Serba-Serbi HIFU Treatment untuk Kulit Wajah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang kencang dan tirus, mulai dari perawatan sendiri di rumah sampai pergi ke klinik kecantikan. Industri estetika juga terus berkembang dengan mengeluarkan inovasi baru dalam perawatan kecantikan. Salah satunya yang sedang populer adalah perawatan High-Intensity Focused Ultrasonic atau HIFU.

Apa itu HIFU?

hifu
Sumber: Vemme Daily

Awalnya, High-intensity focused ultrasonic (HIFU) lebih dikenal sebagai salah satu pengobatan untuk tumor karena gelombang ultrasoniknya yang dapat membunuh sel-sel kanker.

Namun, ternyata HIFU juga bisa dimanfaatkan sebagai prosedur kecantikan untuk mengencangkan kulit yang mengendur tanpa operasi plastik. Fungsinya serupa dengan face lift, bedanya perawatan ini bersifat non-invasif sehingga tidak menimbulkan rasa sakit.

Perawatan ini menggunakan energi ultrasound yang menargetkan lapisan kulit dalam untuk menstimulasi pembentukan kolagen. Nantinya gel ultrasound akan dioleskan pada kulit wajah. Dengan bantuan alat HIFU, gel ini akan menargetkan sel-sel kulit dan merangsang keluarnya protein yang membuat kulit menjadi lebih kencang.

Tambahannya, perawatan ini juga membuat garis kerut di wajah berkurang tanpa merusak lapisan kulit teratas.

Manfaatnya untuk kulit wajah

gaya hidup awet muda

Salah satu hal yang menjadi keunggulan dari perawatan ini adalah Anda tidak perlu beristirahat atau mematuhi pantangan tertentu. Metode yang dilakukan cukup instan sehingga Anda bisa langsung bepergian dan melakukan aktivitas kembali seperti biasa setelahnya.

Anda juga akan merasakan berbagai manfaatnya untuk kulit wajah, yaitu:

  • Mengencangkan kulit yang mengendur di area leher dan sekitar tulang selangka
  • Mengurangi kerutan pada wajah
  • Mengangkat kulit di sekitar pipi, alis mata, dan kelopak mata
  • Memberikan efek rahang yang lebih terdefinisi
  • Menghaluskan kulit wajah

Sebuah studi mengenai kepuasan pasien dengan efek yang dihasilkan setelah HIFU juga dilakukan pada 20 pasien di Korea. Dalam penelitian tersebut, tim dokter mengevaluasi perbaikan di kulit wajah serta efek sampingnya secara klinis melalui perbandingan foto-foto pasien antara sebelum dan sesudah perawatan.

Pengamatan difokuskan dengan melihat perubahan pada area alis, dahi, sekitar tulang pipi, sekitar bibir, dagu, dan garis rahang. Peserta penelitian akan diberi kuesioner setelah 3 bulan dan 6 bulan perawatan lalu mengisi nilai kepuasan dari skala 1-5.

Setelah tiga bulan, para peserta menunjukkan kepuasannya pada hasil perawatan dengan memberi angka tiga atau lebih. Beberapa area yang memiliki nilai kepuasan tertinggi adalah rahang, area sekitar bibir, dan pipi.

Sedangkan pada penilaian kedua yang dilakukan setelah 6 bulan, tingkat kepuasan pasien mengalami penurunan, kecuali pada area pipi yang malah meningkat daripada sebelumnya.

Meski demikian, kebanyakan pasien merasa senang dengan efek yang didapatkan dari HIFU dan tertarik untuk melakukan perawatan kembali.

Efek samping HIFU

Perawatan high-intensity focused ultrasonic tergolong aman, asal harus dilakukan oleh yang sudah profesional di bidangnya.

Dibandingkan dengan perawatan kulit lainnya, tidak banyak efek samping yang diberikan dari HIFU.

Beberapa orang mengalami kulit kemerahan dan bengkak, ada juga yang mengalami memar-memar. Namun, masalah tersebut tidak menimbulkan komplikasi yang lebih serius dan dapat menghilang dalam kurang lebih dua minggu.

Efek samping lain yang mungkin muncul adalah mati rasa, tapi hal ini juga merupakan kasus yang jarang terjadi.

Jika Anda menginginkan hasil yang cepat, praktis, dan tanpa rasa sakit yang menyiksa, perawatan HIFU dapat menjadi pilihan yang tepat.

Hanya saja, Anda juga perlu mengetahui bahwa hasil yang didapatkan dari perawatan ini tidak permanen dan hanya bertahan selama beberapa bulan. Anda masih akan tetap membutuhkan perawatan ulang untuk membuat hasilnya lebih tahan lama.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Maret 15, 2020 | Terakhir Diedit: Maret 13, 2020

Sumber