backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Apakah Produk Pembersih di Rumah Anda Sebabkan Masalah Pernapasan?

Ditinjau secara medis oleh dr. Yusra Firdaus


Ditulis oleh Yuliati Iswandiari · Tanggal diperbarui 03/03/2021

    Apakah Produk Pembersih di Rumah Anda Sebabkan Masalah Pernapasan?

    Ketika belanja bulanan, Anda pasti tak lupa membeli berbagai produk pembersih rumah seperti karbol, detergen, dan sabun cuci piring. Menjaga kebersihan rumah memang sangat penting demi menjaga kesehatan keluarga. Akan tetapi, penelitian terbaru justru membuktikan kalau produk tersebut berpotensi menyebabkan masalah kesehatan. Bagaimana bisa, ya? Cari tahu jawabannya di bawah ini. 

    Senyawa kimia dalam produk pembersih rumah bisa menyebabkan masalah pernapasan

    Menurut Allen Rathey dari The Healthy Facilities Institute, senyawa amonia, disinfektan (pembunuh kuman), phthalate, dan senyawa lainnya pada produk pembersih rumah terkait dengan meningkatnya  risiko penyakit pernapasan, seperti asma.

    Bahan kimia berbahaya ini sering ditemukan dalam produk pemutih toilet atau pakaian serta produk untuk membersihkan debu. Beberapa pemutih dan pembersih ini biasanya juga mengandung senyawa kimia ethylene glycol butyl ether atau biasa disingkat EGBE. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH), senyawa kimia EGBE ini bisa memengaruhi darah.

    EGBE sangat mudah terhirup melalui udara dan terserap melalui kulit. EGBE bahkan tercatat sebagai senyawa kimia beracun bagi mata, kulit, sistem saraf pusat, sistem pernapasan, ginjal, dan hati. Menurut Agency for Toxic Substances and Disease Registry, EGBE bisa memengaruhi perkembangan dan sistem reproduksi seseorang. Jadi bisa disimpulkan bahwa EGBE adalah senyawa kimia yang berbahaya dan harus dihindari.

    Sebuah penelitian yang telah dipublikasikan di Journal Air Quality, Atmosphere & Health menemukan bahwa lebih dari sepertiga orang Amerika Serikat melaporkan efek kesehatan seperti sakit kepala migrain dan serangan asma akibat terpapar produk pembersih rumah, detergen, dan penyegar udara.

    Dr. Ahmed Arif, seorang pakar epidemiologi dari University of North Carolina Charlotte mengatakan bahwa sebagian besar produk tersebut memiliki senyawa organik yang mudah menguap dan bisa mengganggu saluran pernapasan jika terpapar terlalu lama dan terlalu sering.

    produk pembersih rumah

    Tips aman membersihkan rumah

    Jika Anda memang harus menggunakan produk pembersih rumah yang berisiko, kenakan baju lengan panjang, sarung tangan, masker, dan kacamata pelindung agar tidak mudah terpapar bahan kimia.

    Anda juga harus bekerja di tempat yang memiliki sirkulasi udara (ventilasi) yang baik. Bila tidak mau mengambil risiko, Anda bisa memilih produk pembersih rumah yang alami seperti dari cuka, baking soda, dan air jeruk. Anda pun bisa meraciknya sendiri di rumah.

    Selain itu, kalau Anda memang punya masalah pernapasan atau asma, hindari membersihkan rumah dengan produk-produk pembersih yang mengandung bahan kimia berbahaya tersebut. Usahakan untuk membeli produk yang paling alami dan minim bahan kimia tambahannya.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Yusra Firdaus


    Ditulis oleh Yuliati Iswandiari · Tanggal diperbarui 03/03/2021

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan