Mengulas Manfaat Vitamin C untuk Kulit Wajah

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 April 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Vitamin C adalah salah satu bahan yang banyak digunakan dalam produk perawatan kulit. Namun, apakah Anda tahu apa saja manfaatnya yang telah terbukti secara ilmiah? Agar tidak keliru, saya akan membahas berbagai manfaat vitamin C untuk kulit wajah plus cara memilih produk yang tepat agar Anda tidak salah pilih.

Beragam manfaat vitamin C untuk kulit wajah

Jangan hanya mendengar apa kata orang, berikut ini berbagai manfaat vitamin C untuk kulit wajah yang telah terbukti melalui penelitian:

1. Merawat kulit dari kerusakan sinar matahari

Vitamin C termasuk salah satu antioksidan kuat yang dapat digunakan secara langsung di kulit wajah. Tujuannya adalah untuk merawat dan mengatasi masalah kulit akibat paparan sinar matahari. Hal ini karena antioksidan di dalam vitamin C bisa melawan radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab kerusakan kulit.

Radikal bebas terbentuk saat kulit terpapar sinar ultraviolet. Kondisi ini terjadi ketika oksigen berinteraksi dengan beberapa molekul di dalam kulit. Molekul ini kemudian masuk ke tubuh dan bereaksi dengan DNA hingga mengakibatkan kerusakan sel.

Oleh karena itu, memberikan perlindungan dari luar dan dalam dengan produk yang mengandung vitamin C bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan.

2. Mencerahkan kulit wajah

Sudah bukan rahasia, salah satu manfaat vitamin C untuk kulit wajah adalah mencerahkannya. Vitamin C mampu menghambat kerja melanosit (sel yang memproduksi warna gelap di kulit). Dengan begitu, menggunakan produk berbahan dasar vitamin C bisa membantu mencerahkan wajah Anda yang terlihat kusam.

3. Membantu melawan penuaan

Vitamin C termasuk senyawa yang bisa meningkatkan biosintesis kolagen di kulit. Hal ini bertujuan untuk membuat kulit menjadi lebih kenyal. Tak hanya itu, kolagen juga membantu mengurangi kerutan halus di kulit wajah seiring dengan pertambahan usia.

krim muka dari dokter bikin ketagihan

Memilih produk vitamin C yang tepat untuk wajah

Untuk Anda yang masih ragu dan belum mengetahui cara memilih produk vitamin C yang benar, berikut tipsnya. Pilihlah produk yang langsung digunakan ke kulit wajah, baik berupa serum, krim, atau dalam bentuk semprot (spray). Hal ini karena produk yang digunakan langsung ke kulit bisa dengan mudah diserap dan bekerja secara langsung tanpa melalui proses panjang.

Vitamin C yang berasal dari makanan atau minuman diserap terlebih dahulu melalui usus. Oleh karena itu, meski Anda mengonsumsinya dalam dosis tinggi, sel-sel di usus tidak akan menyerap semuanya dan tetap akan ada yang terbuang melalui urine. Akibatnya, vitamin C yang dikonsumsi secara langsung tidak memiliki dosis yang cukup untuk kulit Anda.

tanda kekurangan vitamin C

Yang perlu diperhatikan saat membeli produk vitamin C untuk kulit wajah

Pilihlah vitamin C yang berbentuk bahan aktif seperti L-Ascorbic Acid (LAA). Bahan aktif ini biasanya serupa dengan vitamin C yang dimakan atau diminum secara langsung agar bisa memberikan efek yang dibutuhkan untuk kulit wajah. Selain itu, pilihlah produk yang tidak mengandung alkhohol untuk menghindari risiko iritasi pada kulit wajah Anda.

asam untuk perawatan kulit

Gunakan produk secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal

Produk apa pun jika tidak digunakan secara rutin maka tidak akan memberikan hasil yang optimal, termasuk vitamin C. Apalagi vitamin C memiliki efek kerja yang terbatas sehingga menggunakannya secara rutin di kulit wajah Anda merupakan suatu keharusan.

Ketika vitamin C selesai bekerja sebagai antioksidan, perlu ada molekul vitamin C pengganti untuk membantu melawan efek negatif dari radikal bebas yang terjadi terus menerus di kulit.

Itu sebabnya, jangan menggunakan produk vitamin hanya saat Anda menginginkannya saja. Akan tetapi, gunakanlah secara teratur. Dengan begitu, manfaat vitamin C untuk kulit wajah akan terasa maksimal dan Anda tidak membeli produk dengan sia-sia.

Untuk produk vitamin C spray wajah, Anda bisa menggunakannya setiap hari kapan pun dibutuhkan untuk mendapatkan efek menyegarkan.

Selain itu, agar kulit dapat terlindungi dengan menyeluruh, selalu gunakan tabir surya setiap kali Anda berkegiatan di luar ruangan. Kurangi paparan sinar matahari berlebih dan polutan seperti polusi kendaraan bermotor serta asap rokok agar kerusakan kulit dapat diminimalisir.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Artikel dari ahli dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK

Kapan Sebaiknya Kita Berjemur di Pagi Hari?

Berjemur di pagi hari punya banyak manfaat untuk tubuh Anda, tetapi aktivitas ini bisa berakibat buruk jika dilakukan tidak sesuai anjuran.

Ditulis oleh: dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK
berjemur di pagi hari
Hidup Sehat, Tips Sehat 3 April 2020

Bolehkah Melakukan Filler Berulang-ulang?

Ketika Anda ingin tampil awet muda, Anda kerap ingin melakukan filler berulang. Namun sebelumnya, Anda perlu memperhatikan hal-hal ini.

Ditulis oleh: dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK
filler berulang
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 9 Desember 2019

Suntik Vitamin C untuk Mencerahkan Kulit, Benarkah Aman dan Efektif?

Banyak orang ikut-ikutan melakukan suntik vitamin C untuk mencerahkan kulit tanpa tahu faktanya. Agar tak salah langkah, yuk simak informasi dari ahlinya.

Ditulis oleh: dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK
glass skin
Hidup Sehat, Kecantikan 31 Oktober 2019

Yang juga perlu Anda baca

10 Jenis Sayur dan Buah yang Bisa Jadi Sumber Vitamin C Saat Sahur

Kurangnya asupan makanan saat puasa membuat kebutuhan vitamin Anda tidak terpenuhi. Apa saja makanan atau minuman untuk memenuhi vitamin C saat sahur?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hari Raya, Ramadan 27 April 2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Kebutuhan Vitamin C dalam Tubuh Meningkat saat Sakit atau Sama Saja?

Vitamin C pentin agar sistem imun tetap bekerja melawan berbagai virus atau bakteri. Tapi apakah kebutuhan vitamin C dalam tubuh meningkat saat sakit?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
Nutrisi, Hidup Sehat 23 April 2020 . Waktu baca 4 menit

Kebutuhan Vitamin untuk Balita Usia 2-5 Tahun

Memilih vitamin untuk balita memang harus hati-hati. Kalau salah, bisa sebabkan alergi dan masalah lain. Berikut penjelasan seputar vitamin untuk balita.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Parenting, Nutrisi Anak 13 April 2020 . Waktu baca 8 menit

Pentingnya Asupan Vitamin C untuk Bantu Lawan Demam Berdarah

Tindakan untuk mencegah demam berdarah tak hanya menjaga kebersihan ingkungan saja tetapi Anda juga perlu memenuhi nutrisi seperti asupan vitamin C harian.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
vitamin untuk mencegah demam berdarah
Nutrisi, Hidup Sehat 8 April 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan untuk penderita thalasemia

Panduan Makanan Bergizi untuk Orang dengan Thalassemia

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
Vitamin atau suplemen penambah darah dapat atasi anemia.

4 Jenis Suplemen dan Vitamin Penambah Darah untuk Anemia

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
menghadapi kecemasan di new normal

Tips Menghadapi Kecemasan Kembali Beraktivitas di Era New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 3 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit
vitamin c dan zinc untuk puasa

Dua Vitamin dan Mineral yang Paling Diperlukan Tubuh Selama Puasa

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 1 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit