Cuci Muka Tidak Perlu Selalu Pakai Sabun Muka

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan

Mencuci muka merupakan kegiatan yang wajib dilakukan, terutama bagi Anda yang memakai makeup, Anda yang beraktivitas di luar ruangan, atau Anda yang sering berkeringat. Namun, Anda mungkin pernah mendengar bahwa sabun dan pembersih wajah mengandung komponen berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dalam penggunaan jangka waktu yang panjang, terutama jika Anda menggunakan sabun yang tidak sesuai dengan wajah Anda. Apa saja efek samping penggunaan sabun ketika cuci muka? Bagaimana solusinya? Untuk menemukan jawabannya, mari kita lihat beberapa informasi berikut ini.

Mengapa saya tidak harus menggunakan sabun saat cuci muka?

Alasan 1: Kulit wajah mengandung asam, sedangkan sabun berbasis alkaline (basa)

Pelindung kulit alami Anda mengandung mantel asam. Ketika skala pH menunjukkan angka 7, maka itu adalah netral. Apapun yang berada di bawah angka itu adalah asam, sedangkan yang di atasnya adalah basa. Keseimbangan pH kulit kita adalah antara 4 dan 6,5, bahkan ketika kondisi kulit sangat berminyak. Di sisi lain, sabun mengandung basa yang sangat berlawanan dengan kondisi kulit alami kita. Jadi, jika Anda menggunakan sabun pada kulit  Anda, maka ia akan mengganggu keseimbangan pH dan mantel asam. Itulah yang membuat kondisi kulit wajah Anda lebih buruk. Oleh karena itu, yang terbaik adalah mengurangi penggunaan sabun pada wajah Anda saat mencuci muka.

Alasan 2: Sabun membuat kulit kering

Meskipun kulit Anda sangat berminyak, bukan berarti Anda wajib menggunakan sabun pada wajah Anda. Sabun melucuti kulit dari minyak alami dan membuatnya kencang dan kering. Jika Anda merasa bahwa kulit Anda berminyak, Anda dapat menggunakan pembersih wajah yang khusus untuk kondisi kulit Anda. Sehingga, ia dapat menghilangkan minyak dan kotoran, namun tidak mengganggu keseimbangan pH kulit. Mencuci wajah dengan sabun yang tidak sesuai untuk wajah sama dengan mencuci wajah dengan deterjen.

Alasan 3: Sabun yang salah dapat merusak kulit

Mencuci wajah dengan produk yang salah dapat menyebabkan wajah tampak kusam, lusuh, dan berkerut. Anda harus memakai pembersih wajah yang cocok untuk kulit Anda dan memastikan bahwa seluruh bahan-bahan aman dipakai pada kondisi wajah Anda. Namun, jika Anda memakai sabun atau pembersih yang salah, maka ia akan merusak kulit Anda, meskipun kulit terlihat bersih.

Cobalah mencuci muka dengan menggunakan air saja

Apa yang tidak diketahui oleh banyak orang adalah bahwa kelembapan di kulit Anda tidak datang dari luar. Pada kenyataannya, kelembapan secara alami berasal dari dalam tubuh. Lapisan kulit bagian atas memainkan bagian terpenting untuk itu, namun ketika Anda menggosok wajah Anda menggunakan sabun dan membuatnya berbusa, maka lapisan atas kulit akan mati atau mengalami kerusakan. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa Anda harus mencuci muka dengan air saja.

Langkah 1: Cuci wajah dengan suhu air yang tepat

Tidak semua air cocok digunakan untuk mencuci muka. Air yang terlalu panas atau terlalu dingin akan membuat kulit wajah kering. Untuk itu, Anda hanya dapat menggunakan air yang hangat untuk mencuci muka dengan hanya menggunakan air. Cara yang terbaik adalah dengan merebus air hingga matang agar seluruh kuman mati, lalu diamkan beberapa saat hingga suhu air suam-suam kuku dan terasa nyaman utuk digunakan.

Langkah 2: Tambahkan garam ke dalam air

Garam merupakan antibakteri alami, sehingga segala macam kotoran dan bakteri penyebab jerawat akan hilang jika Anda menambahkannya pada air untuk mencuci muka. Cukup aduk garam pada air, lalu basuh wajah Anda menggunakan itu. Hal ini juga dapat membantu dalam pengelupasan dan pengencangan kulit.

Langkah 3: Oleskan sedikit minyak zaitun pada wajah

Anda dapat melembapkan kulit dengan mengoleskan dua tetes minyak zaitun pada wajah Anda. Biarkan selama 15 menit sebelum Anda mencucinya dengan air hangat. Anda juga dapat membiarkannya selama yang Anda inginkan jika tidak terasa lengket di kulit.

Langkah 4: Tambahkan gula pada air dua kali seminggu

Anda juga dapat mengelupas kulit Anda selama dua kali seminggu dengan menggunakan gula sebagai pengganti garam. Menambahkan gula setidaknya dua kali seminggu dapat membuat hasil yang optimal. Hanya dengan menambahkan segelintir gula ke dalam air dan mengaduknya, lalu mencuci muka menggunakan air tersebut, dapat membuat kulit halus dan elastis.

BACA JUGA:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca