Selain Menambah Nafsu Makan, 3 Suplemen Ini Bisa Menaikkan Berat Badan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 09/05/2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Bagi beberapa orang mungkin menaikkan berat badan adalah hal yang mudah, tetapi tidak semua berpikiran sama. Pada beberapa kasus, dibutuhkan pola makan tertentu dan suplemen penambah berat badan agar tujuan mereka berhasil. 

Apa saja zat gizi dalam suplemen yang dapat menambah berat badan seseorang? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Pilihan suplemen penambah berat badan

Bagi orang yang ingin menambah berat badan mungkin didukung oleh beberapa alasan. Entah itu, meningkatkan fungsi keseharian atau ingin lebih menambah massa otot

Masalahnya tidak semua orang dapat menaikkan angka timbangan dengan mudah. Tidak jarang mereka memerlukan suplemen tertentu yang berperan sebagai penambah berat badan seperti berikut.

1. Protein

susu tinggi protein

Salah satu suplemen penambah berat badan yang sangat populer adalah protein. Sudah bukan rahasia umum lagi protein adalah senyawa yang penting untuk menambah massa otot. 

Menurut sebuah penelitian dari jurnal Sports Medicine, suplemen yang mengandung protein dapat menambah massa otot pada orang dewasa yang sering berolahraga. Namun, sangat dianjurkan untuk memperoleh protein dari makanan. 

Walaupun demikian, masih banyak orang yang memandang bahwa suplemen protein sangat membantu mereka untuk menambah berat badan.

Hal ini dikarenakan makanan berprotein cenderung membutuhkan waktu yang laman untuk dikonsumsi dan dicerna. Sedangkan, suplemen protein lebih mudah dimakan di sela-sela jam sibuk. 

Oleh karena itu, banyak beredar suplemen protein yang menawarkan kemudahan bagi mereka yang tidak sempat makan makanan berprotein tinggi. 

Akan tetapi, perlu diingat bahwa untuk menambah berat badan dengan suplemen protein pun harus memenuhi kebutuhan kalori harian Anda. 

2. Kreatin

kreatin adalah

Selain protein, suplemen lainnya yang dapat dijadikan sebagai penambah berat badan adalah kreatin. 

Kreatin merupakan senyawa kimia alami yang diproduksi oleh tubuh. Namun, Anda juga memperolehnya dari makanan dan suplemen. 

Senyawa kimia yang menjadi sumber energi ini ternyata bisa digunakan untuk meningkatkan berat badan. Hal ini pun dibuktikan melalui sebuah penelitian dari Journal of International Society of Sports Nutrition

Di dalam penelitian tersebut disebutkan suplemen kreatin dapat meningkatkan kekuatan dan massa tubuh tanpa lemak jika dilakukan dengan olahraga rutin. 

Senyawa kreatin pun bisa Anda peroleh melalui susu, suplemen, dan daging. Dengan begitu, Anda bisa menambah berat badan untuk meningkatkan fungsi tubuh menjadi lebih baik melalui kreatin. 

3. Zinc

penyerapan vitamin C

Sebenarnya, zinc tidak secara langsung bisa digunakan sebagai suplemen peningkat berat badan. Manusia membutuhkan zinc (seng) sebagai pembentuk protein dan DNA serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. 

Mendapatkan asupan zinc tambahan memang tidak berarti langsung meningkatkan berat badan Anda. Akan tetapi, kehilangan berat badan dan kehilangan nafsu makan berhubungan dengan orang yang kekurangan asupan seng. 

Maka itu, dengan meningkatkan asupan seng untuk tubuh dapat membantu sebagian orang untuk menambah berat badan. 

Walaupun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut apakah kemanjuran dari suplemen zinc untuk menambah berat badan bisa digunakan pada orang yang tidak kekurangan zinc. 

Kenyataannya, suplemen tertentu tidak bisa dijadikan sebagai zat tambahan berat badan satu-satunya. Anda tetap perlu memenuhi kebutuhan kalori harian atau menambah porsi makan agar angka timbangan semakin naik.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kebutuhan Vitamin untuk Balita Usia 2-5 Tahun

Memilih vitamin untuk balita memang harus hati-hati. Kalau salah, bisa sebabkan alergi dan masalah lain. Berikut penjelasan seputar vitamin untuk balita.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Parenting, Nutrisi Anak 13/04/2020 . Waktu baca 8 menit

8 Jenis Suplemen Penambah Energi yang Dapat Mendukung Stamina

Terkadang, Anda memerlukan tambahan energi untuk mendukung stamina tubuh. Apa saja jenis suplemen penambah energi yang dapat dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Hidup Sehat, Tips Sehat 04/04/2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Vitamin Bisa Membantu Cegah Tertular COVID-19?

Dengan semakin banyaknya kasus positif COVID-19, penjualan suplemen dan vitamin ikut meroket. Tapi apakah konsumsi vitamin bisa cegah tertular COVID-19?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 18/03/2020 . Waktu baca 6 menit

Berapa Asupan Karbohidrat untuk Menambah Berat Badan?

Selain protein dan lemak, peningkatan asupan karbohidrat itu perlu untuk membantu menambah berat badan. Namun, berapa jumlah idealnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 26/01/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
protein untuk penderita kanker

4 Manfaat Penting Protein bagi Penderita Kanker

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 27/05/2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
susu formula whey protein untuk anak

Manfaat Protein Whey untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020 . Waktu baca 4 menit
pola makan saat puasa

3 Kunci Mengatur Pola Makan Saat Puasa Supaya Berat Badan Naik

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020 . Waktu baca 4 menit
vitamin pencernaan anak

Vitamin Terbaik untuk Sistem Pencernaan Anak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 23/04/2020 . Waktu baca 6 menit