7 Cara Menghilangkan Bintik-Bintik Cokelat di Wajah (Freckles)

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Bintik-bintik kecokelatan di wajah lebih populer disebut dengan freckles.Freckles diperkirakan muncul akibat faktor genetik. Tapi bintik di wajah ini juga biasanya timbul akibat paparan sinar matahari berlebih. Bintik di wajah ini terbentuk dari kumpulan kelebihan sel kulit yang mengandung pigmen melanin. Tidak seperti tahi lalat, yang biasanya lebih menonjol dari permukaan sekitarnya, freckles biasanya sama rata dengan kulit di sekelilingnya.

Memang, sih, freckles tidak terasa sakit saat disentuh atau berbahaya, tapi kadang ini bisa sangat mengganggu penampilan. Sehingga tak jarang dari kita yang memilih untuk mati-matian menghilangkan kumpulan bintik di wajah ini.

Berbagai cara menghilangkan bintik di wajah (freckles)

Jika Anda memiliki freckles dan ingin menghilangkannya, Anda dapat mempertimbangkan metode berikut:

1. Tabir surya

Tabir surya tidak akan dapat menghilangkan bintik di wajah yang sudah terlanjur muncul, namun dapat membantu mencegah timbulnya bintik baru. Untuk hasil yang efektif, Anda harus mengoleskan tabir surya rutin sepanjang hari, termasuk dalam cuaca mendung sekalipun. The American Academy of Dermatology menganjurkan beberapa tips berikut:

  • Selalu gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih.
  • Kenakan tabir surya pada kulit setidaknya 15 menit sebelum Anda keluar ruangan.
  • Oleskan lagi tabir surya setelah dua jam, dan segera setelah Anda selesai berenang atau jika Anda banyak mengeluarkan keringat.

2. Terapi laser

Terapi laser menggunakan metode “penembakan” gelombang cahaya yang ditargetkan langsung pada kulit yang bermasalah. Terapi laser secara umum aman untuk digunakan.Tergantung dari jenis masalah dan seberat apa kondisi bintik di wajah Anda, ada beberapa jenis laser yang biasa digunakan.

Risiko bekas luka yang ditimbulkan sangatlah rendah. Akan tetapi, Anda mungkin saja mengalami efek samping ringan di kulit, seperti:

Jika Anda pernah menderita herpes pada bagian mulut, Anda mungkin akan dianjurkan untuk meminum antivirus terlebih dahulu. Penggunaan laser dapat mencetuskan munculnya kembali herpes pada sekitar mulut Anda.

Sebelum terapi laser, terapis mungkin akan meresepkan obat atau krim untuk Anda. Anda juga mungkin akan dilarang mengonsumsi obat-obatan tertentu sebelum menjalani prosedur. Anda dapat memberi tahu dokter Anda jika sedang mengonsumsi obat atau memakai krim perawatan tertentu. Anda mungkin membutuhkan waktu hingga dua minggu untuk dapat pulih sepenuhnya setelah prosedur laser. Beberapa kali sesi mungkin diperlukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

3. Cryosurgery

Prosedur ini menggunakan nitrogen cair yang bersuhu super dingin untuk membekukan dan menghancurkan sel kulit yang tidak normal. Cryosurgery pada umumnya aman dan tidak membutuhkan bius apa pun. Waktu penyembuhan dari prosedur ini juga cenderung cepat. Beberapa efek samping yang dapat muncul adalah hipopigmentasi, perdarahan, dan luka lepuh — yang dapat bisa sembuh dengan sendirinya atau dengan penanganan mudah.

4. Krim pencerah kulit

Anda dapat membeli krim pemutih kulit di toko-toko atau supermarket terdekat, atau meminta dokter kulit meresepkannya untuk Anda. Banyak krim pencerah yang mengandung hydroquinone, sebuah bahan yang diduga dapat menekan produksi melanin dan mencerahkan area kulit yang gelap.

Beberapa efek samping yang dapat disebabkan oleh krim pemutih kulit antara lain:

  • Peradangan
  • Kulit kering
  • Rasa terbakar
  • Luka lepuh
  • Perubahan warna kulit

Namun demikian, penggunaan krim muka yang mengandung hydroquinone belum dapat ditetapkan keamanan maupun kefektivitasannya. Selain itu, beberapa bukti baru menunjukkan bahwa hydroquinone dapat memicu terjadinya kanker pada tikus dan menyebabkan warna kulit menjadi lebih gelap.

5. Krim retinoid

Krim retinoid merupakan senyawa turunan vitamin A yang digunakan untuk memperbaiki sel kulit yang rusak akibat sinar matahari dan mencerahkan bintik di wajah. Menurut penelitian pada tahun 2014, retinoid dapat memberikan efek perlindungan terhadap sinar matahari pada kulit dengan menyerap sinar UVB. Hal ini dapat membantu mencegah pembentukan freckles.

Krim retinoid dapat diperoleh dengan atau tanpa resep. Beberapa efek samping yang mungkin muncul:

  • Kemerahan
  • Kulit kering
  • Iritasi kulit
  • Kulit mengelupas
  • Kulit jadi lebih sensitif

6. Produk peeling

Produk kimia ini biasa digunakan untuk mengelupas daerah yang rusak pada kulit. Untuk menghilangkan bintik di wajah, Anda biasanya akan disarankan untuk menggunakan produk peeling yang mengandung asam glikolik dan asam trikloroasetat. Kedua bahan ini dapat menembuh hingga lapisan tengah kulit. Saat kulit yang rusak mengelupas, maka lapisan kulit baru akan menggantikannya.

Beberapa efek yang mungkin Anda alami akibat pemakaian peeling:

  • Rasa menyengat pada kulit
  • Kulit mengelupas
  • Kemerahan pada kulit
  • Iritasi
  • Bengkak

Menurut The American Society for Dermatology Surgery, pengelupasan kulit derajat sedang biasanya membutuhkan waktu dua minggu hingga sembuh. Anda mungkin perlu menggunakan pelembab pada kulit wajah Anda selama masa perawatan. Usahakan juga untuk menghindari paparan sinar matahari langsung selama kulit Anda berada dalam masa penyembuhan.

7. Obat alami

Terdapat beberapa pengobatan alami yang menurut banyak orang dapat membantu menghilangkan bintik di wajah. Namun, sayangnya belum ada satu pun yang terbukti secara ilmiah. Anda dapat mencobanya, karena kebanyakan dari bahan tersebut tidak menimbulkan bahaya. Beberapa contoh bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan freckles antara lain air lemon, krim asam, yogurt, dan bawang. Segera hentikan pemakaian jika Anda mengalami iritasi pada kulit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Terapi urine dengan minum air kencing yang terdengar menjijikkan telah dipercaya sejak berabad-abad lalu. Apakah manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Urologi, Kandung Kemih 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit

Berbagai Perawatan untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Walaupun tidak punya masalah atau penyakit, sebaiknya kulit dirawat sejak dini. Intip ragam perawatan kulit agar lebih sehat.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Kulit 18 September 2020 . Waktu baca 8 menit

5 Cara Merawat Kulit yang Mengelupas

Entah karena terbakar matahari, perawatan wajah, atau alasan lain, Anda mungkin menemukan kulit mengelupas tiba-tiba. Bagaimana merawatnya agar tak rusak?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Kecantikan 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Bagaimana Cara Kerja Sunblock dalam Melindungi Kulit?

Radiasi UV dari sinar matahari berbahaya bagi kulit. Jadi, jangan remehkan sunblock. Tapi sebenarnya bagaimana cara kerja sunblock dalam melindungi kulit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 3 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat ampas teh bagi kecantikan

7 Cara Memanfaatkan Ampas Teh untuk Kecantikan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Kulit bayi Sensitif

Ketahui 4 Tips Merawat Kulit Bayi Sensitif

Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
ciri kulit sensitif

Ciri Kulit Sensitif dan 8 Cara Jitu Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 7 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
manfaat air mawar untuk kecantikan kulit

Beragam Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 5 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit