Kok, Wajah Tiba-tiba Bengkak Setelah Bangun Tidur?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto

Tentu saja Anda kaget jika melihat wajah bengkak setelah bangun tidur. Sebenarnya, hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk tanda dari kondisi kesehatan tertentu. Memang, sebagian penyebab wajah bengkak setelah di antaranya tidak serius, seperti posisi tidur yang kurang baik sehingga wajah tertekan bantal.

Namun, jika pembengkakan wajah terjadi secara menerus bahkan disertai rasa sakit yang bertambah parah, Anda harus waspada karena bisa menjadi tanda dari penyakit serius.

Penyebab wajah bengkak setelah bangun tidur

1. Alergi

Salah satu kondisi yang paling umum menyebabkan wajah bengkak setelah Anda bangun tidur adalah alergi konjungtivitis.

Konjungtivis merupakan jenis alergi yang mengakibatkan radang di bagian mata. Alergen yang mungkin memicu respon alergi ini seperti debu, bulu binatang, polen (serbuk sari), dan jamur bisa menempel pada permukaan seprai sehingga mengenai wajah Anda ketika tidur.

Selain pembengkakan yang terjadi di sekitar mata, gejala lain yang biasanya muncul adalah selaput mata yang memerah, berair, dan mata terasa gatal sampai perih. Alergi konjungtivitis juga dapat disertai dengan bersin-bersin, hidung tersumbat dan berlendir.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengompres bagian mata yang bengkak dengan es, meneteskan obat mata steroid, atau mengonsumsi obat antihistamin dan anti-inflamasi.

Jika keesokan hari Anda kembali mendapati wajah bengkak setelah bangun tidur, sebaiknya ganti seprai atau pelapis bantal Anda, karena bisa jadi ada alergen yang menempel pada seprai.

2. Minum alkohol

Mengonsumsi alkohol terlalu banyak dapat menyebabkan dehidrasi yang membuat bagian wajah di sekitar mata bengkak keesokan harinya.

Alkohol menyebabkan pembuluh darah melebar, sehingga cairan yang tertampung cukup banyak. Bertambahnya cairan inilah yang membuat wajah bengkak setelah bangun tidur.

Tak perlu cemas, biasanya hal ini bisa hilang dengan sendirinya. Asalkan Anda minum banyak air sesaat setelah bangun tidur, sehingga mengembalikan cairan yang hilang dan mengembalikan ukuran pembuluh darah ke semula.

Pembengkakan wajah akibat alkohol juga bisa disertai dengan munculnya ruam-ruam kemerahan atau rosacea. Untuk meredakannya, Anda bisa menggunakan pelembab atau tabir surya.

3. Gigi berlubang

obat sakit gusi

Bila Anda terbiasa tidak sikat gigi sebelum tidur, jangan heran kalau keesokan harinya wajah Anda terlihat membengkak. Hal ini bisa terjadi akibat adanya infeksi pada gigi yang berlubang.

Infeksi bakteri membuat gusi meradang dan membengkan, hingga akhirnya membuat bagian pipi Anda terlihat lebih besar. Umumnya, Anda juga akan merasakan sakit pada bagian gusi.

Jika memang hal ini yang terjadi, segera konsultasi ke dokter. Dokter akan memberikan obat pereda nyeri, antibiotik untuk menghilangkan bakteri, atau bahkan mencabut gigi jika infeksi sampai ke saraf.

4. Makan makanan asin terlalu banyak

Makan camilan gurih memang enak, tapi sayangnya jika terlalu banyak justru akan membuat wajah Anda bengkak esok hari setelah bangun tidur. Tak hanya camilan saja, semua makanan asin dan gurih yang mengandung natrium bila dimakan berlebihan akan menimbulkan efek yang sama.

Hal ini disebabkan oleh kandungan natrium yang bersifat mengikat air. Jadi, ketika terlalu banyak makan makanan yang mengandung natrium, semakin banyak cairan yang tertahan dan berkumpul di area pembuluh darah, salah satunya bisa pada pembuluh darah wajah.

Nah, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memperbanyak minum air putih sehingga menetralkan kadar garam di dalam tubuh. Jangan lupa untuk mengatur keseimbangan kadar sodium dengan mengurangi konsumsi makanan asin.

5. Hipotiroid

cara mengatasi hipotiroid

Jika terus mendapati wajah bengkak setelah bangun tidur, maka  kondisi tersebut bisa disebabkan oleh penyakit tertentu, salah satunya hipotiroid.

Hipotiroid terjadi saat kelenjar tiroid tidak aktif atau tidak memproduksi hormon dengan cukup sebagaimana yang dibutuhkan oleh tubuh. Padahal hormon tiroid berfungsi mengatur penggunaan energi di dalam tubuh.

Selain wajah bengak, biasanya juga muncul beberapa gejala, seperti  berikut ini:

  • kulit kering
  • kadar kolesterol naik
  • otot melemah
  • detak jantung lambat
  • konstipasi
  • kelelahan
  • berat badan naik

Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti ini, berkonsultasilah segera dengan ahli medis karena 60 persen orang yang mengalami hipotiroid tidak menyadarinya secara langsung. Sampai saat ini, perubahan gaya hidup dan minum obat dengan teratur dapat membantu meredakan gejala.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca