5 Makanan yang Bisa Bikin Gigi Bersih dan Lebih Kuat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 07/09/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Banyak ragam makanan untuk kesehatan gigi yang sebetulnya bisa Anda konsumsi sehari-hari. Nyatanya, Anda tidak perlu makanan yang mahal untuk mendapatkan  kondisi gigi yang kuat, sehat dan terawat. Apa saja makanan tersebut? Simak penjelasan di bawah ini.

Berbagai macam makanan untuk kesehatan gigi

1. Keju

Penelitian yang dipublikasikan Journal of General Dentistry awal tahun 2015 melaporkan, anak-anak berusia 12 -15 tahun yang suka makan keju cheddar, akan memiliki kadar asam lebih rendah di mulut mereka daripada mereka yang tidak suka makan keju. Setelah mereka memakan keju, mereka akan minum air, ibaratnya seperti membilas.

Nah, kadar asam di tingkat mulut mereka sebelum dan setelah minum air diukur. Sekitar 10-30 menit sehabis minum, nyatanya kadar asam pada pada mulut akan menurun dan dapat menetralkan asam plak gigi, Dengan begitu, hanya dengan makan keju, Anda bisa turut menjaga kesehatan dan merawat gigi secara tidak langsung.

2. Kismis

Salah satu jenis makanan untuk kesehatan gigi yang satu ini, selain sehat, nyatanya mudah untuk ditemui. Ya, kismis, terbuat dari anggur pilihan yang dikeringkan tanpa kandungan gula sukrosa di dalamnya. Mengapa bagus? Pasalnya, makanan yang mengandung gula, dapat membantu bakteri menempel pada permukaan email gigi. Selain itu, kismis merupakan salah satu makanan sumber fitokimia yang ampuh membunuh bakteri yang akan menyebabkan plak serta lubang di gigi.

3. Buah atau sayuran segar yang mudah dikunyah

Tahukah Anda, kalau mengunyah bisa membersihkan gigi? Ya, sebuah penelitian menyatakan, mengunyah nyatanya bisa menyapu plak gigi yang menempel karena gerakannya yang membuat seluruh rongga mulut dan gigi bergerak. Selain itu, mengunyah dikatakan sebagai gerakan untuk membersihkan gigi Anda dari makanan-makanan yang terselip atau tersisa di sela-sela gigi dan gusi. Contoh buah dan sayuran yang bagus untuk dikunyah antara lain, wortel mentah, timun, dan apel.

4. Makanan kaya kalsium

Menurut American Dental Association, gigi merupakan salah satu anggota tubuh yang terbuat dari kalsium, fosfor, dan mineral lainnya, hampir sama dengan kandungan pada tulang di dalam tubuh. Nah, untuk memperkuat gigi, Anda bisa memperolehnya dari makanan atau minuman kaya kalsium. Contohnya, ada keju, kacang almond, sayuran hijau, dan bahkan susu rendah lemak.

Bila ingin memperkuat gigi, hindari makanan dan minuman asam yang bisa menyebabkan lesi atau lubang kecil pada gigi. Selain baik untuk gigi, makanan dan minuman berkalsium tinggi juga baik untuk tulang rahang yang kuat.  

5. Buah cranberry

Journal of Karies Research menyatakan, buah cranberry punya kandungan polifenol yang bagus untuk mencegah terjadinya plak pada gigi manusia. Selain itu, makanan untuk kesehatan gigi yang satu ini juga bisa menurunkan risiko gigi berlubang jika dikonsumsi dengan takaran yang pas. Perhari, disarankan untuk mengonsumsi 40-50 gram buah cranberry.

Ada yang harus diperhatikan. Mengingat buah cranberry rasanya sangat asam, jangan memakan buah ini dengan tambahan gula. Hal itu tentu saja akan menurunkan efektivitas buah cranberry sebagai salah satu makanan untuk kesehatan gigi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Resep Pasta Gandum Rendah Kalori yang Mudah Dimasak

Menu diet tidak harus itu-itu melulu sajiannya. Anda masih bisa makan pasta nikmat dan pastinya rendah kalori. Simak 3 resep pasta gandum pada artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Nutrisi, Hidup Sehat 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Tips Jaga Diri Saat Merawat Orang Sakit Kronis di Masa Pandemi

Ketika sibuk meluangkan waktu untuk mengasuh anggota keluarga, jangan lupa untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis. Simak caranya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
foto orang yang merawat anggota keluarga yang terkena penyakit kronis; saat mengasuh, penting untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/07/2020 . Waktu baca 5 menit

3 Bahan Alami yang Bisa Mengusir Biang Keringat

Tidak menggunakan krim yang menyumbat saluran keringat, mungkin bisa jadi solusi. Namun tahukah Anda, ada bahan alami yang bisa mengusir biang keringat?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Saat ini hampir semua tempat makanan atau minuman terbuat dari wadah plastik. Namun, sebelum menggunakannya, ketahui dulu kode dari masing-masing wadah.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

orgasme tanpa disentuh

3 Hal yang Bisa Membuat Anda Orgasme Tanpa Disentuh

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
pasien koma masih sadar atau tidak

Ini yang Terjadi Pada Tubuh dan Pikiran Saat Kita Sedang Koma

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
tidak puas dengan pekerjaan berbahaya bagi kesehatan

Tidak Menikmati Pekerjaan di Masa Muda, Bisa Membahayakan Kesehatan di Masa Depan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
bercak darah saat tidak sedang haid

Ada Bercak Darah Saat Tidak Sedang Haid? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit