Meski Asupan Zinc Itu Penting, Ini 6 Akibatnya Jika Kebanyakan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Zinc termasuk salah satu asupan mineral penting yang dibutuhkan tubuh agar fungsinya dapat berjalan dengan baik. Jika dibandingkan dengan asupan mineral lainnya, jumlah kebutuhan zinc memang sangat sedikit, yaitu hanya 10-13 miligram per hari untuk orang dewasa.

Maka itu, hati-hati jangan sampai jumlahnya kelebihan yang justru bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Lantas, apa saja tanda dan gejala kelebihan zinc yang sering kali disepelekan? Berikut penjelasannya.

Apa saja tanda dan gejala kelebihan zinc?

1. Mual hingga muntah

perut mual setelah makan

Bila Anda mengalami mual sampai muntah setelah makan daging, bisa jadi Anda mengalami kelebihan zinc. Ya, daging merah merupakan salah satu makanan sumber zinc yang baik untuk tubuh. Meski begitu, kelebihan zinc juga tidak baik untuk tubuh, lho.

Dikutip dari Healthline, sebanyak 17 studi telah membuktikan bahwa suplemen zinc ampuh memperpendek durasi penyakit flu. Namun di sisi lain, sebanyak 46 persen peserta penelitian justru mengalami mual-mual hingga muntah setelahnya.

Hal ini dikarenakan peserta mendapatkan dosis suplemen zinc yang lebih besar dari 225 miligram. Akibatnya, mereka mengalami mual dan muntah 30 menit setelah mengonsumsi suplemen zinc dengan dosis 570 miligram.

Walaupun muntah juga bisa membantu mengeluarkan zat toksik zinc dari dalam tubuh, tapi hal ini juga bisa memicu komplikasi yang dapat membahayakan tubuh. Sebaiknya, segera konsultasikan ke dokter jika Anda mengalaminya.

2. Sakit perut dan diare

diare saat hamil muda

Biasanya, sakit perut dan diare dapat terjadi bersamaan dengan gejala mual-muntah. Kombinasi gejala-gejala ini bisa menjadi pertanda Anda mengalami kelebihan zinc, bahkan keracunan zinc.

Masih dari penelitian yang sama, sebanyak 40 persen peserta melaporkan sakit perut dan diare setelah mengonsumsi suplemen zinc. Dampak fatalnya, kebanyakan mengonsumsi asupan zinc dapat memicu iritasi usus dan perdarahan pada saluran pencernaan, walaupun kasusnya terbilang jarang.

3. Muncul gejala mirip flu

puasa saat flu saat puasa

Memang sudah ada penelitian yang mengungkapkan bahwa suplemen zinc dapat mempercepat durasi penyakit flu. Akan tetapi, bukan berarti Anda boleh mengonsumsi zinc kebanyakan supaya Anda cepat sembuh dari flu. Pasalnya, hal ini juga dapat memunculkan gejala-gejala yang mirip dengan flu, seperti demam, batuk, menggigil, sakit kepala, dan kelelahan.

Karena gejalanya mirip dengan flu, Anda mungkin akan sulit membedakan mana gejala kelebihan zinc dan mana gejala penyakit flu musiman. Kondisi inilah yang membuat sulitnya mendiagnosis gejala keracunan atau kelebihan zinc.

4. Kadar HDL menurun

meningkatkan kolesterol baik

Nyatanya, asupan zinc dari makanan maupun suplemen juga bisa memengaruhi kadar kolesterol baik alias HDL dalam tubuh. Semakin banyak zinc yang masuk ke tubuh, semakin rendah kolesterol HDL Anda.

Normalnya, kolesterol HDL yang baik dalam tubuh adalah 40 miligram per desiliter (mg/dl) atau lebih. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi suplemen zinc dengan dosis lebih dari 50 miligram per hari dapat menurunkan kadar kolesterol HDL, alias di bawah 40 mg/dl.

Padahal, kadar kolesterol HDL yang normal dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Ini artinya, Anda dapat berisiko terkena penyakit jantung kalau kadar kolesterol HDL Anda di bawah batas normal.

Untuk tahu bagaimana menaikkan kadar lemak baik dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi 7 makanan tinggi lemak yang baik untuk tubuh.

5. Lidah terasa pahit atau seperti logam

mulut terasa pahit saat puasa

Kalau Anda baru saja mengonsumsi obat sakit tenggorokan berbentuk tablet atau cairan lalu lidah Anda terasa pahit, bisa jadi Anda mengalami kelebihan zinc.

Zinc berperan penting terhadap kepekaan indera perasa alias lidah Anda. Kalau kekurangan asupan zinc bisa menyebabkan hypogeusia atau ketidakmampuan lidah untuk merasakan rasa makanan, kelebihan asupan zinc juga bisa memberikan efek serupa.

Kelebihan zinc yang masuk ke tubuh dapat mengubah kepekaan lidah Anda. Anda akan merasakan sensasi pahit di lidah, bahkan rasanya seperti logam.

6. Mudah sakit

sistem imun lemah

Banyak orang yang mengonsumsi suplemen zinc untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Namun hati-hati, kelebihan zinc dalam tubuh justru dapat memberikan efek sebaliknya, yaitu melemahkan respon imun tubuh.

Kondisi ini biasanya menjadi efek samping dari anemia dan neutropenia, yaitu kelainan pada kadar neutrofil atau sejenis sel darah putih dalam tubuh. Sebuah penelitian kecil mengungkapkan bahwa sebanyak 11 pria sehat daya tahan tubuhnya menurun setelah mengonsumsi suplemen zinc 150 miligram sebanyak dua kali sehari. Alih-alih membuat tubuh makin sehat, Anda justru jadi gampang sakit.

Apa yang harus dilakukan kalau saya mengalami kelebihan zinc?

Bila Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala kelebihan zinc tersebut, segera konsultasikan ke dokter untuk memastikan diagnosis. Sebagai pertolongan pertama, cobalah minum segelas susu terlebih dahulu untuk meredakan gejalanya.

Jumlah kalsium dan fosfor yang tinggi pada susu dapat membantu menghambat penyerapan zinc di saluran pencernaan, lalu dikeluarkan melalui urine. Setelah gejalanya mulai berkurang, segera periksakan diri ke dokter terdekat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Benar Otak Lebih Besar Artinya Lebih Pintar?

Meskipun terdapat beragam pendapat, tapi ada satu hal yang disepakati para ilmuwan: ukuran otak tidak bisa dijadikan indikator kecerdasan seseorang.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Fakta Unik 26 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Kenapa Ada Orang yang Mengalami Alergi Bawang Putih dan Bisakah Diobati?

Selain alergi susu dan kacang, ada juga alergi bawang putih. Apa penyebabnya dan adakah cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Alergi, Alergi Makanan 20 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Dari Mana Datangnya Intuisi? Dan Kenapa Harus Kita Turuti?

Setiap orang memiliki intuisi, sebagian mempercayai intuisinya dan sebagian lagi tidak. Sebenarnya, apa itu intuisi? Dan kenapa kita perlu mengikutinya?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Fakta Unik 13 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Mana yang Lebih Sehat Buat Payudara: Bra Biasa Atau Berkawat?

Saat memilih bra, Anda mungkin bimbang antara bra kawat atau bra biasa tanpa kawat. Yuk, simak pertimbangan dari para ahli berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mitos tentang tidur

Mengenal 4 Tahapan Tidur: Dari “Tidur Ayam” Hingga Tidur Pulas

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 29 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
manfaat menangis

3 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 29 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat efek musik pada otak

5 Efek Musik Terhadap Kinerja Otak Manusia

Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 29 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
proses inflamasi

Proses Inflamasi Ternyata Penting Bagi Tubuh, Begini Mekanismenya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit