5 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Beberapa tahun belakangan ini, buah manggis menjadi populer akibat soundtrack iklan ekstrak kulit manggis yang sering didengar di televisi. Buah yang memiliki rasa manis dan cenderung asam kecut ini, nyatanya memang benar banyak manfaatnya. Bagaimana dengan manfaat kulit manggis? Yuk simak manfaat kulit manggis untuk kesehatan.

Beberapa manfaat kulit manggis

1. Anti alergi dan anti inflamasi

Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa manfaat kulit manggis memiliki kedua zat anti alergi dan anti inflamasi. Sebuah studi tersebut menyatakan jika kandungan pada kulit manggis dapat memperbanyak zat prostaglandin, dan khasiatnya lainnya terbukti ampuh untuk menghambat kadar histamin  dalam tubuh. Manfaat dari prostaglandin sebetulnya berguna dalam meredakan peradangan (anti inflamasi), yang mana keduanya berkaitan dengan penyebab seseorang dapat mudah terkena alergi.

2. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat kulit manggis yang lain adalah dapat mencegah dan menjaga kandungan gula darah yang menyebabkan seseorang dapat terkena kencing manis dini. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan, kandungan kulit manggis, alpha-amylase, sebanding dengan zat acarbose, fungsinya yaitu dapat menghambat enzim yang menyebabkan pati dalam tubuh terurai menjadi glukosa. Kandungan tersebut sama dengan zat yang terdapat dalam resep obat diabetes tipe 2.

Mengapa demikian? Karena kemampuan menurunkan gula darah dari kulit manggis ini berasal dari asam tannic. Senyawa tersebut juga terdapat pada zat kompleks proantosianidin oligomer (OPC). Nah, OPC ini banyak tersedia dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji, bunga dan serat kulit kayu. Selain baik untuk gula darah, OPC pada kulit manggis diketahui berlimpah zat antioksidan. OPC tersebut mengandung zat antibakteri, antivirus, anti kanker, anti inflamasi, anti lergi dan vasodilatasi.

3. Kulit manggis untuk obat jerawat

Manfaat kulit manggis ini baik untuk kulit wajah yang bermasalah. Sebuah studi dari Thailand menyatakan, zat antioksidan  pada kulit manggis ampuh melenyapkan produksi reaktif oksigen yang mengandung zat berbahaya, yang mana dua faktor tersebut mampu memengaruhi pertumbuhan jerawat.

Selain itu, kulit manggis sangat efektif terhadap perlindungan radikal bebas, tetapi juga mampu menekan produksi sitokin pro inflamasi yang berkontribusi terhadap pembentukan jerawat atau peradangan pada kulit.

4. Daging buah manggis yang kaya akan serat

Sekarang, sedikit beralih pada daging buah manggis. Daging buah manggis dapat menjadi sumber yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi buah manggis segar dapat membantu menangkal sembelit dan masalah pencernaan. Secara tidak langsung, dengan mengkonsumsi serat yang ditemukan dalam buah ini, Anda juga meningkatkan asupan prebiotik, yang membantu membuat bakteri probiotik berkembang di dalam usus Anda.

5. Mencegah penyakit jantung

Yang satu ini merupakan manfaat kulit manggis yang paling dicari dan paling berkhasiat bagi tubuh. Dalam kandungan kulitnya, manggis juga mengandung sejumlah mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung, dan tekanan darah. Dengan demikian, kulit buah manggis menawarkan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Yang juga perlu Anda baca

Apa Perbedaan Tekanan Darah di Pagi, Siang, dan Malam Hari?

Pengukuran tekanan darah banyak dianjurkan untuk dilakukan pada pagi hari. Apakah akan ada perbedaan tekanan darah, jika dilakukan di lain waktu?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Panduan Memilih Makanan yang Tepat Kalau Maag Anda Sering Kambuh

Selain mengonsumsi obat, Anda yang memiliki sakit maag juga perlu mengubah pola makan dengan memilah-milah jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Gangguan Pencernaan, Gastritis, Health Centers 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Osteopenia

Osteopenia adalah kondisi pengeroposan tulang sebelum berlanjut menjadi osteoporosis. Yuk, pelajari lebih dalam gejala, penyebab, dan cara mengobatinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 1 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit

Flat Foot (Telapak Kaki Datar)

Normalnya, bagian tengah telapak kaki akan berlekuk. Namun, orang-orang penderita flat feet memiliki telapak kaki datar. Apa efeknya pada kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 1 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

hamil di usia 20-an

Kelebihan dan Kekurangan Hamil di Usia 20-an

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
cepat turun berat badan pagi hari

7 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bikin Cepat Turun Berat Badan

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
berapa banyak makan nasi saat sarapan

Seberapa Banyak Harusnya Porsi Makan Nasi Saat Sarapan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
krim perontok bulu

Menggunakan Krim untuk Menghilangkan Bulu, Amankah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit