Beberapa Cara Mengatasi Ambeien Pada Lansia

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Ambeien dapat menyebabkan terjadinya gejala anemia seperti sering kelelahan dan kulit pucat akibat kehilangan darah. Apalagi untuk lansia yang memang tubuhnya mengalami penurunan secara alamiah. Ambeien umumnya terjadi pada orang dewasa yang berusia 45 tahun ke atas dan usia lansia. Maka itu, cara mengatasi ambeien pada lansia harus dilakukan dengan tepat. Lantas, bagaimana caranya?

Apa tandanya kalau lansia mengalami ambeien?

Ambeien atau wasir adalah kondisi saat pembuluh darah vena di bagian bahwa anus dan rektum membengkak.Wasir akan membuat orang jadi kesulitan duduk akibat nyeri dan rasa tidak nyaman ketika tertekan.

Meskipun wasir menyakitkan, wasir bukan penyakit yang mengancam jiwa dan bisa sembuh dengan sendirinya. Meskipun begitu, tetap diperlukan perawatan khusus untuk meredam gejalanya yang timbul, dan pada beberapa kasus dibutuhkan tindakan medis khusus.

Sebenarnya, tanda dan gejala ambeien pada lansia sama dengan yang terjadi pada kelompok umur lainnya. Dilansir dalam laman Healthline, perhatikan gejala yang  muncul, seperti:

  • Gatal yang ekstrim di sekitar anus
  • Iritasi dan nyeri di sekitar anus
  • Ada benjolan gatal, nyeri, atau bengkak di dekat anus.
  • BAB berdarah merah terang

Cara mengatasi ambeien untuk lansia di rumah

Pada umumnya cara mengatasi ambeien untuk lansia tidak jauh berbeda dengan yang lainnya. Perawatan yang bisa dilakukan di rumah lebih bertujuan untuk mengurangi rasa sakit dan gejala lainnya yang diakibatkan oleh ambeien, bukan menghilangkan ambeien.

Beberapa cara mengatasi ambeien pada lansia yakni:

  • Berendam dalam bak air hangat,  setidaknya 20 menit setiap hari supaya meringankan rasa sakit. Menambahkan garam epsom juga bisa jadi alternatif untuk membantu mengurangi rasa nyeri.
  • Gunakan obat penghilang rasa nyeri atau krim, jika rasa nyeri tidak kunjung sembuh.  Salep seperti hidrokortison atau krim hemoroid dapat meredakan rasa gatal dan perih.
  • Konsumsi banyak serat dari sayur dan buah. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah sembelit, sehingga Anda tidak perlu mengejan ketika BAB dan menyebabkan rasa sakit.
  • Kompres dingin pada anus, supaya mengurangi pembengkakan wasir. Selalu bungkus es yang akan ditempelkan dengan kain atau handuk dan lakukan setiap 15 menit sekali. Jangan langsung menempelkannya ke kulit.
  • Penghilang nyeri seperti ibuprofen, aspirin, atau acetaminophen juga bisa mengurangi rasa sakit.
  • Jangan menahan BAB. Terkadang beberapa lansia memiliki rangsangan untuk BAB tidak sesensitif orang yang masih muda. Semakin ditahan maka ini akan membuat semakin tegang dan tekanan pada daerah anus semakin besar.
  • Saat BAB di tempat yang duduk, alasi kaki dengan bangku pendek. Posisi ini bertujuan untuk mengangkat lutut Anda saat duduk di toilet. Mengubah posisi ini bisa membantu gerakan usus lebih mudah mengeluarkan feses.

Cara mengatasi ambeien secara medis

Jika perawatan di rumah tidak membantu memperbaiki kondisi wasir Anda, Anda mungkin disarankan untuk mendapatkan tindakan khusus.

1. Ligasi pita karet

Ini adalah teknik menghilangkan hemoroid secara non-bedah ini yang paling umum dilakukan.

Prosedur ini melibatkan dokter yang akan memotong bagian wasir. Pita elastis akan dipasang pada pangkal wasir untuk memotong suplai darah. Dengan tidak adanya jalan untuk menyuplai darah, ini akan membuat wasir lama kelamaan akan terpaksa menyusut.

2. Skleroterapi

Jika bukan menggunakan ligasi pita karet, dokter juga bisa melakukan terapi injeksi skleroterapi. Dokter akan menyuntik bagian wasir. Penyuntikan dengan obat ini akan membuat timbulnya bekas luka yang bisa memotong suplai darah ke bagian wasir.

3. Operasi

Pembedahan untuk mengangkat wasir juga mungkin dilakukan yang dikenal dengan hemoroidektomi. Pada operasi ini dilakukan pengangkatan lengkap bagian wasir yang menimbulkan rasa nyeri.

Sebaiknya jika lansia mengalami ambeien, segera konsultasikan ke dokter. Setiap lansia mungkin akan mengalami tingkat keparahan ambeien yang berbeda, maka itu untuk mengetahui pengobatan seperti apa yang paling tepat, Anda harus konsultasikan ke dokter.

Beberapa lansia mungkin hanya memerlukan pengobatan sederhana di rumah, tapi jika gejala sudah parah sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca