home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Mengulik Cryolipolysis untuk Menghilangkan Lemak

Definisi cryolipolysis|Manfaat|Prosedur cryolipolysis|Risiko
Mengulik Cryolipolysis untuk Menghilangkan Lemak

Definisi cryolipolysis

Cryolipolysis adalah sebuah prosedur yang dilakukan untuk menghancurkan lemak. Metode menghilangkan lemak ini melalui proses pendinginan lemak yang disebut sebagai cryolipolysis.

Cara menghilangkan lemak yang satu ini disebut aman dan efektif. Prosedur ini bermula ketika para ahli menyadari bahwa es loli dapat membekukan dan menghilangkan kantong kecil sel lemak pada pipi.

Dari sini, mereka yakin bahwa suhu dingin bisa menghancurkan sel lemak yang ditargetkan tanpa merusak kulit atau jaringan sekitarnya.

Pada saat prosedur ini dilakukan, proses pendinginan dapat mencapai 4°C. Hal ini bertujuan agar sel lemak tubuh hancur dan mengalami proses apoptosis.

Bagaimana peran apoptosis dalam cryolipolysis?

Apoptosis adalah jenis kematian sel yang sudah diatur. Proses ini digunakan oleh organisme multisel untuk membuang sel yang tidak diperlukan tubuh. Umumnya, apoptosis berlangsung seumur hidup dan menguntungkan bagi tubuh.

Pada prosedur cryolipolysis, apoptosis diartikan sebagai sel lemak yang akan mengkristal karena proses pendinginan. Setelah itu, sel lemak akan mati dan dikeluarkan tubuh melalui keringat, urine, dan feses.

Dengan begitu, sel lemak pun akan hilang dengan permanen. Itu sebabnya, metode ini sering digunakan sebagai cara menghilangkan lemak, terutama pada penyandang obesitas.

Manfaat

Apakah cryolipolysis efektif menghilangkan lemak?

Kabar baiknya, cryolipolysis dapat membuang sel lemak sampai 20 – 25% pada daerah yang ditargetkan. Fokus pada metode ini tidak hanya menurunkan berat badan, melainkan juga mengurangi jumlah sel lemak di tubuh.

Hal ini dikarenakan fungsi dari prosedur ini yakni membentuk tubuh yang ideal. Bahkan, pengurangan sel lemak pada area tubuh tertentu lebih terlihat menjanjikan dibandingkan menurunkan berat badan.

Siapa yang cocok menjalani prosedur pembekuan lemak?

Cryolipolysis adalah salah satu cara menghilangkan lemak yang paling aman dan efektif. Namun, prosedur ini hanya ditujukan untuk menghilangkan lemak, bukan menurunkan berat badan.

Orang yang cocok menjalani metode ini yaitu mereka yang sudah mendekati berat badan ideal. Namun, mereka memiliki area lemak yang membandel dan masih bisa ‘dicubit’, sehingga sulit dihilangkan dengan diet atau olahraga saja.

Selain itu, cryolipolysis tidak menghancurkan lemak viseral. Itu sebabnya, cara mengurangi lemak ini tidak akan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Apa bedanya mengurangi lemak dengan menurunkan berat badan?

Pada dasarnya, mengurangi lemak memiliki perbedaan yang cukup terlihat dengan menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan baru akan berhasil jika Anda berhasil mengurangi berat badan yang terdiri dari berat otot, organ, dan kadar air.

Sementara itu, mengurangi lemak akan tercapai ketika Anda menghilangkan jumlah lemak dalam tubuh.

Selain itu, berat badan yang turun bukan berarti lemak akan hilang. Ada kemungkinan tetap menetap di bagian tubuh, seperti perut dan lengan.

Sedangkan mengurangi lemak dapat dikaitkan dengan perubahan penampilan sesungguhnya. Maksudnya, kelebihan sel lemak pada tempat tertentu akan hilang, sehingga tubuh dengan sendirinya terlihat ramping.

Kedua perbedaan ini yang membuat cryolipolysis digunakan oleh orang yang sudah berusaha menghilangkan lemak, tetapi tidak membuahkan hasil. Ada berbagai faktor yang mungkin mendasari hal tersebut, mulai dari genetik hingga penyakit tertentu.

Prosedur cryolipolysis

Setelah menjalani pemeriksaan fisik, dokter akan menganalisis bentuk lemak yang akan dihancurkan. Hal ini dilakukan agar alat untuk yang mengurangi lemak pada area yang ditentukan sesuai dengan ukuran dan kelengkungan tubuh.

Lalu, bantalan gel akan ditempel untuk melindungi kulit. Setelah itu, alat cryolipolysis akan ditempatkan dan bagian lemak yang ingin dihilangkan pun disedot ke dalam lubang pada alat.

Jika suhu pada alat menurun, area penyedotan lemak akan mati rasa. Anda mungkin merasa tidak nyaman akibat tarikan vakum. Untungnya, rasa tidak nyaman tersebut akan hilang dalam beberapa menit.

Normalnya, prosedur ini akan berlangsung selama satu jam. Setelah itu, alat yang mirip penyedot lemak ini mati dan area yang disedot akan dipijat.

Risiko

Cryolipolysis merupakan salah satu metode menghilangkan lemak yang cukup aman dengan tingkat kepuasan yang tinggi. Beberapa risiko dari prosedur ini meliputi:

  • kemerahan pada area yang disedot,
  • tubuh tidak merasa nyaman, dan
  • memar yang akan hilang dalam beberapa jam.

Pada kasus yang jarang, Anda mungkin merasakan nyeri. Bila hal tersebut terjadi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli bedah yang mungkin akan meresepkan obat untuk beberapa hari.

Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi dokter guna memahami solusi yang tepat untuk Anda.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Nonsurgical Fat Reduction: cryolipolysis. (n.d). American Society of Plastic Surgeons. Retrieved 23 February 2021, from https://www.plasticsurgery.org/cosmetic-procedures/nonsurgical-fat-reduction/cryolipolysis 

CRYOLIPOLYSIS FOR EXCESS FAT. (n.d). American Society for Dermatologic Surgery. Retrieved 23 February 2021, from https://www.asds.net/skin-experts/skin-treatments/cryolipolysis/cryolipolysis-for-excess-fat 

Nathan, M., Manstein, D. (2020). The skinny on freezing fat. Harvard Health. Retrieved 23 February 2021, from https://www.health.harvard.edu/blog/the-skinny-on-freezing-fat-2020031218990 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh dr. Dwi Novitasari Diperbarui 10/06/2021