Suka Makan Greek Yogurt? 6 Kebaikan Ini yang Akan Anda Dapatkan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 25 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Greek yogurt adalah satu dari beberapa jenis pilihan yogurt yang bisa dengan mudah Anda temui di pasar swalayan. Berbeda dengan yogurt jenis lainnya, greek yogurt hadir dengan tekstur kental, tapi tetap lunak sehingga aman dimakan untuk semua usia. Namun, tidak hanya itu saja manfaat greek yogurt yang bisa Anda dapatkan. Penasaran ingin tahu kebaikan apa lagi yang disajikan oleh yogurt dengan tekstur kental ini? Berikut ulasannya.

Berbagai manfaat greek yogurt yang baik untuk tubuh

1. Kandungan protein tinggi

Protein adalah nutrisi penting yang turut menyumbang energi untuk tubuh sekaligus menjalankan beragam fungsi tubuh lainnya. Mencukupi kebutuhan protein akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, fungsi saraf, serta mengatur keseimbangan cairan.

Semua jenis yogurt umumnya kaya akan protein, tapi greek yogurt mengandung protein dua kali lebih banyak dibandingkan dengan yogurt biasa.

Ada 15-20 gram protein yang terkandung dalam 6 ons greek yogurt, jumlah ini setara dengan protein dalam 3 ons daging tanpa lemak. Itulah mengapa greek yogurt bisa jadi alternatif sumber protein yang baik, bagi Anda yang sedang menghindari makan daging.

2. Mengandung probiotik

Kandungan probiotik dalam yogurt memang sudah tidak perlu diragukan lagi, terutama greek yogurt. Probiotik adalah bakteri baik yang akan membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik lainnya di dalam usus. Tak heran, rutin mengonsumsi makanan sumber probiotik bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, serta mengurangi sakit perut dan diare.

Uniknya, tidak hanya menjaga kesehatan sistem pencernaan saja, sebuah penelitian membuktikan bahwa probiotik juga bisa memengaruhi kondisi otak. Mulai dari meredam otak untuk berpikir mengenai kesedihan, hingga memperbaiki pikiran mengenai hal-hal baik, dilansir dari Healthline.

3. Mengandung kalsium tinggi

Manfaat greek yogurt lainnya yang tak kalah menarik yakni kaya akan kandungan kalsium. Ya, kalsium merupakan kunci untuk membangun sekaligus mempertahankan fungsi otot dan tulang yang kuat.

Itu sebabnya, greek yogurt bisa jadi pilihan ideal untuk semua kalangan usia, terlebih orang dewasa atau lanjut usia yang rentan kena osteoporosis.

Lebih dari itu, tekstur greek yogurt yang cenderung tebal dan creamy membuatnya lebih mudah saat dikunyah, khususnya bagi orang lanjut usia yang memiliki masalah saat mengunyah makanan.

4. Rendah laktosa

Berbeda dengan jenis yogurt lainnya, greek yogurt hadir dengan kandungan laktosa yang lebih rendah daripada yogurt biasa. Bahkan, jika Anda memilih greek yogurt yang plain alias tanpa rasa, bisa sama sekali tidak mengandung gula susu.

Alasan inilah yang menjadikan manfaat greek yogurt aman dikonsumsi bagi orang yang tidak toleran terhadap laktosa (intoleransi laktosa).

5. Rendah karbohidrat

Oleh karena greek yogurt mengandung gula yang lebih rendah daripada yogurt lain pada umumnya, maka otomatis total karbohidrat yang terkandung dalam greek yogurt pun akan lebih sedikit pula. Maka itu, greek yogurt merupakan salah satu pilihan makanan sehat untuk Anda yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat.

Pasalnya, kandungan gula dalam greek yogurt berkisar antara 5-8 gram daripada yogurt biasa yang bisa mencapai 12 gram atau lebih.

6. Kaya akan vitamin B-12

Meski hadir dengan kandungan gula yang rendah, namun greek yogurt tetap memberikan vitamin dan mineral yang optimal untuk tubuh. Salah satunya adalah vitamin B-12. Ini karena satu porsi greek yogurt bisa memenuhi hingga 21 persen kebutuhan vitamin B-12 harian Anda.

Disini, vitamin B-12 berperan dalam pembentukan sel darah merah, menunjang fungsi otak, menjaga kesehatan jantung, dan lain sebagainya. Greek yogurt juga bisa menjadi makanan sumber vitamin B-12 lain bagi Anda yang sedang menghindari ikan, daging, telur, dengan kandungan vitamin B-12 yang tidak kalah baik.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

You are already subscribed to notifications.
Sumber

8 Health Benefits of Greek Yogurt. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/greek-yogurt-benefits Diakses pada 10 Oktober 2018.

What Are the Advantages of Greek Yogurt? https://healthyeating.sfgate.com/advantages-greek-yogurt-4078.html Diakses pada 10 Oktober 2018.

Benefits of Greek Yogurt. https://www.livestrong.com/article/86488-benefits-greek-yogurt/ Diakses pada 10 Oktober 2018.

Yang juga perlu Anda baca

Susu VS Yogurt, Mana yang Lebih Menyehatkan Tubuh?

Anda pasti suka minum susu dan makan yogurt, bukan? Namun, berdasarkan tahukah Anda mana yang lebih sehat dari kedua produk susu tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nutrisi, Hidup Sehat 9 Oktober 2019 . Waktu baca 4 menit

Intip 3 Rekomendasi Masker Yogurt Terbaik untuk Kulit

Tidak hanya sebagau camilan, yogurt ternyata bisa juga dibuat jadi bahan masker wajah. Apa saja pilihan masker yogurt yang mudah dibuat? Intip di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Kecantikan 20 Maret 2019 . Waktu baca 4 menit

Meski Sehat, Makan Yoghurt Berlebihan Juga Bisa Timbulkan Dampak Buruk

Yoghurt punya segudang manfaat baik. Itulah mengapa ada orang yang hobi mengonsumsinya setiap hari. Namun, apa jadinya kalau terlalu banyak makan yoghurt?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 31 Desember 2018 . Waktu baca 4 menit

Yuk, Buat Masker Yogurt Sendiri di Rumah Tanpa Mahal dan Ribet!

Yogurt bukan hanya baik untuk sistem pencernaan. Digadang-gadang katanya juga bagus untuk kulit,lho! Yuk, coba resep masker yogurt di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Hidup Sehat, Kecantikan 17 November 2018 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Sebelum Memberikan Yoghurt untuk Bayi, Ini Panduan yang Perlu Dipahami

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

Frozen Yogurt Versus Es Krim, Lebih Sehat Mana?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 17 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Dua Resep Sorbet, Camilan Segar Sehat yang Mudah Dibuat

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

5 Bahan Pengganti Mentega untuk Membuat Kue yang Lebih Sehat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 22 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit