Cara Mengencangkan Kelopak Mata Atas agar Tidak Sayu

    Cara Mengencangkan Kelopak Mata Atas agar Tidak Sayu

    Kelopak mata mengendur tentu akan memengaruhi tampilan mata secara keseluruhan. Kondisi ini memang kerap terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Untuk menghambatnya, ada cara mengencangkan kelopak mata atas yang bisa Anda lakukan. Apa sajakah itu?

    Cara mengencangkan kelopak mata atas

    Memasuki usia sekitar 20 tahun, tubuh mulai kehilangan kolagen. Saat menginjak usia 40 tahun, Anda bahkan bisa kekurangan 1% dari kolagen tubuh Anda setiap tahun.

    Kehilangan kolagen memicu kulit kelopak mata Anda mengendur.

    Selain itu, ada pula masalah lain yang menyebabkan kelopak mata atas mengendur.

    Beberapa di antaranya, yaitu masalah pada saraf dan otot kelopak mata, efek samping suntik botoks hingga cedera pada kelopak mata.

    Untuk mengatasinya, inilah perawatan kulit untuk mengencangkan kelopak mata atas yang bisa Anda coba.

    1. Kompres teh chamomile

    Bila ingin mencoba cara mengembalikan lipatan kelopak mata secara alami, Anda bisa meletakkan kantung teh chamomile.

    Chamomile berguna untuk menjaga kelembapan pada mata dan kulit di sekitarnya. Hal ini membuat kulit kelopak mata tidak kering sehingga tampak kenyal.

    Teh chamomile mengurangi gejala blefaritis atau penumpukan ketombe dan minyak hingga memicu peradangan pada garis bulu mata.

    Blefaritis ini membuat kelopak mata atas membengkak sehingga tampak turun.

    2. Gunakan produk anti-aging

    Beberapa produk perawatan kulit anti-aging mampu mengurangi kulit kendur akibat proses penuaan. Anda bisa memilih produk dengan kandungan retinol dan dan bakuchiol.

    Mengutip studi terbitan Advances in Dermatology and Allergology (2019), retinol merangsang produksi kolagen sehingga kulit kelopak mata bagian atas pun meningkat.

    Bahan aktif ini pun mengurangi kulit kehilangan air dan kolagen. Diketahui, kulit yang kering pun bisa membuat kekencangan kulit berkurang.

    Sementara itu, bakuchiol bisa berperan sebagai antioksidan. Ini membantu melindungi kulit kelopak mata dari paparan radikal bebas penyebab kulit kendur.

    Bakuchiol pun bisa meningkatkan kelenturan dan kekencangan kulit kelopak mata atas.

    3. Suntik filler

    cara mengencangkan kelopak mata atas dengan suntik filler

    Bila Anda ingin melakukan perawatan dari dokter, Anda bisa mencoba suntik filler.

    Cara mengencangkan kulit kelopak mata atas yang satu ini dilakukan dengan cara menyuntik gel asam hialuronat atau hyaluronic acid.

    Hyaluronic acid membantu meningkatkan volume pada kulit yang mengendur. Jadi, kelopak mata atas akan tampak kenyal.

    Namun, ada beberapa efek samping yang bisa Anda alami, seperti lingkar hitam di mata dan penumpukan cairan di kelopak mata.

    4. Penopang kelopak

    Cara mengencangkan kelopak mata atas yang satu ini menggunakan alat khusus bernama ptosis crutch.

    Penopang ini berbentuk setengah lingkaran dan biasanya disematkan di kacamata. Nantinya, ptosis crutch mengangkat dan menyangga kelopak mata atas yang turun dan kendur.

    Ptosis crutch biasanya digunakan pada orang dengan masalah saraf dan otot di sekitar kelopak, seperti myasthenia gravis.

    5. Operasi kelopak mata

    Jika ingin cara mengencangkan kelopak mata atas yang lebih ekstra, Anda bisa mencoba operasi kelopak mata atau blefaroplasti.

    Operasi ini bisa mengurangi kulit berlebih yang turun dan menarik kulit yang turun. Operasi ini juga membuang lemak berlebih yang ada pada kelopak mata.

    Hal yang perlu digarisbawahi adalah menghilangkan lemak dan kulit berlebih tidak meningkatkan elastisitas kulit. Ini hanya membuat tampilan mata menjadi kencang.

    6. Menangani lemak pada kelopak mata

    Ada dua cara untuk mengatasi lemak pada kelopak mata atas, yaitu membuangnya atau memindahkan posisinya.

    Membuang lemak bisa mengurangi mata sayu pada kelopak mata atas. Namun, ini sebenarnya bisa membuat mata tampak cekung sehingga justru terlihat menua.

    Sementara itu, mengganti posisi pada lemak kelopak mata tidak membuang lemak sepenuhnya.

    Jadi, lemak diatur sedemikian rupa sehingga kulit kelopak mata tetap tampak kenyal dan kencang.

    Cara mengencangkan kelopak mata atas berguna untuk mengurangi tampilan sayu. Selain itu, kulit kendur pun bisa teratasi.

    Perlu diingat, Anda harus mengurangi risiko mengendurnya kulit kelopak mata atas.

    Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu mengurangi mengucek mata, mencegah debu masuk mata, dan menggunakan tabir surya.

    Senam mata yang diyakini efektif mengencangkan kulit mata justru tidak memberikan efek yang signifikan. Lagi pula, kelopak mata setiap harinya sudah berkedip sebanyak 30 ribu kali sehari.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Do Collagen Peptides Actually Work?. (2021). Retrieved 5 August 2022, from https://health.clevelandclinic.org/what-do-collagen-peptides-do/

    Alotaibi, G., Alsukait, S., Alsalman, H., & Turkmani, M. (2022). Eyelid ptosis following botulinum toxin injection treated with brimonidine 0.33% topical gel. JAAD Case Reports, 22, 96-98. doi: 10.1016/j.jdcr.2022.01.019

    Zasada, M., & Budzisz, E. (2019). Retinoids: active molecules influencing skin structure formation in cosmetic and dermatological treatments. Advances in Dermatology and Allergology, 36(4), 392-397. doi: 10.5114/ada.2019.87443

    How To Fix Droopy Eyelids, Circles and Sags. (2022). Retrieved 5 August 2022, from https://health.clevelandclinic.org/the-best-options-for-droopy-eyelids-circles-and-sags/

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Larastining Retno Wulandari Diperbarui Aug 24
    Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro