home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Cara Efektif Membersihkan Daki yang Menumpuk di Badan

Cara Efektif Membersihkan Daki yang Menumpuk di Badan

Menemukan daki alias kotoran di leher dan badan rasanya seperti mimpi buruk. Bagaimana tidak? Daki sudah sering dikaitkan dengan kebersihan diri yang kurang terjaga. Namun, tak perlu panik jika terdapat daki di tubuh Anda. Artikel kali ini akan mengupas bagaimana cara menghilangkan daki hingga tuntas.

Cara menghilangkan daki di badan secara alami

Daki adalah kotoran yang terdiri dari sel kulit mati, minyak (sebum), serta keringat yang menumpuk di atas kulit.

Kotoran tersebut bisa Anda temukan di hampir seluruh bagian tubuh.

Namun, area tubuh yang paling sering ditemukan penumpukan daki adalah leher, lipatan lengan, lipatan kaki, serta punggung.

Saat proses regenerasi atau pergantian kulit, sel kulit mati sebenarnya dapat terlepas dengan sendirinya. Akan tetapi, ada pula yang masih menumpuk dan menimbulkan daki.

Pada kasus yang lebih parah, daki yang dibiarkan menumpuk terlalu lama atau tidak dibersihkan dengan tuntas berisiko mengakibatkan dermatitis neglecta.

Dermatitis neglecta sendiri adalah kelainan kulit yang dikarenakan kurang menjaga kebersihan diri.

Akibatnya, penumpukan sel kulit mati dan kotoran tak hanya menimbulkan daki, tetapi juga sisik serta perubahan warna kulit.

Maka dari itu, penting bagi setiap orang untuk tahu cara membersihkan kulit dengan baik agar daki tidak menumpuk.

Membersihkan daki di tubuh juga bagian dari menjaga kebersihan tubuh untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

dermatitis kontak

Caranya membersihkan daki di badan pun cukup mudah, berikut yang bisa Anda lakukan.

1. Mandi hingga bersih

Membersihkan tubuh dengan mandi ternyata tidak boleh Anda lakukan secara asal-asalan. Cara mandi yang kurang tepat bisa menyebabkan daki menumpuk.

Maka dari itu, pastikan Anda mandi dengan sabun dan membersihkan bagian-bagian tubuh yang paling mudah dihinggapi kotoran.

2. Mengelap tubuh saat berkeringat

Apabila Anda termasuk orang yang mudah berkeringat, cara efektif untuk menghilangkan daki, terutama di leher, adalah selalu mengelap tubuh.

Anda bisa memakai lap basah atau tisu setiap kali tubuh berkeringat, terutama di bagian leher.

Jangan lupa juga untuk menyeka bagian tubuh yang kotor dan penuh debu sehabis beraktivitas, terutama jika Anda berkeringat cukup banyak.

3. Mengeksfoliasi kulit

Terkadang, cara menghilangkan daki yang sudah menghitam tidak cukup hanya dengan mandi.

Anda juga perlu melakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel-sel kulit mati dengan scrub.

Anda bisa mendapatkan produk scrub di toko atau supermarket. Pilihan lainnya, Anda juga dapat memanfaatkan bahan-bahan di rumah untuk membuat scrub alami, seperti:

Kopi

Anda mungkin pernah melihat produk scrub atau perawatan kulit berbahan dasar kopi. Ya, kopi dikenal memiliki kandungan yang baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Tak hanya itu saja, kafein yang terdapat di dalam kopi juga diyakini dapat mengurangi tampilan selulit. Hal tersebut dibuktikan melalui sebuah studi dari Annals of Dermatology.

Anda bisa mencampurkan kopi dengan air hangat dan 1 sendok makan minyak kelapa untuk membuat scrub.

Brown sugar

Cara lain untuk menghilangkan daki adalah dengan memanfaatkan brown sugar alias gula pasir cokelat.

Membuat scrub dari brown sugar pun cukup mudah dan tidak berbeda jauh dengan kopi.

Anda hanya perlu mencampurkannya dengan minyak kelapa atau olive oil sesuai selera.

Madu dan gula

Menurut sebuah penelitian dari Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, madu memiliki bahan-bahan antibakteri yang baik untuk melindungi kulit dari kuman.

Tak hanya itu saja, madu juga mengandung antioksidan yang baik untuk menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Agar bisa digunakan sebagai scrub, Anda dapat mencampur madu dengan gula pasir. Tambahkan pula sedikit minyak kelapa atau olive oil sesuai selera.

Ingat, saat mengaplikasikan scrub, pastikan Anda menggosok campuran bahan-bahan di atas dengan gerakan yang lembut.

Hindari menggosok kulit terlalu kasar karena hal tersebut berisiko menimbulkan iritasi kulit.

Cara menghilangkan daki di badan dengan obat

Seharusnya, metode-metode di atas sudah bisa meluruhkan penumpukan daki dari kulit Anda dengan efektif.

Namun, sebagian orang mungkin memiliki daki yang telanjur mengeras, bahkan menjadi kerak dan sulit dihilangkan.

Jika kondisi ini Anda alami, sebaiknya konsultasikan masalah tersebut ke dokter kulit.

Dokter akan meresepkan obat oles untuk membantu melunakkan daki yang membandel.

Pada sebagian kasus, daki yang sulit diatasi seperti dermatitis neglecta dapat diobati dengan obat agen keratolitik, seperti:

Itulah cara-cara yang dapat Anda tempuh untuk menghilangkan daki di badan.

Agar penumpukan daki tidak muncul kembali, pastikan Anda selalu mandi hingga bersih. Bila perlu, lakukan eksfoliasi kulit setidaknya 2 kali seminggu.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Stewart, T. (2017). Dermatitis neglecta – DermNet NZ. Retrieved March 3, 2021, from https://dermnetnz.org/topics/dermatitis-neglecta/ 

How to Safely Exfoliate at Home – American Academy of Dermatology Association. (n.d.). Retrieved March 3, 2021, from https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/safely-exfoliate-at-home 

Saha, A., Seth, J., Sharma, A., Biswas, D. (2015). Dermatitis Neglecta — A Dirty Dermatosis: Report of Three Cases. Indian Journal of Dermatology, 60(2), 185-187  https://dx.doi.org/10.4103%2F0019-5154.152525

Mandal, M., & Mandal, S. (2011). Honey: its medicinal property and antibacterial activity. Asian Pacific Journal Of Tropical Biomedicine, 1(2), 154-160. https://dx.doi.org/10.1016%2FS2221-1691(11)60016-6

Byun, S., Kwon, S., Heo, S., Shim, J., Du, M., & Na, J. (2015). Efficacy of Slimming Cream Containing 3.5% Water-Soluble Caffeine and Xanthenes for the Treatment of Cellulite: Clinical Study and Literature Review. Annals Of Dermatology, 27(3), 243. https://dx.doi.org/10.5021%2Fad.2015.27.3.243

Roure, R., Oddos, T., Rossi, A., Vial, F., & Bertin, C. (2011). Evaluation of the efficacy of a topical cosmetic slimming product combining tetrahydroxypropyl ethylenediamine, caffeine, carnitine, forskolin and retinol, In vitro, ex vivo and in vivo studies. International journal of cosmetic science, 33(6), 519–526. https://doi.org/10.1111/j.1468-2494.2011.00665.x

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Shylma Na'imah Diperbarui 2 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.