5 Jenis Olahraga yang Perlu Dilakukan Menjelang Hari Pernikahan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 30 September 2017 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Hari pernikahan merupakan salah satu hari terpenting dalam hidup yang ditunggu-tunggu bagi banyak pasangan. Anda tentu ingin terlihat sesempurna mungkin. Tapi daripada berusaha diet ketat yang bisa berbahaya, kenapa tidak berolahraga saja untuk mendapatkan tubuh idaman dengan cara yang lebih sehat?

Olahraga terbaik untuk persiapan sebelum menikah

Berikut ini adalah lima jenis olahraga terbaik yang bisa Anda masukkan ke dalam rencana persiapan menikah Anda, di samping menyusun daftar tamu, booking gedung, pesan katering, mencari event organizer, dan tentu saja menemukan baju yang tepat. Plus, Anda bisa jadikan sesi olahraga ini untuk semakin mendekatkan diri dengan pasangan menjelang hari-H.

1. Lari

Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa Amda dapatkan dari berlari. Lari dapat meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat kerja jantung dan paru, dan melancarkan pembuluh darah. Tapi selain itu, lari dapat membakar lemak tubuh dengan cepat. Tubuh pun akan terus membakar kalori bahkan setelah Anda selesai berlari. Lari memperkuat tulang juga sekaligus meningkatkan kepadatannya sehingga mengurangi risiko osteoporosis di kemudian hari.

Lari juga merangsang tubuh untuk meningkatkan produksi hormon endocannabinoid yang bisa membuat Anda merasa bahagia. Hormon ini diduga memiliki efek peningkatan mood yang lebih kuat dibandingkan endorfin karena endorfin hanya diproduksi bagian otak tertentu, sementara endocannabinoid dapat diproduksi di berbagai sel tubuh. Lari tidak hanya meredakan stres yang munkin muncul selama persiapan sebelum menikah, tetapi juga mengurangi kemungkinan Anda untuk terpengaruh stres di masa depan.

Psstt.. Khususnya bagi pria, lari melatih kekuatan pembuluh darah dan jantung sehingga mengurangi risiko Anda untuk mengalami impotensi alias disfungsi ereksi.

2. Berenang

Renang adalah kegiatan aerobik yang melibatkan gerak keseluruhan anggota tubuh. Jika dilakukan dengan teknik yang tepat dan rutin, berenang dapat melatih kekuatan jantung dan paru yang akan sangat meningkatkan daya tahan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Berenang juga membangun otot yang lebih panjang dan ramping, yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh guna terus membakar kelebihan kalori dalam jangka panjang meski Anda sudah selesai berenang.

3. Pilates

Pilates bermanfaat untuk menguatkan otot inti tubuh, yang membentang mulai dari otot dada bawah, perut, punggung, hingga otot di sekitar panggul. Otot inti yang lemah atau tidak fleksibel dapat membuat Anda mudah pegal-pegal, nyeri oto, atau bahkan cedera. Otot inti tubuh yang lemah juga bisa menguras habis tenaga dari setiap gerakan yang Anda buat sehingga Anda jadi cepat kelelahan. Stamina tubuh yang loyo adalah hal terakhir yang Anda inginkan di tengah hiruk pikuknya persiapan sebelum menikah.

Pilates juga mendukung inti tubuh untuk menstabilkan koordinasi tubuh, sehingga dapat menjaga postur tubuh yang baik saat duduk atau berdiri ketika di pelaminan nanti.

Sedikit banyak, pilates juga melibatkan gerakan yang mirip dengan senam Kegel untuk menguatkan otot dasar panggul. Otot panggul yang kuat dapat memberikan Anda pengalaman orgasme yang lebih menakjubkan. Selain itu, manfaat pilates untuk penguatan otot panggul tak hanya berakhir di tempat tidur saja. Jika Anda akan mencoba hamil, otot dasar panggul yang kuat dapat memudahkan Anda untuk mengejan (mendorong bayi) saat persalinan nanti.

4. Yoga

Yoga membantu Anda meraih dan menjaga keseimbangan antara tubuh, pikiran, dan jiwa dengan memasukkan teknik relaksasi, pengaturan napas, dan meditasi untuk meraih ketenangan dan kedamaian. Sederhananya, yoga dapat menangkal stres yang datang meneror Anda selama persiapan sebelum menikah dan juga di hari-H nanti.

Yoga pun dapat dilakukan oleh mempelai pria. Manfaat yoga untuk pria termasuk membangun massa dan kekuatan otot, yang lebih efektif daripada sekadar bench press atau squat. Beberapa gerakan yoga khusus pria pun bisa dilakukan untuk mengatasi impotensi, alias disfungsi ereksi.

5. Angkat beban

Angkat beban adalah salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang menginginkan bentuk dan postur tubuh ideal. Selain membentuk otot, angkat beban pada dasarnya sekaligus meningkatkan kekuatan dan massa otot tubuh. Latihan beban juga menawarkan sejumlah manfaat lain termasuk penurunan berat badan, pembakaran lemak, serta memerangi osteoporosis.

Satu penelitian dari University of Sydney, Australia, melaporkan bahwa orang-orang yang rutin menjalani latihan angkat beban menunjukkan peningkatan fungsi kognitif otak. Itu berarti otak Anda jadi lebih tangkas untuk menjalani berbagai tugas yang rumit sekalipun. Pada dasarnya, angkat beban dapat melatih ketajaman fokus, kesigapan merencanakan dan mengatur sesuatu, dan multitasking atau melakukan banyak hal sekaligus. Keterampilan yang cukup berguna selama merampungkan semua persiapan sebelum menikah, bukan?

Tips berolahraga sebelum menikah

Untuk meraih manfaat olahraga yang optimal, Anda dapat mencampur beberapa jenis olahraga di atas dalam kurun waktu tertentu. Lebih baik jika Anda mampu melakukan semuanya.

Dan jika sudah mantap berkomitmen untuk berolahraga, jangan ditunda-nunda. Menyisihkan waktu untuk berolahraga menjelang hari pernikahan bukanlah seperti sistem kebut semalam. Anda tidak akan mendapatkan hasil yang optimal jika berolahraga terlalu mepet dengan hari pernikahan. Selain waktu mulai, rutinitas juga penting. Jika Anda tidak rutin berolahraga, Anda sama saja akan mengulangnya dari nol.

Aturlah target yang realistis. Memang betul membuat sebuah gol atau target akan membuat Anda lebih termotivasi. Namun, khayalan tingkat tingg malah membuat Anda gampang stres bahkan cepat menyerah jika hasil akhir yang diharapkan tak sesuai kenyataan.

Tapi yang pasti, jika ingin memulai berolahraga sementara merampungkan semua persiapan sebelum menikah, perhitungkan juga batas kemampuan tubuh Anda. Jangan memaksa berolahraga jika tubuh dan pikiran sudah kecapekan. Yang ada, Anda malah akan lebih mudah jatuh sakit. Oleh karena itu, aturlah durasi serta frekuensi olahraga Anda di tengah kesibukan menjelang hari pernikahan Anda. Jangan lupa untuk mengutamakan pola makan sehat dan istirahat yang cukup agar semua kerja keras persiapan sebelum menikah Anda tak menjadi sia-sia.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tips Mengendalikan Mood Swing Saat PMS

Sebentar marah, sebentar bahagia. Wanita mana yang tidak familiar dengan gejala PMS yang satu ini. Simak cara mengatasi mood swing saat menstruasi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Hidup Sehat, Tips Sehat 30 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Ciri-ciri Infeksi Jamur di Mulut Anda

Infeksi jamur di mulut biasa disebut juga oral thrush atau kandidiasis. Simak penyebab, tanda dan gejala, serta cara pengobatannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 30 November 2020 . Waktu baca 9 menit

Menjaga Tekanan Bola Mata Sebagai Langkah Pencegahan Glaukoma

Tekanan bola mata tinggi adalah penyebab penyakit glaukoma Apa saja langkah pencegahan tekanan bola mata tinggi agar tak kena glaukoma?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Mata, Glaukoma 30 November 2020 . Waktu baca 6 menit

6 Manfaat Garam untuk Kesehatan yang Belum Anda Tahu

Meski bisa berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyak, garam sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh manusia. Apa saja manfaat garam bagi kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 29 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

berapa banyak makan nasi saat sarapan

Seberapa Banyak Harusnya Porsi Makan Nasi Saat Sarapan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
krim perontok bulu

Menggunakan Krim untuk Menghilangkan Bulu, Amankah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
tekanan darah normal berdasarkan usiaasarkan usia

Apa Perbedaan Tekanan Darah di Pagi, Siang, dan Malam Hari?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
fakta sarapan bubur ayam

5 Fakta Menarik Seputar Sarapan Bubur Ayam

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit