home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

5 Cara Ampuh Membersihkan Daki di Leher yang Membandel

5 Cara Ampuh Membersihkan Daki di Leher yang Membandel

Leher yang terlihat kotor dan berdaki tentunya cukup mengganggu penampilan. Kepercayaan diri pun bisa menurun akibat leher yang kurang terjaga kebersihannya. Apakah Anda salah satu dari sekian orang yang memiliki masalah daki di leher? Tenang, artikel kali ini akan membagikan tips seputar cara menghilangkan daki di leher dengan efektif serta mudah. Simak, ya!

Cara menghilangkan daki di leher dengan mudah

Daki adalah kotoran yang terdiri dari minyak, keringat, serta sel kulit mati yang menumpuk. Hampir di seluruh bagian tubuh Anda mungkin terdapat daki, dan leher adalah salah satunya.

Penumpukan daki di leher terkadang sulit dihindari, mengingat leher adalah area tubuh yang paling mudah berkeringat.

Namun, kurang terjaganya kebersihan diri dan bisa menjadi faktor terbesar mengapa daki menumpuk di leher.

Ditambah lagi, beberapa kondisi kesehatan bisa memicu penumpukan daki di leher, bahkan menyebabkan leher tampak menghitam.

Bahkan, menjaga kebersihan bagian tubuh, termasuk leher, juga merupakan bentuk terlaksananya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Berikut adalah beberapa kondisi medis yang menyebabkan leher tampak hitam dan dipenuhi daki.

  • Acanthosis nigricans (AN): merupakan kondisi yang disebabkan oleh kadar insulin tubuh dan banyak ditemukan pada pasien diabetes.
  • Dermatitis neglecta: penumpukan sel kulit mati dan keringat yang berlebihan, sehingga kulit berubah menjadi kehitaman.
  • Konsumsi obat: obat-obatan tertentu seperti NSAID, antimalaria, serta antipsikotik bisa memicu perubahan warna kulit, termasuk leher.

cara menghilangkan hitam di leher

Apabila leher Anda memiliki dahi berlebih, tidak perlu risau.

Berikut berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan daki di leher.

1. Bersihkan leher saat mandi

Saat mandi, pastikan Anda membersihkan bagian leher secara menyeluruh.

Mandi terlalu cepat atau kurang memperhatikan area-area tertentu akan menyebabkan kotoran semakin sulit dibasmi.

Maka dari itu, usahakan Anda tidak melewatkan bagian leher, terutama di leher bagian belakang.

Dengan cara ini, Anda dapat menghilangkan daki di leher secara perlahan tetapi pasti, asalkan Anda mau menjadikan ini sebagai kebiasaan setiap kali mandi.

2. Menjaga kadar gula darah

Salah satu faktor yang menyebabkan leher mudah menghitam dan berdaki adalah kadar gula darah yang tinggi.

Oleh karena itu, cara lain untuk menghilangkan daki di leher adalah dengan mengendalikan gula darah Anda.

Anda bisa mulai dengan menjalani gaya hidup sehat, mulai dari rutin berolahraga hingga mengonsumsi makanan yang bergizi.

3. Segera lap leher saat berkeringat

Aktivitas sehari-hari, terutama yang harus dilakukan di luar ruangan dan di bawah sinar matahari, menyebabkan tubuh lebih mudah berkeringat.

Leher merupakan bagian tubuh yang cukup sering berkeringat. Untuk mencegah penumpukan kotoran dan daki, pastikan Anda segera mengelap leher saat keringat mulai muncul.

Siapkan tisu, lap, atau handuk kecil setiap saat di dalam tas sehingga Anda dapat mengelap leher kapan saja dan di mana saja.

4. Mengeksfoliasi kulit leher

Cara selanjutnya untuk menghilangkan daki di leher adalah dengan melakukan eksfoliasi. Apa itu eksfoliasi?

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati dengan bantuan produk perawatan kulit tertentu. Anda bisa menggunakan produk scrub yang mudah didapat di toko atau supermarket.

Jika Anda memakai scrub, oles dan pijatkan produk ke leher Anda dengan gerakan memutar. Lakukan gerakan tersebut selama 30 detik, kemudian bilas dengan air hangat.

Anda juga bisa memakai spons untuk mengeksfoliasi kulit. Hindari eksfoliasi pada kulit yang terluka atau terbakar matahari.

5. Memanfaatkan bahan-bahan alami

Alternatif lainnya untuk membersihkan daki adalah memanfaatkan bahan alami yang ada di rumah.

Anda bisa menggunakan bahan-bahan rumahan dan membuat scrub sendiri. Cara ini diyakini efektif, mudah, serta lebih murah untuk menghilangkan daki di leher.

Salah satu bahan yang bisa Anda manfaatkan adalah bubuk kopi.

Menurut sebuah studi dari jurnal Analytical Methods, kopi tak hanya baik dalam mengangkat sel kulit mati, tetapi juga melindungi kulit dari kuman.

Untuk membuat scrub dari kopi, Anda bisa mencampurkan kopi dengan gula pasir merah dan sedikit air perasan lemon.

Jika Anda sudah melakukan cara-cara di atas untuk menghilangkan daki di leher dan tak kunjung berhasil, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

Dokter mungkin akan meresepkan obat topikal atau oles untuk membantu meluruhkan daki yang membandel, seperti krim retinol atau benzoil peroksida.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to Safely Exfoliate at Home – American Academy of Dermatology. (n.d.). Retrieved March 10, 2021, from https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/safely-exfoliate-at-home 

Acanthosis Nigricans: Diagnosis and Treatment – American Academy of Dermatology. (n.d.). Retrieved March 10, 2021, from https://www.aad.org/public/diseases/a-z/acanthosis-nigricans-treatment 

Hyperpigmentation – of the face and neck – The Primary Care Dermatology Society. (2019). Retrieved March 10, 2021, from http://www.pcds.org.uk/clinical-guidance/melasma-syn.-chloasma-and-other-causes-of-facial-hyperpigmentation 

Acanthosis nigricans – Mayo Clinic. (2020). Retrieved March 10, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acanthosis-nigricans/symptoms-causes/syc-20368983 

Why is the skin on the back of my neck looking dark? – Center for Young Women’s Health. (2013). Retrieved March 10, 2021, from https://youngwomenshealth.org/2013/10/16/why-is-the-skin-on-the-back-of-my-neck-looking-dark/ 

Stewart, T. (2017). Dermatitis neglecta – DermNet NZ. Retrieved March 10, 2021, from https://dermnetnz.org/topics/dermatitis-neglecta/ 

Hassan, S., Zhou, X. (2021). Drug Induced Pigmentation. StatPearls Publishing.

Magnani, C., Isaac, V., Correa, MA., Salgado, HR. (2013). Caffeic Acid: a review of its potential use for medications and cosmetics Analytical Methods, 1-3

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Shylma Na'imah Diperbarui 02/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.