Proses Pemasangan Gigi Palsu dari Awal Sampai Akhir

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Gigi ompong dapat membuat Anda kesulitan untuk mengunyah makanan atau bahkan berbicara. Tak hanya itu. Gigi yang ompong dapat menurunkan rasa percaya diri. Nah, jika Anda salah satu empunya gigi ompong, pasang gigi palsu bisa jadi solusi mengembalikan senyum yang indah. Seperti apa proses pemasangan gigi palsu dan apa yang perlu dipersiapkan? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini.

Jenis-jenis gigi palsu

merawat gigi palsu

Gigi tanggal atau ompong dapat disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari kerusakan gigi akibat penyakit gusi hingga benturan keras yang mengenai mulut.

Apa pun penyebabnya, gigi yang ompong harus segera diganti dengan gigi yang baru. Pasalnya, gigi yang dibiarkan ompong dapat mengubah struktur tulang rahang sehingga wajah jadi tidak simetris. Belum lagi keluhan sulit mengunyah dan berbicara sehari-hari.

Nah, supaya tidak telanjur mengalami berbagai hal tersebut, Anda dapat pasang gigi palsu. Gigi palsu adalah gigi tiruan yang biasanya terbuat dari bahan akrilik, nilon, dan metal. Gigi tiruan ini dibuat sangat mirip dengan gigi asli.

Berdasarkan jenisnya, gigi palsu dapat diagi menjadi dua, yaitu:

  • Gigi palsu lengkap. Gigi tiruan ini dibuat untuk menggantikan semua gigi Anda yang hilang. Entah itu yang gigi bagian atas maupun gigi bawah.
  • Gigi palsu sebagian. Gigi tiruan dibuat hanya untuk menggantikan satu atau beberapa gigi yang hilang. Jadi, tidak seluruhnya.

Persiapan sebelum pasang gigi palsu

dokter gigi

Sebelum pasang gigi palsu, Anda perlu konsultasi dulu beberapa kali dengan dokter bedah gigi. Dokter akan memeriksa keadaan gusi dan tulang penyokong gigi untuk menentukan rencana perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Pemeriksaan ini mungkin akan melibatkan rontgen mulut, film panorama, atau CT scan. Selain pemeriksaan fisik dan pencitraan, dokter juga akan menanyakan riwayat medis Anda secara menyeluruh.

Sampaikan pada dokter bila Anda punya riwayat penyakit tertentu atau sedang rutin minum obat jenis apa pun. Bila dokter menemukan masalah pada tulang penyokong gigi, ia mungkin akan lebih dulu menjalankan bedah mulut. Tujuannya untuk memperbaiki masalah tersebut supaya stabilitas gigi palsu nantinya tidak terganggu.

Dalam kasus lain, Anda mungkin harus lebih dahulu menjalani prosedur cabut gigi sebelum gigi palsu dipasang. Bila kondisi gigi dan mulut di sekitar lokasi pemasangan dalam keadaan baik, Anda baru bisa pasang gigi palsu.

Prosedur pemasangan gigi palsu

gigi palsu seberapa tahan

Proses pemasangan gigi palsu dibedakan berdasarkan jenisnya.

Gigi palsu lengkap

Gigi palsu lengkap dapat dipasang setelah seluruh gigi bagian atas atau bawah dicabut. Proses pasang gigi palsu jenis ini dapat dilakukan “segera” atau menunggu beberapa waktu (konvensional).

Pada gigi palsu konvensional, dokter hanya akan akan mencetak “gigi baru” setelah semua gigi yang rusak dicabut. Ini artinya, Anda mungkin membutuhkan beberapa kali kunjungan ke dokter gigi untuk sebelum gigi palsu berhasil dipasang.

Bagian gusi di mana gigi dicabut harus dipastikan sudah benar-benar sembuh. Biasanya, proses penyembuhan gusi setelah cabut gigi memakan waktu sekitar 2-3 bulan.

Nah, selama waktu ini, Anda dapat diberikan gigi palsu sementara supaya Anda lebih mudah untuk mengunyah dan menggigit makanan. Sementara gigi palsu “segera” dapat langsung dipasang setelah beberapa gigi dicabut.

Jadi, Anda tak perlu menunggu semua gigi dicabut dulu. Namun karena proses pemasangannya cepat, maka gigi palsu ini memerlukan penyesuaian yang lebih banyak. Hal ini karena tulang penyokong gigi dan gusi dapat menyusut dan berubah bentuk dengan cepat.

Gigi palsu sebagian

Gigi palsu sebagian digunakan untuk mengganti satu atau dua gigi yang hilang. Selain tentu untuk mengisi ruang gigi yang kosong, pemasangan gigi palsu ini juga mencegah gigi lainnya berubah posisi.

Gigi palsu sebagian terdiri dari gigi pengganti yang melekat erat pada plastik berwarna merah muda (mirip gusi). Gigi pengganti kemudian dihubungkan dengan kerangka logam yang berfungsi menahan gigi palsu agar tetap berada tempatnya. Kerangka logam ini juga berfungsi sebagai pengait supaya Anda dapat melepas dan menggunakannya kembali dengan mudah.

Sebelum pasang gigi palsu, dokter akan mencetak gigi dan tulang penyokong gigi terlebih dahulu dengan menggunakan lilin khusus. Anda akan diminta dokter untuk mencoba contoh gigi palsu beberapa kali dulu. Proses coba-coba ini bertujuan supaya gigi tiruan nantinya benar-benar pas dan nyaman ketika digunakan.

Nah, setelah pas, gigi palsu yang sebenarnya akan dibuat untuk Anda. Ketika pertama kali digunakan, Anda mungkin akan merasa agak aneh dan seperti ada yang mengganjal di mulut. Namun, sensasi ini akan hilang seiring waktu Anda mulai terbiasa.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca