Ini karena pada tahap tidur REM tubuh Anda sedang memproduksi hormon dalam jumlah besar. Otak pun memberikan perintah bagi darah untuk melaju ke daerah penis. Inilah mengapa kadang pria terbangun dengan kondisi penis yang mengeras.

Pada kasus lain, kadar hormon bisa meningkat kapan saja tanpa Anda kendalikan secara sadar. Maka, ereksi spontan bisa terjadi ketika Anda sedang kerja, mandi, mengemudi, atau bahkan saat makan. Hal ini wajar dan normal, bukan sesuatu yang patut dikhawatirkan. Ereksi spontan tak berarti Anda punya pikiran mesum atau sedang terangsang.

Cara menutupi ereksi spontan saat terjadi di depan umum

Ketika Anda mengalami ereksi spontan di saat-saat yang tidak tepat, ada beberapa trik supaya penis cepat lemas kembali. Jika tak kunjung lemas, Anda bisa mencoba menyembunyikannya. Ini dia cara-cara yang bisa Anda contek.

  • Mengalihkan pikiran. Cobalah untuk memikirkan hal-hal yang membosankan, menyebalkan, atau aneh. Misalnya deadline pekerjaan atau teman sekelas yang bikin emosi.
  • Jalan kaki. Ketika Anda berjalan kaki, tubuh akan mengalirkan darah ke bagian lain, misalnya kaki dan otak. Darah yang tadinya berkumpul di area panggul pun akan pindah ke tempat lain sehingga penis tak lagi ereksi.
  • Menutupi bagian selangkangan. Jika berbagai cara tak berhasil bikin organ intim Anda lemas kembali, usahakan untuk menutupinya dengan jaket, buku, atau tas. Sambil menunggu penis kehilangan ereksi, carilah posisi duduk yang aman dan tidak mengundang perhatian.
  • Pergi ke kamar mandi. Cari kesempatan untuk pergi ke kamar mandi tanpa jadi sorotan orang lain. Cara ini paling aman untuk menghindari rasa malu kalau Anda ketahuan mengalami ereksi spontan di tempat umum.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Menguak Manfaat Power Nap dan Bedanya Dengan Tidur Siang Biasa

Badan lemas, ngantuk, dan mata berat? Itu tandanya Anda butuh tidur siang! Yuk, intip trik power nap ini agar tidur siang lebih berkualitas dan bermanfaat.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Fakta Unik 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Manfaat Buah Melon yang Menyehatkan Tubuh

Suka makan buah melon? Tapi, tahukah Anda kalau manfaat buah melon sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia? Apa saja manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Penyebab Demam Naik Turun Pada Bayi (dan Cara Mengatasinya)

Semua orangtua mungkin panik dan takut menghadapi bayi demam naik turun. Sebenarnya apa yang menyebabkan bayi demam naik turun? Bagaimana mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Anak, Parenting 21/07/2020 . Waktu baca 3 menit

7 Bahan Dalam Krim Anti-Aging yang Perlu Anda Tahu

Produk krim wajah yang populer saat ini adalah jenis anti-aging. Tapi apa saja bahan krim anti-aging yang bisa mencegah penuaan pada kulit Anda?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

lemak paha sulit dihilangkan

Lemak Paha Anda Sulit Dihilangkan? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30/07/2020 . Waktu baca 4 menit
cara tahan lama

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 28/07/2020 . Waktu baca 3 menit
tidur pakai bra

Tidur Sebaiknya Pakai Bra atau Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 28/07/2020 . Waktu baca 4 menit
minum madu

Minum Madu Setelah Minum Obat, Boleh atau Tidak?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27/07/2020 . Waktu baca 3 menit