Berapa Kali Sehari Kita Perlu Mencuci Muka?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 27 Maret 2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Banyak orang yang menganggap, semakin sering cuci muka dalam sehari, semakin bersih dan terawat juga kulit wajahnya. Padahal tidak demikian, mencuci muka berlebihan juga punya risiko sendiri untuk kesehatan kulit wajah. Lalu, baiknya berapa kali mencuci muka dalam sehari?

Panduan cuci muka dalam sehari berdasarkan kondisi kulit

1. Untuk kulit sensitif

Beruntung untuk Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif.  Untuk kulit kering dan sensitif, Anda hanya perlu satu kali cuci muka dalam sehari. Untuk kulit kering, mencuci muka sering-sering  dapat memperburuk kondisi kulit karena bisa mengurangi minyak alami yang berfungsi untuk melindungi kulit.

Anda juga dianjurkan untuk cuci muka di pagi hari atau di malam hari saja. Lakukan juga perawatan kulit wajah seperti menggunakan toner dan pelembab agar kulit tetap terjaga kelembabannya.

2. Untuk kulit berminyak

Untuk kulit yang berminyak, ada baiknya cuci muka dalam sehari sebanyak dua kali. Pasalnya, mencuci muka di pagi hari bisa membersihkan minyak yang menumpuk selama Anda tidur.

Sedangkan mencuci muka di malam hari bisa mencegah minyak menumpuk dan jerawat muncul karena kotoran yang menempel di muka selama Anda beraktivitas. Disarankan juga untuk melakukan scrubbing atau exfoliating kulit sebanyak 2 minggu sekali untuk menjaga kesehatan kulit wajah maksimal.  

3. Mencuci muka sehabis olahraga

Mencuci muka setelah olahraga merupakan suatu keharusan bagi orang yang memiliki tipe kulit jenis apa pun. Ini disebabkan karena keringat yang keluar saat olahraga akan meresap ke dalam kulit dan menghambat pori-pori. Anda pun akan rentan mengalami jerawat.

Ingat juga untuk selalu menggunakan handuk dan air bersih saat membasuh dan mengeringkan wajah. Mengeringkan muka menggunakan handuk kotor bisa membuat kulit jadi gampang iritasi.

4. Bila Anda sehari-hari pakai makeup

Anda wajib dua kali mencuci muka dalam sehari bila Anda adalah orang yang selalu pakai makeup sehari-hari. Apa pun jenis kulit Anda, berminyak atau sensitif, satu hal yang pasti harus dilakukan. Setelah memakai makeup Anda perlu membersihkan wajah dalam dua tahap.

Pertama Anda harus menghapus makeup dengan pembersih khusus kosmetik (makeup remover). Kedua, cuci muka menggunakan sabun wajah seperti biasa. Bila Anda masih menemukan sisa makeup saat mengeringkan wajah dengan handuk, berarti Anda tidak membersihkan dengan efektif seperti yang seharusnya.

Jangan terlalu sering cuci muka

Jika Anda sering mencuci muka, nantinya kulit bisa dengan mudah melepaskan semua minyak yang dibutuhkan kulit agar tetap kenyal, lembap, dan bersinar.

Anda juga bisa memecah keasaman kulit, yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar keringat, minyak, dan bakteri baik. Untuk kulit yang kuat dan sehat, Anda membutuhkan keasaman pada kulit yang cukup. Parahnya lagi, terlalu sering cuci muka dapat membuat kulit makin kering, kemerahan, bersisik, dan rentan muncul jerawat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Yang juga perlu Anda baca

Warna Dahak Merah, Hijau, Atau Hitam? Cari Tahu Artinya di Sini

Warna dahak yang normal adalah bening. Jika Anda mengeluarkan dahak yang berwarna, maka hal itu adalah tanda dari kondisi medis. Apa arti dari warna dahak?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Batuk, Kesehatan Pernapasan 26 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Alasan Psikologis Mengapa Korban KDRT Susah Lepas dari Jeratan Pasangan

Bagi korban KDRT, meninggalkan pasangan yang abusive tak semudah itu. Ini dia alasan korban KDRT bertahan meski hubungannya sarat kekerasan dan kekejaman.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Perceraian memang bukan sesuatu yang tabu. Tapi keutuhan rumah tangga adalah cita-cita banyak orang. Bagaimana cara menghindari perceraian?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Psikologi, Seks & Asmara 22 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

5 Masalah Seks yang Paling Mengganggu Pria (Plus Cara Mengatasinya)

Meski tampaknya selalu bersemangat soal urusan di ranjang, ada banyak juga masalah seks yang dapat mengganggu pria. Yuk, ketahui apa saja!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

perut kosong hindari makan pedas dan asam

Kenapa Makanan Pedas Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
proses inflamasi

Proses Inflamasi Ternyata Penting Bagi Tubuh, Begini Mekanismenya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Penyebab sakit pinggang

Cari Tahu Gejala, Penyebab dan Pengobatan untuk Sakit Pinggang

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
makanan pedas atasi migrain

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit