Banyak pria yang enggan untuk menggunakan kondom ketika melakukan hubungan intim. Bahkan hasil survei yang pernah dilakukan menyatakan bahwa hampir 80% pria selalu mencari alasan untuk tidak pakai kondom saat akan bercinta dengan pasangannya. Sebenarnya, apa sih yang membuat kaum pria enggan menggunakan kondom?

1. Tidak mau pakai kondom karena ukurannya tidak pas

Dari survei yang dilakukan di Amerika Serikat, diketahui bahwa sebanyak 83% pria enggan menggunakan kondom karena alat pengaman tersebut tidak cocok dengan ukuran penisnya. Banyak yang mengaku bahwa kondom yang ada di pasaran cenderung lebih besar ketimbang ukuran penis. Ini membuat kondom terasa longgar atau bahkan kesempitan saat digunakan.

Ya, sebenarnya, Anda bisa memilih ukuran kondom yang sesuai dengan penis. Saat ini, di pasaran sudah banyak produk kondom yang dikemas dalam berbagai ukuran, dari yang paling kecil hingga ekstra besar.   

Selain itu, panjang kondom juga akan berbeda-beda sesuai dengan ukuran kondomnya. Memang, kebanyakan produk kondom memiliki ukuran yang lebih panjang ketimbang penis. Panjang penis pria ketika sedang ereksi rata-rata mencapai 14-15 cm, sementara panjang kondom bisa lebih dari itu, yaitu 17 cm. Hal ini sebenarnya dimaksudkan untuk memberikan ruang untuk menampung air mani.

Jadi, lebih baik untuk menggunakan kondom dan menyesuaikan ukuran Mr. P dengan kondom, agar hubungan seks tetap nikmat.

2. Takut mengurangi kenikmatan seks

Alasan utama banyak pria tak ingin pakai kondom adalah mereka tak ingin kenikmatan saat bercinta berkurang. Sebagian besar pria menganggap kalau kondom hanya akan mengganggu ketika berhubungan seks, karena mereka merasa ada penghalang antara penis dengan vagina.

Padahal, saat ini sudah ada produk kondom yang dibuat setipis mungkin – tapi tetap kuat dan tidak mudah robek. Kondom tipis ini juga membuat sensasi bercinta tetap sama, bahkan Anda juga bisa memilih kondom variasi bentuk seperti misalnya kondom bergerigi dan kondom berulir, yang malah akan menambah kenikmatan seks.

3. Berpikir pasangannya tak akan menularkan penyakit kelamin

Salah satu alasan mengapa kondom perlu digunakan adalah untuk mencegah berbagai penyakit kelamin. Nah, sayangnya banyak kaum pria yang merasa ia kebal dari penularan penyakit tersebut.

Sebagian dari mereka merasa sangat percaya diri bahwa mereka tidak akan pernah tertular penyakit, sehingga tak takut akan hal itu. Atau bahkan pria sudah merasa tahu dan nyaman dengan pasangannya, sehingga percaya bahwa pasangannya tidak memiliki penyakit kelamin.

Sebenarnya, penyakit menular seksual sangat mungkin dan besar peluangnya untuk menular ketika Anda tidak menggunakan kondom. Banyak penyakit seks yang tidak menunjukkan gejala apapun pada awal penularan dan biasanya ditemukan ketika penyakit tersebut sudah cukup parah.

Maka dari itu, sebaiknya tetaplah gunakan kondom setiap Anda bercinta agar hubungan seks tetap aman, nikmat, dan tentunya menyenangkan.

4. Takut gairah berkurang

Banyak pria menganggap bahwa memakai kondom itu butuh waktu dan bisa menghambat ejakulasi. Apalagi, ketika ia sedang sangat bergairah dan harus menghabiskan waktu untuk memakai kondom.

Padahal, hal tersebut tak sepenuhnya benar. Anda tak memerlukan waktu selama itu untuk menggunakan kondom, hanya butuh waktu kurang dari setengah menit untuk memasangnya. Namun, pastikan kalau memang Anda sudah tahu bagaimana cara penggunaannya, agar tidak merusak gairah Anda saat ingin bercinta dengan pasangan.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca