5 Buah-buahan yang Bikin Kita Kenyang Lebih Lama

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16/06/2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Buah merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral, selain sayuran. Disarankan untuk kita semua agar makan buah setiap hari. Di Indonesia, berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang, Anda disarankan untuk makan buah dan sayur setiap hari sebanyak 5 porsi/ hari. Kabar baiknya, buah juga bisa Anda konsumsi jika Anda sedang dalam program menurunkan berat badan.

Apa saja manfaat makan buah-buahan?

Lima porsi sayur dan buah mungkin Anda anggap kebanyakan untuk satu hari, namun hal ini karena Anda belum terbiasa saja. Lagi pula, buah mengandung banyak manfaat, antara lain:

  • Sumber gula sederhana, serat, vitamin, dan mineral.
  • Serat dalam buah berguna untuk membantu menurunkan kolesterol darah dan dapat membantu melancarkan buang air besar, sehingga Anda terhindar dari sembelit.
  • Buah juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, vitamin C, dan antosianin. Antioksidan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh, sehingga membantu Anda terhindar dari penyakit, seperti kanker.
  • Buah dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan juga dapat membantu meremajakan sel-sel dan jaringan dalam tubuh, sehingga turut mencegah Anda dari penuaan.

Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, buah mungkin bisa menjadi salah satu menu wajib bagi Anda. Serat dalam buah mampu membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga Anda akan makan lebih sedikit dalam sehari.

Buah-buahan yang bikin kenyang

Berikut ini merupakan daftar buah yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

  1. Alpukat

    Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal menemukan bahwa makan setengah buah alpukat saat makan siang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama sampai sore hari. Dalam penelitian tersebut juga dikatakan bahwa 22% wanita yang melakukan hal tersebut merasa lebih puas dan sebesar 24% merasa keinginannya menurun untuk makan setelah 3 jam daripada wanita yang tidak makan alpukat saat makan siang.

    Alpukat mengandung serat sekitar 13,5 gram per buahnya, jumlah yang cukup banyak bukan? Selain itu, alpukat juga mengandung lemak tidak jenuh tunggal yang tentu baik untuk tubuh. Makanan yang tinggi serat dan kaya lemak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga rasa lapar akan datang lebih lama. Untuk itu, alpukat merupakan buah yang dapat membantu Anda kenyang lebih lama. Kandungan lemak tidak jenuh tunggal dalam alpukat juga dapat membantu menurunkan kolesterol, sehingga menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung.

    Namun, alpukat mengandung kalori yang tinggi, sehingga pastikan Anda tidak terlalu banyak mengambil buah ini saat memakannya. Makan setengah buah alpukat (sekitar 140 kalori) setiap kali makan sudah cukup untuk Anda.

  2. Apel

    Apel merupakan salah satu buah yang mengandung banyak serat dan bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Jika Anda memakan 1 buah apel sedang dengan kulitnya, Anda telah mengonsumsi serat sebanyak 4,4 gram. Ya, jika Anda makan apel, jangan lupa untuk makan dengan kulitnya juga. Justru di dalam kulit apel terkandung banyak serat dan juga fitokimia yang tentu bermanfaat untuk tubuh.

    Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan bantuan apel, Anda bisa makan apel terlebih dahulu setengah jam sebelum Anda makan. Ini akan membantu Anda untuk makan lebih sedikit. Seperti yang dikatakan oleh Debra Wein, RD, Presiden Wellness Workdays, “Serat dan air dari apel akan membuat Anda kenyang, sehingga Anda akan makan lebih sedikit.”

  3. Pir

    Seperti apel, pir juga mengandung banyak serat jika dimakan dengan kulitnya. Satu buah pir sedang yang dimakan dengan kulitnya mengandung 5,5 gram serat. Jika Anda sedang bosan dengan apel, pir mungkin bisa menjadi penggantinya. Bahkan, pir mengandung serat yang sedikit lebih banyak daripada apel, sehingga dapat membantu Anda kenyang lebih lama.

  4. Raspberry

    Raspberry merupakan salah satu buah yang kaya akan serat. Satu gelas raspberry mengandung serat sekitar 8 gram, ini memberikan sekitar 1/3 kebutuhan serat Anda per hari. Jika setiap hari Anda makan satu gelas raspberry, mungkin Anda bisa memenuhi kebutuhan serat Anda disertai dengan tambahan dari makanan berserat lainnya. Selain kaya serat, raspberry juga kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang tentu dibutuhkan oleh tubuh Anda.

  5. Pisang

    Di Indonesia, pisang sudah biasa menjadi buah yang disajikan setelah makan. Selain karena harganya yang lumayan murah, pisang juga mengandung banyak zat gizi, sehingga bisa menjadi pencuci mulut yang menyehatkan. Selain itu, ternyata buah pisang adalah buah yang bisa mengenyangkan karena kandungan seratnya yang lumayan banyak. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung serat sebanyak 3,1 gram. Jadi, jangan lewatkan untuk makan satu buah pisang setelah makan bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Yang Perlu Anda Tahu Seputar Pangan Rekayasa Genetika

Sudah saatnya kita meluruskan isu-isu seputar pangan rekayasa genetika (PRG) atau genetically modified foods yang penuh kontroversi ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 15/06/2020 . Waktu baca 5 menit

3 Resep Dessert Vegan yang Mudah dan Lezat

Kata siapa seorang vegan tak bisa menikmati berbagai pencuci mulut yang menggugah selera? Tiga dessert vegan yang mudah dibuat ini nikmatnya berani diadu!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 15/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Dua Resep Sorbet, Camilan Segar Sehat yang Mudah Dibuat

Doyan camilan dingin yang manis, tapi takut gemuk kalau keseringan makan es krim? Sudahkah Anda mencoba sorbet? Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, lho!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 14/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Mengulik Serba-Serbi Diet South Beach untuk Menurunkan Berat Badan

Hampir serupa dengan diet Atkins, diet south beach menekankan pola makan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan perbanyak protein.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 05/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

diet eliminasi

Mengenal Diet Eliminasi (Elimination Diet) untuk Tahu Intoleransi Makanan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 05/07/2020 . Waktu baca 5 menit
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit
tidak cepat lapar

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . Waktu baca 5 menit
frozen yogurt vs es krim sehat mana

Frozen Yogurt Versus Es Krim, Lebih Sehat Mana?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 17/06/2020 . Waktu baca 5 menit