Kenapa Orang yang Masih Muda Juga Bisa Kena Penyakit Asam Urat?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23/03/2020
Bagikan sekarang

Penyakit asam urat adalah kondisi yang gejalanya berupa nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa kena penyakit asam urat, yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Hati-hati. Penyakit asam urat tidak hanya menyerang orang yang berusia lanjut atau paruh baya. Penyakit asam urat juga bisa menyerang orang dewasa di usia muda, bahkan mulai sekitar 20 tahun. 

Penyebab asam urat di usia muda

Asam urat tidak hanya menyerang orang-orang berusia lanjut. Sekarang ini, banyak orang di usia muda sudah memiliki kadar asam urat tinggi. Asam urat merupakan hasil akhir metabolisme makanan yang kemudian dibuang melalui urine.

Kadar asam urat yang tinggi bisa disebabkan karena terlalu banyak asupan makanan yang berpotensi menghasilkan asam urat, terhambatnya pembuangan melalui ginjal, atau kondisi tubuh yang terlalu aktif menghasilkan asam urat melebihi normal.

Kadar asam urat bisa tinggi disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makan yang mengandung purin tinggi. Masalahnya, saat mencerna makanan yang mengandung purin, tubuh akan secara otomatis memproduksi asam urat. Jadi siapa saja yang mengonsumsi makanan dengan purin tinggi akan memiliki kadar asam urat yang tinggi pula. Termasuk mereka yang berusia dibawah 30 tahun, bahkan masih berusia remaja.

Pola makan tidak sehat picu asam urat tinggi sejak muda

Semakin hari, semakin banyak orang yang tidak memerhatikan pola makan dan apa saja kandungan dari makanan yang dikonsumsi. Hal inilah yang membuat pola makannya menjadi buruk dan dapat meningkatkan risiko asam urat. 

Asam urat pada usia muda juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Ini artinya mereka yang memiliki anggota keluarga berpenyakit asam urat berisiko mengalami kondisi yang sama. Apalagi kalau Anda juga kurang menjaga pola makan dan gaya hidup sehat.

Orang muda yang suka mengonsumsi makanan yang menyebabkan peningkatan asam urat  (contohnya jeroan, hidangan laut, daging merah) dan orang muda yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol akan berisiko tinggi terkena penyakit asam urat.

Selain itu, penyakit ini juga rawan dialami oleh orang-orang yang menderita obesitas, diabetes, hipertensi (tekanan darah tinggi), atau penyakit ginjal kronis. 

masalah kesehatan wanita 20an

Makanan apa saja yang dapat meningkatkan kadar asam urat?

Soda dan minuman beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol dan soda dapat meningkatkan risiko asam urat. Terlebih lagi, pemanis yang terkandung dalam soda akan merangsang tubuh Anda menghasilkan banyak purin, sehingga kadar asam urat pun akan ikut naik.

Sayuran hijau tertentu

Makan sayur memang bukan penyebab asam urat. Namun, sayuran tertentu sepserti asparagus, kembang kol, bayam, dan jamur, nyatanya memiliki kandungan purin lebih tinggi daripada sayuran lainnya. Anda tetap masih bisa mengonsumsi bahan makanan tersebut, asal tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Daging hewan

Protein yang terdapat dalam makanan, nyatanya dapat menjadi penyebab asam urat Anda kambuh. Cukup konsumsi maksimal enam ons daging per hari, dengan batas tiga ons per porsi makanan.

Daging sapi, ayam, unggas, dan makanan laut lainnya, memiliki kandungan purin tinggi. Setiap 100 gram sajian daging, kandungan purinnya bisa mencapai 150 miligram. 

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Pantangan yang Harus Dipatuhi Pengidap Asam Urat

Serangan asam urat dapat muncul tiba-tiba. Selain mengendalikan gejala dengan minum obat, penderita asam urat juga harus mematuhi berbagai pantangan ini

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila

Benarkah Makan Daging Entok Sebabkan Asam Urat?

Tidak sedikit yang enggan mengonsumsi daging entok karena menganggapnya sebagai penyebab penyakit asam urat. Benarkah demikian?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu

Jamkho

Jamkho adalah obat herbal yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol Anda. Cari tahu informasi lengkap mengenai obat ini di Hello Sehat.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Kenapa, Ya, Asam Urat Saya Lebih Sering Kambuh di Malam Hari?

Anda mungkin sering terbangun di malam hari karena sendi terasa sakit akibat asam urat. Kenapa, ya, asam urat kambuh terus-menerus di malam hari?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri

Direkomendasikan untuk Anda

gejala asam urat tidak umum

6 Gejala Asam Urat yang Tidak Umum dan Sering Diabaikan

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 23/04/2020
makanan untuk penderita asam urat

6 Jenis Makanan Terbaik untuk Penderita Asam Urat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 02/03/2020
ikan untuk asam urat

Jenis Ikan yang Boleh Dikonsumsi untuk Penderita Asam Urat

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 28/02/2020
tes kadar asam urat normal tinggi

Berapa Kadar Asam Urat yang Normal? Bagaimana Cara Tahunya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 23/02/2020