Tips Memanfaatkan Greek Yogurt untuk Rambut dan Wajah

Oleh

Yogurt adalah makanan bernutrisi yang bisa membantu melancarkan pencernaan dan menunjang kebutuhan tubuh akan mineral, seperti kalsium dan zat besi untuk kekuatan tulang, gigi, dan kekebalan tubuh. Salah satu tren yogurt yang sedang digemari oleh banyak orang beberapa tahun belakangan ini adalah greek yogurt.

Apa itu greek yogurt?

Greek yogurt adalah yogurt yang melewati tiga kali proses penyaringan untuk mengurangi kadar airnya, sehingga menghasilkan tekstur yang lebih kental, antara yogurt dan keju. Rasanya asam khas yogurt.

Greek yogurt mengandung protein lebih tinggi daripada yogurt biasa; 170 gram greek yogurt mengandung 20 gram protein, sama dengan setengah dada ayam. Yogurt konvensional hanya mengandung 9 gram protein. Selain itu, yogurt “hipster” ini juga rendah akan karbohidrat, sekitar 8 gram jika dibandingkan dengan yogurt biasa yang mengandung 18 gram karbohidrat.

Greek yogurt untuk kecantikan

Dermatologis asal New York, Dr. Whitney Bowe, mengatakan, properti bakteri baik dalam yogurt tidak hanya baik untuk melawan peradangan usus dan menetralisir racun dalam tubuh, namun juga bisa membuat perbaikan yang signifikan pada penampilan kulit, baik saat dikonsumsi melalui mulut ataupun saat diaplikasikan pada kulit sebagai produk perawatan kecantikan.

Saat kita memenuhi kebutuhan tubuh dengan karbohidrat olahan dan makanan tanpa serat, saluran pencernaan akan berjalan lambat. Hal ini menyebabkan perubahan pada tipe bakteria yang hidup dalam usus. Akibatnya, molekul-molekul “jahat” yang seharusnya tetap tinggal di dalam usus untuk kemudian dibuang, malah akan bocor ke dalam aliran darah dan memicu timbulnya peradangan pada kulit. Peradangan inilah yang kita lihat sebagai jerawat, flek kemerahan, dan area-area kulit kering dan bersisik.

Mengontrol asupan karbohidrat sederhana memang membantu, namun asupan probiotik adalah kunci utama untuk mengembalikan keseimbangan bakteri baik dalam usus Anda — hasilnya, masalah kulit pun akan menghilang.

Greek yogurt untuk wajah

Greek yogurt adalah pelembap yang bagus untuk kulit Anda. Greek yogurt mengandung asam laktat, asam alpha hidroxy yang membantu memperbaiki kulit kering dan kasar dan mencegah penuaan dini seperti garis halus, keriput, dan flek hitam.

Asam laktat membantu melarutkan sel kulit mati yang menumpuk dalam pori wajah, penyebab wajah terlihat kusam dan gelap. Selain itu, asam laktat juga berfungsi untuk mengecilkan pori dan membuat tampilan wajah lebih muda.

Gunakan jenis yogurt polos tanpa tambahan pengawet dan gandum untuk membuat scrub wajah. Aduk dan ratakan adonan ke seluruh wajah Anda. Pijat wajah dengan gerakan memutar dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin.

Alternatifnya, Anda bisa mengoleskan greek yogurt polos ke seluruh wajah dan biarkan selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Untuk meratakan rona wajah, diamkan masker selama 40 menit.

Untuk perawatan jerawat, gosokkan greek yogurt polos langsung ke area jerawat atau tempat-tempat yang rentan terkena jerawat. Diamkan semalaman, cuci muka dengan air dingin di pagi hari.

Greek yogurt untuk rambut

Yogurt, apapun jenisnya, kaya akan protein. Protein adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh pertumbuhan rambut sehat.

Oleskan greek yogurt polos ke rambut dan kulit kepala Anda, Bungkus rambut dengan handuk hangat atau shower cap, biarkan yogurt selama 30 menit hingga benar-benar meresap. Kemudian, cuci rambut Anda seperti biasa.

Properti pelembap dalam yogurt juga bisa Anda manfaatkan sebagai kondisioner alami, pengganti produk botolan yang mengandung bahan aktif berbahaya. Ke dalam sebuah mangkuk, tuangkan greek yogurt polos, gel lidah buaya, dan minyak kelapa secukupnya. Aduk adonan hingga rata. Aplikasikan kondisioner alami ini ke batang rambut Anda, mulai dari tengah hingga ke ujungnya. Diamkan selama 1 jam. Bilas menggunakan shampoo ringan.

Untuk mengatasi rambut rontok, gunakan setengah mangkuk greek yogurt polos yang dicampur dengan santan. Aplikasikan ke seluruh rambut dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Bilas dengan shampoo ringan.

Untuk menguatkan rambut, campurkan greek yogurt polos dengan beberapa tetes jus lemon. Aplikasikan ke kulit kepala dan diamkan selama beberapa saat. Bilas hingga bersih.

BACA JUGA:

Yang juga perlu Anda baca