5 Manfaat Pijat Wajah yang Tak Hanya untuk Kecantikan

    5 Manfaat Pijat Wajah yang Tak Hanya untuk Kecantikan

    Mungkin, sebagian orang berpikir bahwa pijat wajah hanya dilakukan untuk tujuan kecantikan saja. Nyatanya, seperti jenis pijat lain, ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari perawatan yang satu ini. Apa saja manfaat pijat wajah?

    Manfaat pijat wajah untuk kecantikan dan kesehatan

    pijat wajah totok wajah

    Memang, biasanya orang-orang melakukan pijat wajah sebagai rutinitas dari perawatan kulit. Pemijatan ini penting untuk membantu kulit menyerap zat yang terkandung dalam produk skincare seperti serum dan essence.

    Namun, ada pula berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh bila Anda rutin memijat wajah. Berikut beberapa di antaranya.

    1. Bantu menghilangkan kerutan wajah

    Kerut-kerut halus yang timbul dapat membuat tampilan wajah Anda terlihat lebih tua. Banyak pula orang yang mengeluhkan masalah satu ini karena merasa keberadaannya mengganggu penampilan.

    Untungnya, pijat wajah punya manfaat untuk membantu menghilangkan garis senyum dan mencegah kerutan wajah. Bahkan, efeknya sudah pernah terbukti pada penelitian kecil yang terbit pada 2017.

    Dalam penelitian tersebut, peserta yang menggunakan krim anti-penuaan dengan pemijatan setelahnya berhasil mengurangi tampilan keriput serta mengalami perbaikan pada tekstur kulit daripada peserta yang tidak melakukan pemijatan.

    2. Melancarkan aliran darah pada wajah

    kesalahan memakai sunscreen
    Sumber: IStockPhoto

    Pijat wajah juga memiliki efek yang positif untuk aliran darah dalam kulit. Pemijatan dapat membantu melancarkan sirkulasi dan melebarkan pembuluh darah pada kulit wajah.

    Lancarnya sirkulasi dapat mempermudah aliran darah yang membawa nutrisi serta membuang racun, sehingga bisa memperbaiki tampilan kulit wajah Anda.

    3. Bantu mengatasi jerawat

    Jerawat termasuk masalah kulit yang sering dialami. Kemunculannya disebabkan banyak faktor, seperti hormon dan konsumsi obat-obatan tertentu. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jerawat, salah satunya pijat wajah.

    Masih berhubungan dengan manfaatnya yang dapat memperlancar sirkulasi darah, nutrisi yang terkandung dalam darah akan membantu membuang racun-racun penyebab munculnya jerawat.

    Pijat juga bisa membantu menyeimbangkan kadar hormon di kulit dan mengendalikan produksi sebum. Gerakan memijatnya akan membuka folikel tempat minyak dan bakteri yang terperangkap.

    4. Pijat wajah untuk bantu mengatasi gejala TMD

    sakit atau nyeri rahang

    Temporomandibular joint disorder (TMD) yakni kondisi ketika sendi temporomandibular mengalami gangguan. Temporomandibular merupakan sendi yang menghubungkan rahang dan tulang tengkorak dekat telinga.

    Bila sendi ini mengalami gangguan, akan muncul gejala seperti nyeri di area rahang dan wajah, kesulitan saat membuka mulut lebih lebar, serta rahang yang “macet” alias terkunci dan tidak bisa digerakkan dalam posisi terbuka atau tertutup.

    Selain minum obat penghilang nyeri, Anda juga bisa mencoba memijat wajah saat gejalanya mulai muncul. Pijatan ini disebut sebagai TMJ trigger point massage. Yang boleh melakukan pijat wajah ini hanya dokter atau terapis yang tersertifikasi.

    5. Bantu mengatasi gejala sinusitis

    Gejala sinusitis kerap membuat penderitanya sulit bernapas karena hidung tersumbat. Belum lagi, area sekitar mata dan wajah yang bengkak tentu terasa tidak nyaman. Untungnya, Anda bisa mengatasinya dengan memberi sedikit pijatan pada wajah.

    Pijat wajah dapat membantu meredakan rasa nyeri, hidung tersumbat, meredakan sakit kepala, serta bantu mendorong lendir agar lebih mudah keluar.

    Meski demikian, manfaat yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan keefektifannya dalam mengatasi gejala sinusitis.

    Cara melakukan pijat wajah

    pijatan dan titik pijat untuk sakit kepala

    Anda tak harus pergi ke salon kecantikan. Pijat wajah bisa Anda lakukan sendiri, terutama setelah menggunakan produk perawatan wajah. Anda cukup memijat wajah selama 1 – 2 menit. Teknik memijat wajah pun berbeda-beda pada setiap orang.

    Yang paling umum yaitu memijat dengan ujung jari. Caranya, gunakan telapak tangan dan ujung jari untuk memijat sisi wajah, mulai dari dagu hingga ke dahi. Lalu, gunakan ujung jari dan gerakkan secara melingkar dari area pipi, kemudian naik ke pelipis.

    Cara lainnya, pijat wajah dengan memulai dari bagian hidung dan gerakkan melintasi pipi ke telinga.

    Ingat, Anda hanya boleh memijat sendiri jika tujuannya untuk menjaga kesehatan kulit. Bila tujuannya untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu seperti sinusitis atau TMD, silakan hubungi dokter atau terapis yang ahli dalam bidangnya.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Patricia Lukas Goentoro

    General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


    Ditulis oleh Winona Katyusha · Tanggal diperbarui 20/04/2021

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan