Ini 6 Tips agar Tubuh Bisa Pulih Optimal setelah Sakit

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 21/03/2020 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Anda butuh cara memulihkan stamina setelah berbaring lama di tempat tidur karena sakit. Setelah sakit, badan memang belum bisa pulih 100% seperti sedia kala. Selama masa pemulihan, tubuh membutuhkan adaptasi kembali dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Sedang dalam masa penyembuhan? Nah, ketahuilah beberapa cara memulihkan stamina setelah sakit.

Begini cara memulihkan stamina setelah sakit

Dalam beraktivitas, setiap orang membutuhkan stamina. Bahkan, stamina juga diperlukan ketika Anda berpikir sekalipun. Begitu pentingnya stamina, ibarat “oli” yang mampu menggerakkan setiap manusia untuk melakukan ragam kegiatan.

Stamina merupakan kekuatan dan energi yang mampu mendukung kegiatan kita secara fisik maupun mental dalam jangka waktu yang lama. Maka itu, Anda perlu memulihkan stamina sehingga tubuh mampu berkegiatan seperti sedia kala.

Berikut beberapa cara memulihkan stamina setelah sakit.

1. Mulailah yoga dan bermeditasi

Bayangkan ketika stamina tak terkumpul secara optimal. Sementara, setelah pulih ada banyak pekerjaan yang menunggu Anda. Salah satu cara memulihkan stamina adalah dengan bermeditasi atau yoga.

Keduanya mampu membuat Anda lebih rileks dan fokus. Melakukannya secara konsisten dapat mengurangi stres dan mendongkrak stamina.

Dibuktikan pula dalam sebuah studi yang melibatkan 27 partisipan dari mahasiswa kedokteran. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa meditasi atau yoga mampu menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan tubuh.

2. Berolahraga

Rasanya pasti melelahkan dan berat untuk memulai olahraga. Meskipun sulit, dorong diri Anda untuk melakukan aktivitas fisik. Karena cara ini ini mampu memulihkan stamina setelah sakit. Misalnya, bersepeda, jalan pagi, atau jogging.

Menurut Kerry J. Stewart, profesor dan direktur klinis dan riset olahraga fisiologi dari Hopkins University School of Medicine., olahraga secara konsisten dapat menambah semangat dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Secara efisien, olahraga mampu memperbaiki kesehatan jantung, paru-paru, maupun otot. Aktivitas fisik dapat memenuhi stamina Anda. Bagi Anda yang setiap harinya hampir dilanda deadline, ada baiknya berolahraga untuk memompa stamina.

3. Banyak minum air sebagai cara memulihkan stamina

Jaga tubuh tetap hidrasi adalah salah satu cara memulihkan stamina tubuh. Paling tidak, setiap orang harus minum 2 liter atau 8 gelas air putih setiap harinya.

Untuk memastikan apakah Anda kekurangan minum atau tidak, cobalah tengok warna urin. Jika urin berwarna kuning gelap, itu tandanya Anda kurang minum. Namun, jika warna kuning terang hingga bening, artinya Anda cukup minum.

4. Makan lebih sering

Usai sakit, biasanya tubuh masih terasa lemas. Cobalah untuk makan lebih banyak, sebagai cara untuk memulihkan stamina. Anda bisa makan dalam porsi kecil tetapi sering sepanjang hari.

Pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks biasanya memakan waktu yang lebih lama untuk diserap tubuh, serta mencegah terjadinya lonjakan gula darah. 

5. Cukup tidur

Meskipun Anda perlu beraktivitas fisik selama pemulihan, tapi jangan abaikan waktu istirahat. Kurang waktu tidur dapat meningkatkan kelelahan, sehingga Anda jadi kembali tak bertenaga pada keesokan harinya.

Melansir laman Web MD, studi dari Standford University mengatakan bahwa cukup tidur dapat meningkatkan stamina dan mengurangi rasa lelah. Maka itu, penting untuk mengatur jam tidur dan istirahat.

Setidaknya setiap orang butuh waktu paling tidak 10 menit untuk beristirahat di sela-sela aktivitas. Sementara itu, kualitas jam tidur seseorang setidaknya 7-8 jam setiap harinya.

Ingatlah poin-poin di atas sebagai cara memulihkan stamina setelah sakit. Sehingga Anda bisa fokus dan konsentrasi dengan optimal ketika kembali beraktivitas.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 4 menit baca

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

4 Penyebab Kanker Kembali Lagi Setelah Sembuh

Setelah melakukan pengobatan yang cukup panjang dan kanker dinyatakan sembuh, rasanya sangat melegakan. Namun, bagaimana kalau kanker kembali muncul?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Hidup Sehat, Tips Sehat 21/06/2020 . 6 menit baca

9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Untuk segera meredakan rasa tidak nyaman, siapkan berbagai makanan berikut untuk mengusir perut kembung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/06/2020 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
mengatasi mimpi buruk

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 5 menit baca
mitos fakta cacingan

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 5 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca