Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda Zumba dan Senam Aerobik

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Zumba dan senam aerobik sama-sama dilakukan dengan iringan musik. Kedua olahraga ini juga ampuh membakar lemak. Meski demikian, zumba dan senam aerobik memiliki perbedaan dalam beberapa hal. Apa saja perbedaan tersebut?

Beda zumba dan senam aerobik

Meski mirip, zumba dan senam aerobik bisa dibedakan dari berbagai aspek. Misalnya saja, jumlah kalori yang dibakar, musik dan pola gerakan yang digunakan, serta bagian tubuh yang terlatih.

Berikut adalah beberapa perbedaan dari kedua olahraga ini:

1. Musik dan tempo yang digunakan

senam Zumba

Senam aerobik umumnya dimulai dengan pemanasan, lalu dilanjutkan dengan gerakan yang lebih intens untuk meningkatkan denyut jantung. Musik yang digunakan biasanya bertempo agak cepat dan selalu konstan sepanjang senam.

Perbedaan dengan senam aerobik, zumba menggunakan musik Latin yang memacu energi. Tempo musik terkadang berubah-ubah sehingga gerakannya pun menjadi bervariasi.

2. Kalori yang dibakar

Rata-rata, Anda dapat membakar hingga 498 kalori dengan melakukan senam aerobik selama satu jam. Jumlah ini dapat bertambah besar, tergantung intensitas senam aerobik dan berat badan Anda.

Tak jauh berbeda dengan senam aerobik, zumba dalam durasi yang sama dapat membakar hingga 360-532 kalori. Anda bisa meningkatkan jumlah kalori yang dibakar dengan lebih sering melakukan zumba serta memperluas jangkauan tangan dan kaki.

3. Kategori olahraga

manfaat zumba
(Source: www.shutterstock.com)

Meski memiliki perbedaan, zumba dan senam aerobik sebenarnya sama-sama berasal dari kategori olahraga kardio. Olahraga ini bertujuan melatih jantung untuk mengedarkan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh dengan lebih efektif.

Bedanya, zumba juga memiliki variasi gerakan lain yang tidak termasuk dalam kategori olahraga kardio. Variasi gerakan zumba biasanya tergolong dalam olahraga ketahanan (resistance). Selain bermanfaat untuk melatih jantung, zumba juga memperkuat otot.

4. Otot tubuh yang terlatih

Senam aerobik dan zumba sama-sama melatih banyak otot tubuh dalam waktu bersamaan, tapi ada perbedaan pada otot yang dilatih ketika Anda melakukan kedua olahraga ini. Senam aerobik akan melatih otot lengan, pundak, kaki, sendi, serta perut.

Sementara itu, fokus utama zumba adalah melatih otot inti tubuh, kaki, serta bokong. Tidak hanya melatih, olahraga terbaik untuk membakar lemak ini juga dapat meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot-otot tersebut.

5. Jenis gerakan yang digunakan

olahraga aerobik dan anaerobik

Perbedaan lain dari zumba dan senam aerobik ada pada set gerakan yang digunakan. Senam aerobik lebih banyak menggunakan gerakan-gerakan atletik yang dilakukan berulang kali. Hal ini bertujuan untuk membakar kalori dalam jumlah besar.

Gerakan zumba banyak mendapat pengaruh dari gaya tarian Latin. Langkah-langkah yang digunakan cukup sederhana, tapi Anda akan lebih sering melakukan gerakan dengan pinggul sehingga seluruh tubuh Anda ikut bergerak.

Zumba dan senam aerobik merupakan olahraga andalan untuk membakar lemak dengan cara yang menyenangkan. Keduanya memiliki perbedaan masing-masing, baik dari segi tempo, kalori yang dibakar, hingga bagian tubuh yang terlatih.

Perbedaan pada zumba dan senam aerobik akan membantu dalam memilih jenis olahraga yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Meski demikian, Anda pun bisa melakukan keduanya secara bergantian untuk memperoleh manfaat optimal.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca