Bolehkah Makan Yogurt dan Minum Susu Berbarengan di Satu Waktu?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Yogurt dan susu merupakan sumber protein yang baik. Satu gelas (8 ons/240 ml) susu sapi standar mengandung sekitar 7,7 gram protein. Dengan takaran serupa, satu porsi yogurt plain mengandung sekitar 7,9 gram protein. Keduanya pun termasuk makanan tinggi kalsium yang baik untuk kekuatan tulang dan gigi. Lantas, apakah boleh minum susu campur yogurt dalam satu waktu untuk mendapatkan manfaatnya berkali lipat?

Minum susu campur yogurt, benarkah lebih sehat dan bermanfaat?

Tidak ada salahnya untuk minum susu campur yogurt di waktu yang bersamaan, jika itu selera Anda dan Anda tidak memiliki masalah pencernaan yang terkait dengan susu — seperti alergi susu atau intoleransi laktosa. Mengonsumsi salah satunya sendirian secara bergantian atau bersama-sama dalam satu waktu juga tidak akan memengaruhi manfaatnya bagi tubuh.

Yang perlu dipahami, baik susu sapi maupun yogurt pada umumnya termasuk makanan tinggi kalori. Dengan takaran porsi yang sama, keduanya bisa mengandung hingga 150 kalori dan 8 gram lemak. Tentunya ini akan semakin menambah asupan kalori harian Anda. Belum ditambah dengan asupan kalori dari makanan pokok Anda dan camilan serta minuman lainnya.

Meski memang kebutuhan kalori harian setiap orang bisa berbeda, asupan kalori yang berlebihan bisa memicu pertambahan berat badan yang tidak perlu. Pada akhirnya, berat badan berlebih dapat meningkatkan risiko Anda terhadap berbagai masalah kesehatan, mulai dari obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung.

Menyiasati cara minum susu campur yogurt agar tetap sehat

Jika Anda tetap ingin minum susu campur yogurt di waktu yang bersamaan, tidak apa. Anda hanya perlu mencari alternatif cara yang lebih aman, agar Anda tetap dapat memanen manfaatnya tanpa harus berurusan dengan risiko dampak buruknya.

Misalnya dengan memilih susu alternatif, seperti susu kambing atau susu nabati (almond, kedelai, dan lainnya) dan dipadukan dengan yogurt minim lemak (low-fat atau nonfat) yang memiliki kadar lemak kurang dari tiga gram. Pilih juga yogurt tanpa varian rasa, alias yang plain. Pasalnya, yogurt berperisa memiliki gula tambahan yang bisa meningkatkan asupan kalori.

Anda juga bisa mengolah keduanya menjadi smoothies sehat dengan campuran buah dan sayuran segar kesukaan Anda. Namun begitu, smoothies pun tetap harus dikonsumsi secukupnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Emma Derbyshire, orang-orang dianjurkan untuk mengonsumsi smoothies tidak lebih dari 150 ml per hari. Hal ini disebabkan karena kandungan nutrisi smmothies tetap berbeda bila dibandingkan dengan nutrisi pada jus buah murni. Kandungan gulanya pun lebih tinggi, karena dipengaruhi oleh berbagai macam bahan yang dimasukkan.

Itu sebabnya, Anda juga tidak disarankan untuk mengonsumsi segala sesuatunya secara berlebihan. Semua yang berlebihan tidaklah baik untuk tubuh.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Payudara Terasa Sakit, Apa Penyebabnya Selalu Kanker?

Penyebab payudara sakit kerap dikaitkan dengan kanker. Namun, apakah anggapan itu benar? Bagaimana penjelasan lengkapnya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kanker Payudara, Kanker 14 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit