Pole Dance, Olahraga Seksi yang Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Anda mungkin selama ini membayangkan pole dance hanya sebagai tarian nakal yang dipertunjukkan di klub-klub malam. Namun, pole dance sebetulnya termasuk jenis olahraga tari yang menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. Begitu ungkap International Pole Dance Fitness Association (IPDFA). Manfaat pole dance bahkan dapat disetarakan dengan latihan kekuatan intensitas tinggi (HIIT).

Manfaat pole dance untuk kesehatan tubuh

1. Mengatasi sakit atau nyeri kronis

Mengutip dari Healthline, harmonisasi gerakan pole dance bisa membantu mengatasi gejala nyeri kronis.

Pole dance memanfaatkan semua gerakan tubuh yang bertumpu pada satu titik guna memperkuat otot inti tubuh bersama dengan kekuatan tubuh bagian atas dan bawah. Misalnya saja pada posisi headstand. Posisi ini membantu memperkuat otot leher sehingga lama-lama mengurangi rasa nyeri dan sakit. 

Secara tidak langsung, pole dancing juga membuat tubuh tetap aktif bergerak untuk meregangkan dan melenturkan otot-otot tubuh. Efek dari terus bergerak aktif inilah yang pada akhirnya membantu mengurangi rasa sakit pada tubuh. 

Situs Arthritis Foundation bahkan merekomendasikan pole dance sebagai latihan yang bermanfaat meredakan masalah nyeri atau radang sendi, serta nyeri pinggul.

2. Membangun dan mengencangkan otot

Menurut instruktur pole dance di NY Pole, Tracy Traskos, gerakan tarian ini mengharuskan Anda untuk bisa mantap menggengam tiang, memanjatnya, dan menahan beban tubuh sendiri agar tidak sampai terjatuh. Gerakan ini mengombinasikan latihan kekuatan, daya tahan, dan kelenturan tubuh. Salah satu manfaat gerakan memanjat tiang dari 

Dikutip dari Medical Daily, manfaat melakukan pole dance untuk membangun dan mengencangkan sama seperti latihan beban layaknya angkat besi. Pole dance membangun otot trisep paha bagian depan dan mengencangkan lengan tangan. 

3. Meningkatkan kelenturan tubuh

Pole dance mengharuskan Anda luwes bergerak untuk menekuk dan meliukkan badan sesuai irama musik. Nah, manfaat yang bisa didapat dari rutin berlatih pole dance lama kelamaan adalah membuat badan jadi lentur. 

Selain itu, manfaat gerakan pole dance umumnya lebih banyak bekerja untuk mengurangi ketegangan di otot-otot tubuh.

4. Meningkatkan rasa percaya diri

Meliuk-liuk seksi sambil menunjukkan lekuk tubuh saat pole dance ternyata dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda, lho!

Beberapa orang meyakini manfaat pole dance satu ini ada kaitannya dengan image seksi yang ingin dibangun. Saat berlatih pole dance, tubuh bagian atas serta inti akan terbentuk kekuatannya. Secara tidak langsung ini bikin Anda lebih pede di depan umum, dan bahkan di ranjang

Selain itu, seperti olahraga pada umumnya, olahraga ini juga melepaskan hormon endorfin yang membuat Anda merasa senang. Keluarnya hormon endorfin adalah salah satu manfaat pole dance yang bisa Anda dapatkan.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca