Segudang Khasiat Daun Singawalang (Anamu) untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 19/02/2020 . 5 menit baca
Bagikan sekarang

Sebagai tanaman herbal yang berasal dari hutan Amazon, anamu atau daung singawalang dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, di benua Amerika, tanaman dengan nama latin Petiveria alliacea ini disebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Penasaran dengan khasiat yang ditawarkan oleh tanaman yang tumbuh di Amerika ini? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui manfaatnya. 

Manfaat yang ditawarkan dari tanaman singawalang (anamu)

Pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa anamu atau singawalang mengandung senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Mulai dari antioksidan, antibakteri, hingga antiinflamasi terdapat dalam tumbuhan tersebut. 

Tanaman singawalang juga bisa diolah menjadi beberapa bentuk, seperti teh, kapsul, dan ekstrak. Sebelum memutuskan mana yang hendak Anda pilih, ketahui dulu manfaat tanaman singawalang alias anamu yang sering dipakai dalam dunia pengobatan tradisional berikut ini.

1. Singalawang membantu mengurangi bahaya radikal bebas

Radikal bebas, si penyebab kanker

Salah satu manfaat yang dapat Anda peroleh dari tanaman singawalang adalah membantu mengurangi bahaya radikal bebas. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa antioksidan dalam anamu cukup tinggi. 

Menurut sebuah penelitian dari Journal of Ethnopharmacology, tanaman singawalang memiliki senyawa myricitrin. Myricitrin adalah glikosida flavonoid yang mempunyai sifat antioksidan, analgesik, dan anti-peradangan.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa senyawa antioksidan berperan penting dalam menetralisir senyawa berbahaya yang dihasilkan dari radikal bebas. 

Jika bahaya radikal bebas dibiarkan, tentu dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mulai dari kerusakan sel pada tubuh yang sehat, menjadi sumber penyebab masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, hingga Alzheimer. 

2. Membantu mengurangi rasa sakit

pilek sakit kepala

Selain mengurangi bahaya radikal bebas, manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari tanaman singawalang adalah membantu mengurangi rasa sakit

Singawalang, atau anamu, memiliki manfaat anti-peradangan, sebagaimana disebutkan dalam penelitian terdahulu. Sifat anti-peradangan tersebut cukup berkhasiat untuk membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. 

Pernyataan tersebut juga dibuktikan melalui sebuah penelitian Chinese Journal of Integrative Medicine. Penelitian ini melibatkan tikus yang memiliki asma dan diberikan tanaman singawalang untuk meneliti khasiatnya. 

Hasilnya, ekstrak anamu membantu menghambat peradangan saluran napas, mengatur sitokin, kemokin, dan meningkatkan fungsi paru pada tikus tersebut. 

Walaupun demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk memastikan manfaat singawalang yang satu ini. 

3. Membantu meningkatkan fungsi otak

fungsi otak kecil cerebellum

Tidak hanya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, anamu ternyata juga bisa digunakan untuk meningkatkan fungsi otak

Pada tahun 2015, terdapat sebuah penelitian yang dilansir dalam Journal of Ethnopharmacology yang meneliti manfaat ekstrak daun singawalang pada tikus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak singawalang yang diberikan pada tikus membantu meningkatkan memori jangka panjang. Bahkan, risiko terhadap penyakit Alzheimer pun turut berkurang. 

Walaupun hasilnya terlihat menjanjikan pada hewan, lagi-lagi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut, terutama menggunakan manusia sebagai percobaan. 

Akan tetapi, tidak ada salahnya mengonsumsi ekstrak daun singawalang utnuk mendapatkan khasiat lainnya yang berguna untuk tubuh Anda. 

4. Berpotensi memiliki senyawa antikanker

perawatan kanker paru

Beberapa tahun lalu, tepatnya tahun 2008, terdapat sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa singawalang berpotensi memiliki senyawa antikanker

Pernyataan tersebut didukung dengan fakta bahwa ekstrak singawalang membantu mengaktifkan apoptosis, yaitu kematian sel yang sudah terprogram, dalam sel kanker tertentu. 

Kondisi ini bisa terjadi secara alami ketika sel yang lebih tua mati dan digantikan oleh sel yang lebih baru. 

Jika sel kanker menyerang tubuh, pergantian sel tersebut akan terganggu dan bisa membuat sel kanker bertahan serta berlipat ganda tanpa diperiksa. 

Menurut sebuah penelitian dari Pharmacognosy Reviews, manfaat singawalang bisa digunakan untuk meningkatkan apoptosis. Hasilnya cukup baik pada kanker payudara, kanker usus besar, leukimia, dan melanoma. 

Meskipun terlihat menjanjikan, bukan berarti hal tersebut membuat tanaman anamu benar-benar mengandung senyawa antikanker yang bisa bermanfaat bagi manusia. Hal ini dikarenakan terdapat faktor lainnya yang membuat apoptosis terjadi. 

Selain itu, ada kemungkinan hasil penelitian yang diujicobakan pada manusia dan hewan akan berbeda. 

Dosis aman konsumsi singalawang

pengobatan herbal hipertensi paru

Sama seperti obat-obatan pada umumnya, obat tradisional seperti singalawang pun memiliki batasan tertentu agar tidak kelebihan dosis.

Sebenarnya, sampai saat ini masih belum ada penelitian yang benar-benar memberikan rekomendasi dosis. Sementara ini, sebagian besar label aturan pakai suplemen singalawan memberikan batas dosis antara 400-1.250 mg per hari meskipun belum diketahui apakah dosis tersebut efektif atau tidak.

Hal ini dikarenakan keterbatasan uji coba anamu terhadap manusia membuat para ahli masih belum yakin apa yang akan terjadi ketika dosisnya melebihi aturan pakai.

Sejauh ini beberapa penelitian terhadap hewan memperlihatkan bahwa pemakaian anamu dalam jangka pendek memiliki risiko racun yang cukup rendah. Namun, ketika digunakan dalam waktu yang lama ternyata bisa menimbulkan efek samping tertentu, seperti:

  • rasa mengantuk
  • gelisah dan bingung
  • tubuh bergemataran
  • kejang

Singawalang memang menawarkan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, Anda juga perlu ingat untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum menggunakan singawalang secara rutin.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Manfaat Belajar Bahasa yang Tak Terduga untuk Otak Manusia

Bahasa tak hanya membuat komunikasi menjadi lebih lancar. Ternyata belajar bahasa juga memiliki manfaat untuk kesehatan otak kita.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Fakta Unik 02/05/2019 . 4 menit baca

7 Manfaat Tak Terduga Buah Kesemek untuk Kesehatan

Tak banyak yang tahu seperti apa buah kesemek. Padahal, buah kesemek mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh yang sangat sayang jika dilewatkan.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Fakta Unik 25/04/2019 . 5 menit baca

6 Manfaat Daun Kucai untuk Kesehatan (Psstt.. Bisa Mencegah Kanker!)

Daun kucai yang seing menghiasi mangkok bubur ayam atau dijadikan campuran isi lumpia ternyata bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, lho!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Nutrisi, Hidup Sehat 17/03/2019 . 5 menit baca

4 Manfaat Daun Kenikir, Sayuran yang Kerap Disantap Sebagai Lalapan

Pamor daun kenikir alias ulam raja mungkin memang tidak sepopuler bayam atau kangkung. Namun, potensi manfaat daun kenikir tak boleh dipandang sebelah mata.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 05/03/2019 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat bunga telang

Cantiknya Bunga Telang dengan 4 Manfaatnya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 05/04/2020 . 4 menit baca
manfaat mugwort

Manfaat Tanaman Mugwort untuk Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 17/03/2020 . 3 menit baca

Patikan Kebo, Tanaman Gulma yang Ternyata Banyak Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 15/08/2019 . 5 menit baca
manfaat dlingo

Dlingo, Tanaman Herbal Mirip Daun Pandan Dengan Segudang Keistimewaan

Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2019 . 5 menit baca