Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda Zumba dan Senam Aerobik

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 20 September 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Zumba dan senam aerobik sama-sama dilakukan dengan iringan musik. Kedua olahraga ini juga ampuh membakar lemak. Meski demikian, zumba dan senam aerobik memiliki perbedaan dalam beberapa hal. Apa saja perbedaan tersebut?

Beda zumba dan senam aerobik

Meski mirip, zumba dan senam aerobik bisa dibedakan dari berbagai aspek. Misalnya saja, jumlah kalori yang dibakar, musik dan pola gerakan yang digunakan, serta bagian tubuh yang terlatih.

Berikut adalah beberapa perbedaan dari kedua olahraga ini:

1. Musik dan tempo yang digunakan

senam Zumba

Senam aerobik umumnya dimulai dengan pemanasan, lalu dilanjutkan dengan gerakan yang lebih intens untuk meningkatkan denyut jantung. Musik yang digunakan biasanya bertempo agak cepat dan selalu konstan sepanjang senam.

Perbedaan dengan senam aerobik, zumba menggunakan musik Latin yang memacu energi. Tempo musik terkadang berubah-ubah sehingga gerakannya pun menjadi bervariasi.

2. Kalori yang dibakar

Rata-rata, Anda dapat membakar hingga 498 kalori dengan melakukan senam aerobik selama satu jam. Jumlah ini dapat bertambah besar, tergantung intensitas senam aerobik dan berat badan Anda.

Tak jauh berbeda dengan senam aerobik, zumba dalam durasi yang sama dapat membakar hingga 360-532 kalori. Anda bisa meningkatkan jumlah kalori yang dibakar dengan lebih sering melakukan zumba serta memperluas jangkauan tangan dan kaki.

3. Kategori olahraga

manfaat zumba
(Source: www.shutterstock.com)

Meski memiliki perbedaan, zumba dan senam aerobik sebenarnya sama-sama berasal dari kategori olahraga kardio. Olahraga ini bertujuan melatih jantung untuk mengedarkan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh dengan lebih efektif.

Bedanya, zumba juga memiliki variasi gerakan lain yang tidak termasuk dalam kategori olahraga kardio. Variasi gerakan zumba biasanya tergolong dalam olahraga ketahanan (resistance). Selain bermanfaat untuk melatih jantung, zumba juga memperkuat otot.

4. Otot tubuh yang terlatih

Senam aerobik dan zumba sama-sama melatih banyak otot tubuh dalam waktu bersamaan, tapi ada perbedaan pada otot yang dilatih ketika Anda melakukan kedua olahraga ini. Senam aerobik akan melatih otot lengan, pundak, kaki, sendi, serta perut.

Sementara itu, fokus utama zumba adalah melatih otot inti tubuh, kaki, serta bokong. Tidak hanya melatih, olahraga terbaik untuk membakar lemak ini juga dapat meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot-otot tersebut.

5. Jenis gerakan yang digunakan

olahraga aerobik dan anaerobik

Perbedaan lain dari zumba dan senam aerobik ada pada set gerakan yang digunakan. Senam aerobik lebih banyak menggunakan gerakan-gerakan atletik yang dilakukan berulang kali. Hal ini bertujuan untuk membakar kalori dalam jumlah besar.

Gerakan zumba banyak mendapat pengaruh dari gaya tarian Latin. Langkah-langkah yang digunakan cukup sederhana, tapi Anda akan lebih sering melakukan gerakan dengan pinggul sehingga seluruh tubuh Anda ikut bergerak.

Zumba dan senam aerobik merupakan olahraga andalan untuk membakar lemak dengan cara yang menyenangkan. Keduanya memiliki perbedaan masing-masing, baik dari segi tempo, kalori yang dibakar, hingga bagian tubuh yang terlatih.

Perbedaan pada zumba dan senam aerobik akan membantu dalam memilih jenis olahraga yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Meski demikian, Anda pun bisa melakukan keduanya secara bergantian untuk memperoleh manfaat optimal.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Zumba Saat Hamil Boleh-Boleh Saja, Asal Ikuti 5 Aturan Ini

Saat hamil, Anda memang tidak bisa sembarang memilih olahraga. Zumba saat hamil boleh-boleh saja dilakukan, asal Anda mengikuti ketentuan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 20 Januari 2019 . Waktu baca 3 menit

Agar Hasilnya Maksimal, Harus Zumba Berapa Kali Seminggu?

Zumba memang seru karena gerakannya lincah dan lagunya semangat. Nah, jika mau turun berat badan atau badan bugar, harus senam Zumba berapa kali, sih?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Kebugaran, Hidup Sehat 29 Oktober 2018 . Waktu baca 6 menit

4 Manfaat Zumba yang Menyehatkan dan Menyenangkan

Dengan musik ceria dan tarian lincahnya, zumba memang menjadi favorit bagi banyak kalangan. Apa saja manfaat zumba yang baik untuk tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kebugaran, Hidup Sehat 12 Juli 2017 . Waktu baca 3 menit

Olahraga Dapat Mencegah Tubuh Mengalami Penuaan

Penelitian di Kanada mengungkapkan bahwa olahraga mencegah penuaan pada tubuh. Bagaimana olahraga bisa membuat tubuh awet muda?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kebugaran, Hidup Sehat 29 Juni 2017 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

senam hipertensi

Manfaat dan Jenis-jenis Senam untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 17 Mei 2020 . Waktu baca 7 menit
senam hipertensi

Ingin Olahraga, Tapi Malas Keluar Rumah? Coba Gerakan Senam Kardio Ini

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 14 November 2019 . Waktu baca 5 menit
zumba dan latihan aerobik

Antara Zumba dan Aerobik, Mana yang Lebih Ampuh Turunkan Berat Badan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 17 September 2019 . Waktu baca 3 menit
mitos olahraga

5 Mitos Kuno Seputar Olahraga yang Tidak Perlu Terus Dipercaya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 11 Juni 2019 . Waktu baca 4 menit