Kupas Tuntas Manfaat Vitamin B1 (Tiamin) Plus Sumber Makanan Terbaiknya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 25 April 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Vitamin B1, sering juga disebut tiamin, berperan penting untuk mengubah asupan karbohidrat dari makanan menjadi energi. Jadi kalau Anda kekurangan vitamin B1, tubuh akan cepat lelah dan tidak bertenaga. Memangnya apa saja manfaat vitamin B1 dan dari mana saja vitamin ini bisa didapatkan? Yuk, cari tahu lewat ulasan berikut ini.

Vitamin B1 itu apa, sih?

Vitamin B1 atau tiamin adalah jenis vitamin B yang berfungsi untuk mengubah asupan karbohidrat menjadi energi. Karena vitamin B1 larut air, vitamin ini akan dibawa oleh aliran darah untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Khususnya untuk menjaga fungsi sistem saraf, jantung, dan otot agar bekerja dengan baik.

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa bisa disebut vitamin B1, vitamin B2, hingga vitamin B12? Faktanya, vitamin B1 adalah jenis vitamin B pertama yang ditemukan oleh para ilmuwan. Karena itulah, jenis vitamin B ini diberikan angka satu untuk membedakannya dengan jenis vitamin B yang lain.

Apa saja manfaat vitamin B1 untuk kesehatan?

meningkatkan fungsi kognitif otak memperkuat memori

Manfaat vitamin B1 yang paling penting adalah membantu mencegah komplikasi pada organ tubuh, terutama pada sistem saraf, otak, jantung, lambung, dan usus. Pasalnya, vitamin B1 ini akan diserap oleh elektrolit untuk menjaga fungsi sel-sel otot dan saraf tubuh.

Selain itu, berbagai manfaat vitamin B1 adalah:

1. Mencegah beri-beri

Manfaat vitamin B1 paling penting untuk mencegah penyakit beri-beri. Penyakit ini terjadi karena tubuh tidak dapat mengubah asupan karbohidrat dari makanan menjadi energi. Akibatnya, hal ini memicu penumpukan asam piruvat dalam aliran darah dan menyebabkan beri-beri.

Gejala penyakit beri-beri meliputi penurunan fungsi otot, sesak napas, detak jantung meningkat, kaki bengkak, mual, hingga sulit berbicara. Penyakit ini sering kali memicu masalah kesehatan lainnya, termasuk gangguan jantung dan sistem pencernaan.

2. Meningkatkan fungsi kognitif pada penderita Alzheimer

Dikutip dari Livescience, vitamin B1 dapat membantu memperbaiki fungsi otak, khususnya pada penderita penyakit Alzheimer. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Vietnamese American Medical Research Foundation yang melaporkan bahwa asupan vitamin B1 dapat meningkatkan fungsi kognitif pada pasien Alzheimer.

3. Mengurangi stres

Tiamin alias vitamin B1 sering disebut sebagai vitamin antistres. Menurut dr. Sherry Ross, seorang spesialis kandungan sekaligus ahli kesehatan wanita dari Providence Saint John’s Health Center di Santa Monica, California, asupan tiamin dapat membantu mengendalikan suasana hati dan gangguan fisiologis akibat stres.

Dengan asupan vitamin B1 yang cukup, orang yang mudah stres akan merasa lebih tenang, berpikir positif, dan lebih sanggup melawan stres yang mengganggu pikirannya.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Banyak atlet yang mengandalkan suplemen tiamin untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Selain menjaga sistem imun tubuh, manfaat vitamin B1 dalam bentuk suplemen juga dapat membantu meringankan berbagai penyakit yang meliputi:

  • HIV/ AIDS
  • Sariawan
  • Katarak
  • Glaukoma dan gangguan penglihatan lainnya
  • Kanker serviks
  • Diabetes
  • Stres
  • Penyakit jantung
  • Gangguan ginjal pada pasien diabetes tipe 2
  • Mabuk
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Meski demikian, manfaat vitamin B1 untuk mencegah atau meringankan penyakit-penyakit yang disebutkan di atas masih harus diteliti lebih lanjut oleh para ahli untuk membuktikannya.

Berbagai sumber makanan terbaik yang memberikan manfaat vitamin B1

vitamin supaya cepat hamil

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, jumlah kebutuhan vitamin B1 harian orang dewasa (usia 16 sampai 49 tahun) berkisar antara 1,1 sampai 1,4 miligram.

Meskipun jumlahnya sangat sedikit, Anda mungkin saja mengalami kekurangan vitamin B1. Apalagi kalau Anda terkena diabetes atau HIV/AIDS, menggunakan obat diuretik dalam dosis tinggi, kecanduan alkohol, atau berusia lanjut.

Vitamin B1 juga tidak diproduksi ataupun disimpan dalam tubuh. Karena itulah, Anda membutuhkan asupan vitamin B1 dari luar yang berasal dari makanan.

Beragam makanan sumber vitamin B1 meliputi:

  • Daging
  • Telur
  • Kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan lentil
  • Gandum utuh yang diperkaya vitamin B1 seperti sereal, roti, dan pasta
  • Nasi
  • Sayur dan buah-buahan seperti kembang kol, jeruk, dan kentang

Supaya manfaat vitamin B1 ini dapat diserap secara maksimal, hindari minum teh dan kopi bersamaan dengan makan makanan sumber vitamin B1. Pasalnya, teh dan kopi mengandung tanin, bahan kimia yang dapat mengganggu penyerapan vitamin B1 dalam tubuh.

Selain lewat makanan, Anda juga bisa meraup manfaat vitamin B1 lewat suplemen. Akan tetapi, konsultasikan dulu ke dokter untuk mengetahui dosis yang tepat buat Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Antara Dada dan Paha Ayam, Mana yang Lebih Banyak Gizinya?

Paha ayam lebih murah dan lebih mudah untuk diolah. Di sisi lain, dada ayam lebih ekonomis karena dagingnya lebih banyak. Bagaimana dari sisi kesehatannya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Nutrisi, Hidup Sehat 1 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Kaki Kram Terus? Mungkin Anda Kekurangan 6 Nutrisi Ini

Bangun tidur tiba-tiba kaki kram? Duh, pasti mengganggu sekali! Pastikan kram tak kambuh lagi dengan meningkatkan asupan beragam nutrisi penting ini, ya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 26 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Penuhi Nutrisi Ini untuk Mencegah Penularan Coronavirus saat New Normal

Nutrisi memegang peranan yang besar untuk mencegah kemungkinan risiko COVID-19. Yuk, cari tahu nutrisi utama yang perlu ditambahkan dalam menu harian Anda.

Ditulis oleh: Maria Amanda
Nutrisi, Hidup Sehat 30 Juli 2020 . Waktu baca 9 menit

13 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk

Banyak yang mengira makan makanan sehat itu susah dan perlu banyak usaha, jadi orang yang sibuk tidak akan bisa. Padahal, kenyataannya tidak begitu.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Nutrisi, Hidup Sehat 22 Juli 2020 . Waktu baca 12 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
wanita aktif karena rutin berolahraga dan mengonsumsi suplemen cegah osteoporosis

Cari 3 Kandungan Suplemen Ini untuk Cegah Osteoporosis

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
lansia bermain di pantai berkat kesehatan yang baik, seperti menjaga keseimbangan mikrobiota usus dengan probiotik

Begini Peran Penting Probiotik untuk Kesehatan Lansia

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit
multivitamin gummy dewasa

Multivitamin Gummy untuk Dewasa, Benarkah Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit
diet tinggi serat

Panduan Diet Tinggi Serat, Cara Sehat untuk Turunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit