Yang Harus Anda Tahu Sebelum Menjalani Operasi Kantung Mata

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Kantung mata merupakan salah satu masalah wajah yang sering dialami dan seringkali memengaruhi penampilan dan kepercayaan diri. Parahnya lagi, kantung mata bisa semakin jelas terlihat seiring bertambahnya usia. Ada banyak cara menghilangkan kantung mata di rumah. Tapi satu yang mungkin paling efektif dan hasilnya bisa bertahan lama adalah lewat operasi. Sebelum merogoh kocek demi jalani operasi kantung mata, ada baiknya Anda simak dulu semua info yang perlu anda ketahui sepudah bedah konsmetik yang satu ini. 

Apa penyebab munculnya kantung mata?

Seiring bertambahnya usia, jaringan di sekitar mata termasuk beberapa otot yang mendukung kelopak mata akan melemah. Lemak yang berfungsi untuk mendukung mata akan berpindah menuju kelopak mata bawah, sehingga kelopak tersebut tampak berkantung. Cairan yang berkumpul di kelopak bagian bawah mata Anda juga dapat menyebabkan kantung mata membesar. Selain itu penyebab lainnya adalah akibat kurang tidur, alergi atau dermatitis, dan faktor keturunan.

Sekilas tentang operasi kantung mata

Operasi kantung mata atau biasa disebut blepharoplasty adalah jenis operasi plastik kecil, bukan termasuk prosedur medis gawat darurat, dan dilakukan atas alasan memperbaiki/meningkatkan penampilan wajah secara umum.

Prosedur operasi kelopak mata umumnya dilakukan oleh dokter bedah spesialis optamologis dan oculoplastic, namun dokter bedah umum, dokter bedah mulut dan maksilofasial, serta dokter bedah THT juga bisa melakukan prosedur kosmetik ini.

Operasi kelopak mata bertujuan untuk menghilangkan kelebihan lemak, otot, dan kulit kendur pada daerah mata. Blepharoplasty sendiri memiliki tiga jenis pilihan untuk operasi kantung mata, seperti:

  • Upper blepharoplasty, untuk mengatasi kelopak mata atas yang semakin berkantung dan bergelambir
  • Lower blepharoplasty, untuk mengangkat dan memperbaiki kantung mata
  • Upper and lower blepharoplasty, yang merupakan kombinasi keduanya

Seperti apa proses operasi kantung mata?

Operasi kantung mata dilakukan dengan memotong tepat di bawah bulu mata atau di kelopak mata bawah untuk menghilangkan atau mengatur kelebihan lemak, otot, dan kulit kendur. Selanjutnya, dokter akan menggabungkan kulit dengan jahitan kecil di sepanjang bawah bulu mata atau kelopak mata.

Sebelum melakukan operasi kantung mata, dokter akan berdiskusi terlebih dahulu untuk menjelaskan proses operasi dan berbagai masalah medis, misalnya kesehatan fisik untuk memutuskan pengobatan yang tepat. Lalu, riwayat medis dan pemeriksaan medis juga diperlukan untuk membuat keputusan tentang operasi termasuk jenis anestesi yang digunakan, pemeriksaan mata, risiko-komplikasi yang mungkin terjadi, dan alergi obat-obatan.

Anda harus mengikuti instruksi pra operasi maupun pascaoperasi dengan teliti agar operasi dapat berjalan dengan baik. Bicarakan dengan dokter mengenai risiko operasi kantung mata ini yang meliputi infeksi, mata kering, dan masalah penglihatan lainnya seperti gangguan saluran air mata dan posisi kelopak mata.

Pemulihan pascaoperasi kantung mata

Setelah melakukan operasi, untuk jangka waktu sekitar seminggu atau lebih mungkin Anda akan mengalami nyeri ringan, mati rasa, pembengkakan di sekitar mata, sensasi basah atau kering, iritasi mata, dan sensitivitas ekstrim terhadap cahaya. Mata Anda mungkin juga akan terasa mudah lelah, untuk menguranginya sebaiknya Anda terhindar dari cahaya yang berlebihan, seperti tidur siang atau mengurangi waktu menonton televisi.

Anda harus beristirahat dan melakukan hal-hal berikut ini untuk membantu pemulihan pascaoperasi:

  • Mengompres dingin mata untuk mengurangi pembengkakan mata.
  • Membersihkan kelopak mata dengan lembut menggunakan salep yang sudah diresepkan atau obat tetes mata untuk mencegah mata Anda mengering.
  • Menopang kepala dengan bantal saat tidur selama beberapa hari untuk mengurangi pembengkakan.
  • Memakai kacamata hitam untuk melindungi mata dari iritasi akibat sinar matahari dan angin.
  • Dapat mengonsumsi paracetamol atau obat penghilang rasa sakit lainnya yang diresepkan oleh dokter untuk meringankan rasa sakit.
  • Tidak melakukan aktivitas berat dan berenang untuk beberapa hari.
  • Tidak merokok.
  • Tidak menggunakan lensa kontak dan menggosok mata.

Berapa lama waktu pemulihan operasi kantung mata?

Pemulihan dari operasi kantung mata biasanya memakan waktu beberapa minggu. Dalam dua hari sampai seminggu, jahitan akan dilepas. Kemerahan dan pembengkakan setelah operasi akan memudar seiring berjalannya waktu. Anda mungkin bisa beraktivitas kembali seperti awal sekitar 10 hari setelah operasi. Bagi beberapa orang, proses pemulihan bisa terasa lama dan bisa membuat tidak nyaman, terutama pada awal-awal setelah operasi saat wajah Anda tampak bengkak dan memar.

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk melakukan operasi kantung mata?

Biaya operasi kosmetik mata, seperti operasi kantung mata atau eyelift, pada umumnya bisa dikenakan biaya sekitar Rp 7 juta hingga Rp 30 jutaan — tergantung dari klinik bedah yang Anda pilih.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: September 29, 2017 | Terakhir Diedit: September 25, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca