Ini Alasannya Kenapa Anda Nyeri Otot Setelah Olahraga

Oleh

Seberapa sering Anda merasakan nyeri otot yang luar biasa, sehari setelah Anda berolahraga? Bahkan suatu aktivitas yang sederhana seperti turun tangga dapat menyiksa. Untuk Anda yang tidak biasa berolahraga, hal ini terkadang membuat Anda kapok untuk berolahraga. Anda pasti bertanya-tanya apa yang menyebabkan nyeri otot setelah kita berolahraga. Cari tahu jawabannya di artikel ini.

Reaksi otot setelah olahraga

Orang yang tadinya tidak terbiasa berolahraga lalu tiba-tiba tubuhnya dipaksa olahraga sering kali akan merasakan nyeri otot setelahnya. Nyeri otot biasanya mulai terasa satu atau dua hari setelah olahraga dan bisa dialami oleh siapapun, tidak masalah bagaimana tingkat kebugaran tubuhnya. Artinya, orang yang sudah biasa olahraga pun bisa mengalami nyeri otot setelah olahraga. Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir karena nyeri otot ini adalah sesuatu yang normal.

Nyeri pada otot seusai melakukan aktivitas fisik yang energik disebut sebagai DOMS atau Delayed Onset Muscle Soreness. Ini merupakan sesuatu yang biasa terjadi saat seseorang baru memulai suatu program latihan, mengubah rutinitas latihan, atau meningkatkan intensitas latihan rutin.

Apabila otot-otot dilatih sedemikian kerasnya atau dengan cara yang berbeda dari biasanya, bisa terjadi kerusakan mikroskopis di serat-serat otot. Inilah yang menyebabkan otot menjadi nyeri dan kaku. Perlu diingat bahwa DOMS tidak disebabkan oleh asam laktat.

Nyeri otot biasanya akan muncul 12 sampai 24 jam setelah berolahraga. Puncaknya 24 sampai 72 jam, dan akan mulai berangsur-angsur menghilang dalam tiga sampai lima hari.

Mencegah nyeri otot setelah olahraga

Apakah nyeri otot bisa dicegah? Iya, nyeri otot bisa dicegah. Salah satu cara paling efektif untuk menghindari nyeri otot setelah olahraga adalah mulailah secara bertahap saat memulai suatu program latihan baru, tidak memaksakan diri jika tubuh tidak sanggup. Beri otot-otot waktu untuk beradaptasi dengan gerakan-gerakan latihan yang baru.

Terdapat bukti yang menunjukkan bahwa pemanasan sebelum olahraga dapat membantu mencegah sakit otot. Selain itu, pemanasan juga bisa mencegah cedera dan meningkatkan performa tubuh.

Tips mengatasi nyeri otot setelah olahraga

Sebetulnya nyeri otot atau yang dikenal dengan DOMS ini tidak perlu diobati jika Anda tidak mengalami kondisi medis tertentu. Namun jika Anda merasakan nyeri otot, Anda bisa mengatasinya dengan 3 cara sederhana ini.

1. Peregangan

Saat otot sedang dalam masa pemulihan, otot cenderung jadi tegang sehingga memperburuk rasa nyeri. Untuk mengatasinya, lakukanlah peregangan secara perlahan di bagian yang terasa nyeri. Hal ini akan mengurangi ketegangan otot dan meredakan rasa sakit.

2. Pijatan

Memijat otot yang sakit dapat membantu mengurangi ketegangan sekaligus meningkatkan kelancaran peredaran darah. Jika dilakukan terus-menerus, hal ini pada akhirnya akan membantu mempercepat proses pemulihan nyeri otot atau DOMS.

3. Kompres panas dan dingin

Tempelkan kompres es selama 15 menit kemudian diikuti dengan kompres panas selama 15 menit, dan ulangi lagi. Penelitian membuktikan bahwa perpaduan kompres panas dan dingin sangat efektif untuk melancarkan sirkulas darah dan menyembuhkan otot-otot yang terluka.

Baca Juga:

Sumber