Yakin Tangan Anda Sudah Bersih dari Bakteri Penyakit?

Oleh

Seberapa sering Anda mencuci tangan dalam sehari? Apakah sering? Atau malah jarang? Anda mungkin sudah tahu bahwa sebaiknya cuci tangan sebelum makan atau setelah dari kamar mandi. Tetapi apakah hanya saat itu saja Anda mencuci tangan? Tahukah Anda seberapa banyak kuman, parasit, dan bakteri penyakit yang ada di tangan Anda?

Seberapa kotor tangan Anda hingga menyebabkan penyakit infeksi?

Kulit adalah pertahanan pertama yang dimiliki tubuh untuk mempertahankan tubuh dari serangan zat asing dari luar, termasuk kuman, parasit, dan bakteri penyakit. Bakteri memang ada yang menyebabkan penyakit dan ada juga yang tidak berbahaya. Menurut para ahli bahkan menyatakan bahwa kulit manusia memiliki sebanyak 10 juta per cm2 bakteri non-patogen dan tidak berbahaya. Lalu bagaimana dengan bakteri yang berbahaya dan menyebabkan penyakit?

Tanpa Anda sadari, tangan Anda sebenarnya penuh dengan berbagai macam kuman dan bakteri yang dapat mengakibatkan penyakit infeksi jika masuk ke dalam tubuh. Bakteri penyakit maupun non-penyakit bisa Anda dapatkan dari manapun. Karena ukurannya yang kecil, bakteri penyakit tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Sehingga, Anda tidak tahu dan tidak bisa melihat seberapa banyak bakteri di tangan Anda.

Banyak hal yang membuat tangan kotor dan mengandung bakteri, contohnya seperti bersalaman. Bahkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nursing tahun 2011 menunjukkan bahwa melakukan salaman dengan orang lain walaupun hanya beberapa detik saja dapat menyebabkan bakteri penyakit berpindah serta menyebar.

Dari sebuah penelitian lain yang dilakukan oleh para peneliti dari Queen Mary University of London, menyatakan bahwa semua responden yang ikut penelitian tersebut memiliki bakteri dan kuman pada bagian tangannya dan setidaknya terdapat 26-30% bakteri yang berasal dari kotoran hewan ataupun manusia. Bahkan 25% dari responden tersebut mengalami kontaminasi bakteri yang parah, karena di tangannya jumlah bakteri yang ditemukan 2-3 kali lipat dibandingkan dengan responden yang lainnya.

Kenapa mencuci tangan bisa mencegah penyakit infeksi?

Tahukah Anda bahwa ternyata sebesar 80% penyakit infeksi dapat ditularkan melalui sentuhan dan kontak dengan objek yang telah terkontaminasi. Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dapat menjaga kita dari penyakit infeksi, karena:

  • Orang sangat sering menyentuh wajah mereka, seperti hidung, mata, dan mulut tanpa mereka sadari. Padahal bakteri dan kuman penyakit sangat mudah masuk ke dalam tubuh melalui semua indera tersebut dan akhirnya membuat kita sakit.
  • Bakteri penyakit dan kuman yang ada pada tangan yang tidak dicuci, akan masuk ke dalam makanan dan minuman ketika seseorang sedang menyiapkan makanan atau saat mengonsumsinya. Bahkan, bakteri dan kuman tersebut dapat memperbanyak diri jika ada di dalam beberapa jenis makanan atau minuman tertentu.
  • Bakteri penyakit dan kuman yang terdapat pada tangan yang tidak bersih, bisa ditularkan ke berbagai objek atau barang yang akan dipegang oleh orang lain, seperti meja, mainan anak, atau bahkan tangan orang lain ketika Anda melakukan kontak dengan orang tersebut.

Bahkan menurut Centers for Disease Control and Prevention menyatakan bahwa kebiasaan mencuci tangan dapat menurunkan tingkat diare pada suatu komunitas hingga 31%. Selain itu, mencuci tangan juga dapat menurunkan tingkat kejadian penyakit infeksi saluran nafas sekitar 16-21% dari total populasi.

Lalu seberapa sering kita harus mencuci tangan?

Menurut Global Hygiene Council, Anda harus mencuci tangan tidak kurang dari 7 kali dalam sehari. Jika Anda makan setidaknya 3 kali sehari maka Anda harus mencuci tangan sebelum maka dan hal ini membuat Anda mencuci tangan 3-4 kali dalam satu hari. Belum lagi jika Anda ke kamar mandi, buang air kecil atau BAB maka Anda semakin sering mencuci tangan. Sehingga bisa dikatakan bahwa Anda harus mencuci tangan kurang lebih 10 kali dalam sehari.

Sebenarnya, bukan hanya sekadar mencuci tangan saja, tetapi cara mencuci tangan yang baik dan benar harus Anda lakukan agar bakteri dan kuman yang ada di tangan benar-benar menghilang. Pakailah air mengalir dan sabun yang bersih kemudian ikuti langkah mencuci tangan yang benar. Setelah mencuci tangan, segera keringkan tangan Anda karena tangan yang basah 1000 kali lebih mungkin untuk menyebarkan bakteri penyakit dibandingkan dengan tangan yang kering.

BACA JUGA:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca