5 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Sebelum Berolahraga

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan

Tidak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsi makanan sebelum berolahraga. Mengisi energi sebelum olahraga memang sangat baik untuk dilakukan. Namun, jika Anda benar-benar mengetahui cara yang tepat untuk menjaga tubuh, Anda pasti akan menghindari beberapa makanan tertentu sebelum menuju ke tempat gym. Makanan junk food seperti french fries, burger, soda, dan lainnya sudah pasti merupakan makanan yang buruk untuk mengawali latihan Anda. Tetapi, apakah Anda tahu bahwa beberapa makanan lain yang menurut Anda sehat, malah akan menjadi senjata mematikan untuk Anda? Untuk mengetahui selengkapnya, mari kita lihat berbagai makanan yang buruk dikonsumsi sebelum berolahraga berikut ini!

Makanan yang buruk dimakan sebelum berolahraga

1. Salad

Salad seharusnya baik untuk dikonsumsi setiap saat, bukan? Tidak juga, tapi sebenarnya ia bukan merupakan makanan yang buruk. Jika Anda makan salad dengan cara yang benar (misalnya, lebih banyak sayuran daripada saus krim dan crouton) maka Anda dapat terlepas dari ketidaknyamanan saat berolahraga. “Salad sangat sehat, tetapi itu bukan pilihan terbaik sebelum berolahraga,” sahut Erica Giovinazzo, seorang ahli gizi dan pelatih di Brick CrossFit New York. “Semua sayuran yang tinggi serat dapat memperlambat pencernaan. Hal ini dapat mengakibatkan perut kembung dan bergas selama olahraga.“

Untuk alasan yang sama, crudité (nama mewah untuk sepiring sayuran hidangan pembuka) juga termasuk makanan yang buruk untuk dikonsumsi sebelum olahraga, menurut Mary Hartley, seorang ahli gizi. Sayuran yang bergizi, seperti kembang kol, brokoli, dan paprika yang tinggi karbohidrat akan menyebabkan perasaan tidak nyaman di perut jika Anda langsung berolahraga setelahnya. Demi kesehatan Anda saat berolahraga, Anda dapat mengonsumsi salad ini beberapa jam sebelum berolahraga atau setelahnya.

2. Pisang mentah

Pisang sering kali merupakan makanan ringan yang selalu dipilih banyak orang sebelum menginjakkan kaki di tempat gym, karena kandungan potassium dan karbohidrat yang ada di dalamnya. Tetapi, jika Anda berencana untuk makan satu sebelum berolahraga, pastikan itu adalah pisang yang matang dan kuning, dan tidak terlihat seperti baru dipetik dari pohon. Alasannya adalah karena pisang hijau mentah memiliki kadar pati yang tinggi, sehingga sulit untuk dicerna.

Hartley mengatakan bahwa pisang yang masih belum matang dapat menyebabkan kembung. Sebaliknya, pisang yang matang (mungkin dengan beberapa bintik coklat di kulitnya) adalah pilihan terbaik. Hal ini karena, proses pematangan telah dikonversi dari pati menjadi gula yang lebih mudah diserap dan digunakan oleh tubuh Anda sebagai bahan bakar latihan.

3. Makanan tinggi lemak

Anda harus menghindari makanan yang tinggi lemak seperti burger, cheesecake, dan sebagainya. Namun, makanan sehat yang memiliki lemak sehat tinggi juga akan menurunkan performa latihan, seperti keju, almond, dan alpukat. Lemak berubah menjadi energi pada tingkat yang jauh lebih lambat dibandingkan dengan karbohidrat dan protein, sehingga Anda akan sulit menggunakan energi untuk berolahraga. Meskipun alpukat dikenal sebagai penurun berat badan, namun serat tambahan di dalamnya juga memberikan kontribusi tinggi untuk membuat perut kembung dan penuh gas.

4. Jus buah

Jus dari konsentrat buah merupakan makanan yang buruk untuk dikonsumsi sebelum berolahraga, karena tingkat gula yang tinggi di dalamnya. Namun, es jeruk peras segar kemungkinan akan membuat Anda merasa lelah setelah dua sesi olahraga. Hal ini karena jus buah memiliki banyak gula alami, namun hampir memiliki nol serat untuk membantu menyerap energi. Riska Platt, seorang ahli gizi, menyatakan bahwa Anda lebih baik mengonsumsi apel sebelum latihan. Tetapi, jus jeruk juga dapat menjadi tambahan pasca latihan yang baik untuk memastikan Anda cukup cairan.

5. Minuman berenergi

Kebanyakan minuman berenergi yang berkarbonasi dan penuh gula (atau pemanis buatan), dapat menyebabkan gas, kembung, dan lelah. Bukan berarti mereka merupakan makanan yang buruk untuk Anda, namun mereka tidak pandai menjaga Anda terhidrasi, yang merupakan kunci utama berolahraga. Kafein, teh hijau atau teh hitam dapat membantu jika Anda membutuhkan dorongan pra-latihan.

BACA JUGA:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca