home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Bebas Kuman Sebelum Dipakai, Ini Langkah Mudah Membersihkan Kompor Gas

Bebas Kuman Sebelum Dipakai, Ini Langkah Mudah Membersihkan Kompor Gas

Memasak merupakan salah satu aktivitas favorit hampir seluruh ibu rumah tangga. Agar kualitas serta kebersihan makanan senantiasa terjamin, Anda tidak boleh melupakan kebersihan peralatan masak yang digunakan, termasuk kompor gas. Selain dapat memengaruhi kualitas masakan, keawetan kompor gas juga akan terancam jika tidak dipelihara dengan baik. Yuk, pelajari cara membersihkan kompor gas Anda supaya terbebas dari kotoran dan penyakit!

Cara merawat dan membersihkan kompor gas

Anda mungkin tidak menyadari bahwa kompor gas adalah peralatan dapur yang paling mudah kotor.

Pasalnya, kompor gas termasuk alat yang paling sering digunakan sehingga rentan terkena tumpahan air, cipratan minyak, atau kotoran lainnya.

Akibatnya, kompor gas lebih mudah menjadi sarang jamur, karat, serta bakteri.

Kondisi ini tak hanya memengaruhi keawetan kompor gas itu sendiri, tetapi juga meningkatkan risiko Anda dan keluarga terkena penyakit akibat peralatan masak yang kotor.

Menurut situs University of Rochester, beberapa jenis bakteri yang mudah menyebar di dapur adalah Staphylococcus, Salmonella, serta Listeria.

Bakteri ini berisiko menyebabkan gangguan pencernaan serta penyakit berbahaya lainnya.

Oleh karena itu, mengetahui cara membersihkan kompor gas yang baik dan benar sangatlah penting demi menjaga kebersihan diri sendiri dan keluarga.

Membersihkan dapur dan benda-benda di dalamnya, termasuk kompor gas yang digunakan setiap hari, juga bagian dari menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

Berikut langkah-langkah penting yang bisa Anda lakukan saat membersihkan kompor gas.

1. Lepaskan ring kompor gas

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah bagian ring atau bulatan dari kompor gas. Lepaskan ring terlebih dahulu, kemudian cuci secara terpisah dari kompor gas Anda.

Biasanya, ring kompor gas dapat dilepas dengan mudah dari tempatnya.

Namun, jika Anda memiliki ring yang menyatu dengan kompor gas, Anda bisa membaca buku panduan kompor gasnya lebih dulu.

Cara membersihkan ring kompor gas sangat mudah. Rendamlah ring di dalam air panas, kemudian tambahkan sabun cuci piring.

Biarkan ring terendam selama 2 jam hingga kotoran yang menempel terangkat. Setelah itu, gunakan sikat gigi bekas untuk menyikat ring.

Bilas ring hingga sisa-sisa sabun tak lagi tersisa, kemudian lap dengan kain hingga kering.

2. Gunakan pembersih khusus tungku kompor gas

Cara selanjutnya adalah membersihkan tungku kompor gas. Pada tahapan ini, ada baiknya Anda menggunakan produk pembersih yang diformulasikan khusus untuk tungku kompor gas.

Membersihkan tungku dengan air dan sabun tidak disarankan. Pasalnya, air dan sabun dapat membuat kondisi tungku terlalu lembap sehingga api sulit dinyalakan.

Biasanya, produk pembersih khusus tungku sangat mudah digunakan. Anda dapat mengoleskan produk ke tungku dan diamkan beberapa menit sebelum disikat hingga bersih.

Langkah terakhir adalah mengelap tungku dengan lap kain. Pastikan bagian dasar tungku kompor gas bebas dari ampas sisa memasak.

3. Jangan lewatkan permukaan kompor gas

Selain membersihkan ring dan tungku, Anda tentu tak boleh melupakan bagian permukaan kompor.

Ini karena noda minyak serta tumpahan masakan pasti banyak ditemukan di permukaan kompor.

Cara membersihkan permukaan kompor gas tidaklah sulit. Anda hanya memerlukan cairan pembersih yang banyak tersedia di pasaran.

Selain itu, Anda juga bisa membersihkan permukaan kompor gas dengan memakai bahan-bahan alami, seperti larutan cuka, baking soda, atau jeruk nipis, lemon.

Bahan-bahan alami tersebut biasanya mengandung asam yang membantu meluruhkan kotoran di perlengkapan rumah tangga Anda, termasuk kompor gas.

4. Selalu cek kondisi selang dan regulator tabung gas

Setelah selesai membersihkan kompor gas, pastikan Anda juga mengecek kondisi selang dan regulator tabung gas.

Sering kali kompor gas yang tidak menyala disebabkan oleh aliran dari tabung gas ke kompor yang bermasalah.

Itu sebabnya, selain mengetahui cara membersihkan kompor gas, Anda juga perlu tahu kondisi regulator tabung untuk mencegah selang tersumbat maupun memastikan tabung gas bocor atau tidaknya.

5. Segera bersihkan jika ada noda di kompor gas

Membersihkan kompor gas memang perlu dilakukan secara berkala.

Saat sedang bersih-bersih rumah, ada baiknya Anda melakukan kegiatan membersihkan kompor gas seminggu sekali.

Namun, selain bersih-bersih seminggu sekali, akan lebih baik jika Anda segera membersihkan permukaan kompor jika ada noda atau cipratan minyak.

Anda bisa menggunakan kain lap atau spons untuk menghilangkan noda dari permukaan kompor.

Dengan cara ini, kegiatan membersihkan kompor gas yang dilakukan secara berkala akan jauh lebih cepat prosesnya.

Setelah selesai bersih-bersih atau menggunakan peralatan memasak apa pun, pastikan Anda mencuci tangan hingga bersih, ya!

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

DiClerico, D. (2016). How to Clean a Smoothtop Range or Cooktop – Consumer Reports. Retrieved April 15, 2021, from https://www.consumerreports.org/ranges/how-to-clean-a-smoothtop-range-or-cooktop/ 

Kitchen Appliances – American Cleaning Institute. (n.d.). Retrieved April 15, 2021, from https://www.cleaninginstitute.org/cleaning-tips/clean-home/room-room/kitchen-appliances 

Hard Surface Hygiene – American Cleaning Institute. (n.d.). Retrieved April 15, 2021, from https://www.cleaninginstitute.org/sites/default/files/assets/1/AssetManager/HardSurfaceFS2010.pdf 

A rough guide to clean cookstoves – Clean Cooking Alliance. (2012). Retrieved April 15, 2021, from https://www.cleancookingalliance.org/resources_files/a-rough-guide-to-clean.pdf 

9 Places Germs Are Lurking in Your Kitchen – Cleveland Clinic. (2020). Retrieved April 15, 2021, from https://health.clevelandclinic.org/9-places-germs-are-lurking-in-your-kitchen/ 

In the Kitchen: Prevent the Spread of Infection – University of Rochester Medical Center. (2021). Retrieved April 15, 2021, from https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=1&contentid=1220 

5 Essential DIY Kitchen Cleaning Tricks – Lifehack. (2021). Retrieved April 15, 2021, from https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/5-essential-diy-kitchen-cleaning-tricks.html

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Shylma Na'imah Diperbarui 07/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
x