Manfaat Mengejutkan Buah Ceri untuk Penderita Asam Urat

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Ceri adalah salah satu buah yang populer karena rasanya yang manis dan mengandung banyak air. Namun ternyata banyak penelitian yang menunjukkan kalau manfaat buah ceri bagi kesehatan sangat banyak! Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang-orang yang menderita asam urat bisa menggurangi setengah terkena risiko serangan berulang dengan makan sekitar 20 ceri sehari. 

Meski penelitian ini tidak membuktikan sebab dan akibat, hanya saja tampaknya ada hubungan antara makan ceri dan risiko yang lebih rendah dari serangan asam urat secara berulang.

Mengonsumsi 20 ceri perhari mampu kurangi nyeri asam urat

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis & Rheumatism meneliti sebanyak 633 partisipan penderita asam urat yang dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 20 ceri dalam sehari selama dua hari. Hasilnya, partisipan yang mengonsumsi ceri 35 persen berisiko rendah terkena asam urat.

Ketika ceri dikombinasikan dengan allopurinol – obat untuk menurunkan kadar asam urat di dalam darah, ini mampu menurunkan risiko serangan asam urat sebanyak 75 persen lebih rendah.

Ekstrak ceri mampu mengurangi 40 persen risiko peradangan

Penyakit asam urat terjadi ketika asam urat menumpuk di dalam tubuh sehingga membentuk kristal dalam sendi dan jaringan di sekitarnya. Hal ini menyebabkan reaksi peradangan sehingga menimbulkan rasa sakit dan pembengkakan.

Umumnya, serangan asam urat cenderung kambuh pada bagian sendi jari kaki, lutut, dan pergelangan kaki. Sebelumnya, pada sebuah penelitian kecil, para peneliti telah menyarankan mengonsumsi ceri dan produk ceri yang dapat mengurangi kadar asam urat dan peradangan dalam tubuh.

Untuk penelitian ini, para peneliti beralih melakukan riset secara online dengan melibatkan 633 partisipan yang mengalami serangan asam urat dalam satu tahun terakhir. Catatan medis para partisipan digunakan untuk mengonfirmasi diagnosis terkait asam urat yang mereka miliki.

Peserta diminta menjawab kuesioner tentang berbagai faktor potensial yang dapat mempengaruhi risiko asam urat, termasuk efek mengonsumsi ceri ataupun ekstrak ceri dalam kurun waktu dua hari sebelum terkena serangan asam urat. Setelah tiga bulan bebas dari peradangan, mereka diminta lagi untuk menjawab pertanyaan yang sama.

Hasilnya adalah :

  • Mengonsumsi dua porsi buah ceri secara rutin selama dua hari terakhir memiliki risiko 50% lebih rendah terkena asam urat
  • Mengonsumsi ekstrak ceri dalam dua hari terakhir memiliki risiko 40% lebih rendah terkena peradangan akibat asam urat

Ceri mengandung antioksidan yang tinggi

Manfaat buah ceri lainnya adalah buah ceri mengandung anthocyanin yaitu pigmen antioksidan yang ditemukan dalam buah-buahan atau sayuran berwarna merah dan keunguan seperti buah ceri, bit, blueberry, raspberry, anggur dan lainnya yang memiliki khasiat menguntungkan.

Antioksidan yang terkandung dalam buah ceri mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan peradangan dan kerusakan sel dan jaringan. Anthocyanin dalam kandungan ceri telah terbukti tidak hanya memiliki antioksidan yang kuat dan berguna meredakan peradangan, tetapi mampu menghambat perkembangan sel kanker.

Satu lagi manfaat buah ceri adalah ceri mampu melawan radikal bebas yang merusak mata. Ceri berfungsi sebagai pengobatan alami untuk degenerasi makula dan pengobatan alami untuk glaukoma karena mengandung antioksidan tinggi yang membantu mencegah kerusakan mata.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca