Berbagai Perawatan Kulit Dengan Darah Sendiri

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017
Bagikan sekarang

Ternyata darah sendiri dapat digunakan untuk perawatan kulit sekarang ini. Mulai dari pengobatan anti aging untuk menyamarkan keriput, sampai terapi menghilanglan bekas jerawat. Kaum awam lebih mengenalnya dengan sebutan “facial darah “ atau “ vampire facial”.

Terapi menggunakan darah sendiri ini dilakukan melalui proses yang lumayan cukup panjang sampai akhirnya bisa diaplikasikan di kulit si pasien. Sebelum digunakan, darah yang diambil harus melalui proses sentrifugasi terlebih dahulu untuk diambil plasma darah yang kaya akan trombosit. Kandungan trombosit inilah yang diambil manfaatnya untuk terapi di kulit pasien. Dalam dunia kedokteran, terapi ini dikenal dengan nama PRP (Platelet Rich Plasma).

Apa itu PRP (Platelet Rich Plasma)?

PRP (Platelet Rich Plasma) adalah plasma darah yang diperkaya dengan platelet atau trombosit. Trombosit adalah bagian dari darah yang berperan dalam mekanisme pembekuan darah. Selain penting untuk pembekuan darah, trombosit mengandung ratusan protein yang disebut sebagai faktor pertumbuhan. Faktor inilah yang memiliki peranan penting dalam proses penyembuhan luka. Awalnya, PRP diaplikasikan pada kasus cedera, namun sekarang PRP telah diaplikasikan di dunia kecantikan.

Kegunaan PRP di dunia kecantikan

Platelet Rich Plasma yang sekarang hadir di dunia kecantikan bisa menjadi angin segar sebagai pilihan terapi untuk berbagai macam masalah kulit. Lalu masalah apa saja yang bisa diterapi menggunakan PRP ini?

1. Bopeng bekas jerawat

Acne scar adalah bekas jerawat yang merusak tekstur kulit menjadi tidak rata. Penyebabnya adalah peradangan yang besar dan lama dari jerawat yang merusak lapisan dermis kulit, sehingga terjadi jaringan fibrotik dan kerusakan kolagen.

Menggunakan treatment PRP yang disuntikan langsung di bekas luka dapat merangsang pertumbuhan jaringan sel kulit baru, sehingga bopeng dapat tertutup dan penampakan kulit lebih halus.

2. Garis halus dan keriput

Kulit mulus bebas kerutan ditunjang oleh adanya serat kolagen. Seiring pertambahan usia, elastisitas kolagen tersebut akan menurun sehingga kulit akan terlihat kendur dan timbul keriput. Terapi yang menambahkan growth factor yang terkandung pada PRP di kulit yang mulai menua dapat meningkatkan pertumbuhan kulit, meningkatkan elastisitas jaringan kolagen, dan memacu proses regenerasi sel-sel kolagen baru. Semua ini pastinya akan memudarkan garis halus alias keriput yang  mulai muncul.

3. Photodamage

Photodamage adalah perubahan pada kulit yang terjadi setelah terpapar oleh sinar radiasi jangka panjang. Photodamage akhirnya dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan kulit, terutama berkaitan dengan penurunan fungsi kolagen yang berujung dengan tampaknya hiperpigmentasi (bercak-bercak berwarna gelap).

Platelet Rich Plasma mampu memperbaiki kerusakan kolagen yang diakibatkan oleh aktivitas photodamage ini.

4. Peremajaan wajah

Peremajaan wajah sangat diperlukan bagi kulit kita, terutama pada wanita yang hidup di kota-kota besar, karena penggunaan make up, stress, dan gaya hidup terkadang membuat wajah lebih kusam dan lelah. Perangsangan di daerah epidermis dan dermis menggunakan PRP dapat membuat regenerasi sel-sel kulit dan kolagen lebih baik.

Banyak manfaat yang bisa diberikan pada kulit kita dengan menjalani PRP alias perawatan kulit dengan darah ini. Mulai dari mengatasi masalah pada kulit sampai hanya untuk peremajaan wajah. Treatment PRP dapat memberikan perbaikan yang berlangsung lebih natural dan tahan lama, karena PRP menggunakan darah pasien sendiri (autologus donor) sehingga faktor alergi dapat ditekan. Meskipun treatment PRP relatif aman, yang tetap harus diperhatikan adalah perawatan ini harus dilakukan langsung oleh dokter ahli yang kompeten.

***

dr. Erliswita Reza adalah dokter spesialis Antiaging yang berpengalaman dalam bidang Dermal Filler, Botulinum Toxin, dan Thread Lift. dr. Erliswita berpraktik di CBC Beauty Care dengan jadwal:

  • Senin : 09.00 – 14.00 WIB
  • Rabu : 09.00 – 14.00 WIB
  • Sabtu : 10.00 – 16.00 WIB

BACA JUGA:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

dr. Erliswita Reza lahir di Jakarta pada 1984. Ia menyelesaikan pendidikan kedokteran di Universitas Yarsi pada 2009. Ketertarikannya di bidang aesthetic

Artikel dari ahli dr. Erliswita Reza

Berbagai Perawatan Kulit Dengan Darah Sendiri

Mulai dari menghilangkan bopeng bekas jerawat, hingga mengusir keriput di wajah, perawatan kulit dengan darah ternyata banyak manfaatnya.

Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team
facial perawatan kulit dengan darah

Memanfaatkan Ultrasound untuk Kecantikan

Ultrasound sudah sering digunakan di dunia medis, baik untuk diagnosis, maupun pemeriksaan kehamilan. Tapi, ternyata USG juga bisa membuat kita awet muda.

Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team
ultrasound untuk kecantikan
READ MORE FROM dr. Erliswita Reza

Yang juga perlu Anda baca

4 Trik Mengatasi Kulit Kering di Bawah Mata

Mengatasi kulit kering di bawah mata dapat dilakukan dengan perawatan dan konsumsi asupan bernutrisi untuk menjaga kelembapan kulit.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda

Harus Pakai Skin Care Berapa Lama Hingga Hasilnya Terlihat?

Kira-kira, berapa lama produk skin care akan menunjukkan hasil dan perubahan pada kulit wajah Anda? Untuk tahu jawabannya, simak artikel berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah

Manfaat Skin Care Berbahan Alpha Arbutin untuk Kulit Wajah

Alpha arbutin adalah pilihan yang aman untuk Anda yang ingin mencerahkan kulit wajah. Apa saja manfaat dari alpha arbutin untuk wajah?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah

Tips Pakai Sheet Mask Agar Manfaatnya Maksimal

Pakai sheet mask tidak hanya sekadar ditempelkan di wajah beberapa menit. Intip cara pakai sheet mask agar hasilnya maksimal di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
dr. Erliswita Reza lahir di Jakarta pada 1984. Ia menyelesaikan pendidikan kedokteran di Universitas Yarsi pada 2009. Ketertarikannya di bidang aesthetic

Direkomendasikan untuk Anda

perbedaan hydrating dan moisturizing

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020
glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020
kulit rusak saat puasa

7 Kesalahan yang Membuat Kulit Rentan Rusak Selama Bulan Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 02/05/2020
lebih baik peeling atau scrub

Mana yang Lebih Baik: Eksfoliasi Pakai Chemical Peeling atau Scrub?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 26/03/2020