Sering Tersedak Air Liur Sendiri Tiba-Tiba, Apa Penyebabnya, Ya?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Selain makanan, orang juga bisa tersedak atau keselak oleh air liur sendiri. Sebenarnya, ini adalah hal yang wajar. Namun, jika terjadi terus-terusan, bisa jadi ada masalah kesehatan yang Anda alami.

Masalah kesehatan apa saja yang mungkin muncul akibat kondisi ini? Dan, apa saja yang bisa Anda lakukan agar tak lagi sering tersedak air liur?

Penyebab Anda sering tersedak air liur

Air liur diproduksi oleh kelenjar eksokrin. Gunanya untuk membantu mencerna makanan dan menjaga kebersihan mulut dari bakteri.

Setiap hari tubuh memproduksi sekitar 1 hingga 2 liter air liur yang kemudian tertelan. Namun, terkadang air liur tidak mengalir ke tenggorokan dengan baik.

Akibatnya Anda pun jadi tersedak dan sulit bernapas. Hal ini biasanya terjadi terjadi ketika Anda makan atau mengunyah sambil berbicara.

Meskipun umum terjadi, bukan berarti Anda tak perlu curiga jika kejadian amat sering menimpa Anda. Bisa jadi, ada masalah kesehatan atau kebiasaan buruk bisa jadi penyebabnya.

Berikut adalah beberapa penyebab Anda sering keselak air liur sendiri.

1. Disfagia

susah menelan disfagia

Penyebab paling umum seseorang sering tersedak air liur adalah kesulitan menelan. Dalam bahasa medis, kondisi ini dikenal dengan nama disfagia.

Disfagia bukanlah penyakit, melainkan gejala yang dapat juga terjadi pada kondisi lain. Berbagai masalah kesehatan yang dapat menyebabkan disfagia, antara lain:

  • Kerusakan saraf kranial otak yang mengganggu transmisi sinyal menelan ke tenggorokan (disfagia oropharingeal)
  • Terbentuknya jaringan parut, tumor, atau infeksi di belakang tenggorokan (disfagia esofagus)
  • Memiliki kondisi mulut sumbing

2. Gangguan tidur

Tersedak tidak hanya terjadi saat anda makan atau minum saja. Beberapa orang pernah merasakannya bahkan ketika tertidur lelap.

Sering tersedak ludah saat tidur kemungkinan disebabkan oleh gangguan tidur, seperti sleep apnea obstruktif.

Tersedak saat tidur ini terjadi ketika air liur berkumpul di mulut kemudian mengalir ke paru-paru sehingga menyebabkan jalan pernapasan terganggu.

3. Masalah pada paru

penyakit pneumonia

Terganggunya jalan pernapasan memang bisa menyebabkan seseorang jadi sering tersedak air liur. Ini terjadi karena produksi lendir dan air liur yang menumpuk saluran pernapasan.

Bukan hanya tersedak air liur sendiri, kondisi ini juga membuat seseorang batuk dan sulit menelan.

Penumpukan lendir dan air liur pada saluran pernapasan ini biasanya disebabkan oleh beberapa penyakit, yakni:

  • Pneumonia (peradangan paru)
  • Bronkitis (peradangan saluran bronkus)
  • Emfisema (kerusakan kantung alveolus)
  • Cystic fibrosis (masalah genetik yang menyebabkan lendir dan air liur lengket menumpuk di paru)

4. Masalah pada otot dan saraf

Gerakan menelan makanan dan air tentu berkaitan erat dengan otot dan saraf. Jika seseorang memiliki masalah pada otot dan saraf, kemungkinan besar mereka akan kesulitan menelan sekaligus sering tersedak makanan, minuman, dan air liur.

Beberapa penyakit saraf yang menyebabkan seseorang sering tersedak, antara lain stroke, penyakit Parkinson, demensia, dan orang yang mengalami cedera otak atau saraf tulang belakang.

Sementara, masalah otot yang menyebabkan gejala serupa, yaitu distrofi otot.

5. Refluks asam lambung

Orang dengan refluks asam lambung, biasanya akan mengalami disfagia. Hal ini terjadi ketika asam lambung yang berlebihan mengalir ke tenggorokan dan merangsang air liur jadi lebih banyak.

Selain disfagia, refluks asam lambung juga menimbulkan berbagai gejala, seperti perut mulas, mual, dan nyeri dada.

6. Memakai gigi palsu

merawat gigi palsu

Memakai gigi palsu yang tidak pas ternyata bisa menyebabkan Anda sering tersedak. Ini karena otak mengira gigi palsu adalah benda asing. Akibatnya, produksi air liur akan diperbanyak.

Banyaknya air liur tersebut yang kemudian meningkatkan risiko Anda tersedak air liur lebih sering.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Kondisi ini biasanya terjadi pada waktu awal saja. Semakin lama, tubuh akan menyesuaikan diri dengan keberadaan gigi palsu tersebut.

7. Terlalu banyak minum alkohol

Minum alkohol dalam jumlah banyak bisa menyebabkan respons otot menjadi lambat. Hal ini mengakibatkan air liur yang seharusnya terdorong oleh otot lidah untuk pergi ke tenggorokan menumpuk, sehingga rentan membuat Anda tersedak.

8. Penyebab lainnya

Tersedak air liur biasanya terjadi akibat produksi air terlalu banyak (hipersaliva). Kondisi ini biasanya terjadi pada wanita hamil karena perubahan hormonal.

Selain itu, orang yang punya kebiasaan berbicara dengan cepat juga memiliki jumlah air liur yang lebih banyak sehingga mudah sekali tersedak air liur.

Lantas, bagaimana cara mengatasi dan mencegahnya?

penyebab sirosis hati

Sebenarnya, tersedak air ludah bukanlah masalah serius. Namun, Anda tetap tak boleh menyepelekan, apalagi jika ini sering terjadi.

Berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan diagnosis tepat penyebabnya. Dokter akan memberikan saran pengobatan jika kondisi yang Anda alami disebabkan oleh penyakit tertentu.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Terapkan kebiasaan baik saat makan, seperti menyendok makanan secukupnya dan makan secara perlahan.
  • Hindari tidur setelah makan dan makan sambil berbicara.
  • Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dengan posisi miring.
  • Kurangi konsumsi alkohol dan kunyah permen karet bebas gula.
  • Gunakan obat lain yang efek sampingnya tidak menyebabkan produksi air liur berlebihan. Ingat, konsultasikan ke dokter terlebih dulu sebelum mengganti obat yang biasanya Anda minum.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca